Postingan

Top Entry

Engine : Honda CBX 1000 pakai Turbo

Gambar
Apa itu turbo ? Turbo adalah semacam pompa udara untuk nyedot udara dari atmosfer dan memasukannya secara paksa ke dalam ruang bakar mesin.

Apa itu Honda CBX 1000 ? Itu adalah motor bikinan Honda yang rodanya 2 (ya iyalaah...) yang mesinnya 6 silinder segaris alias Inline-Six. Beneran, DOHC pula. Klepnya berjumlah 24 biji. Motor ini pernah inyong bahas di sini dan di sono.

Jadi di bawah ini ada sebuah motor Honda CBX 1000 yang dipasangin turbocharger. Mesin DOHC 24 valve 6 silinder segaris dipasangin turbo. Kawasaki H2R aja cuman 4 silinder, lha ini CBX 6 silinder.

Screenshot from Video HONDA CBX 1000 TURBO CAFE RACER by :  I love Motorbike under the CC-BY License
Berikut ini wujud turbocharger di Honda CBX 1000 ini :

Screenshot from Video HONDA CBX 1000 TURBO CAFE RACER by :  I love Motorbike under the CC-BY License
Screenshot from Video HONDA CBX 1000 TURBO CAFE RACER by :  I love Motorbike under the CC-BY License
Screenshot from Video HONDA CBX 1000 TURBO CAFE RACER by :  I love Motorbike …

Engine : Setel Ulang Klep Masuk Yamaha Raptor 700

Gambar
Kudune mongtor koyo ngene iki iso ngacir neng dalan tol, lha wong ban-e cacahe papat, huehehe (translate : harusnya motor kaya gini bisa ngacir di jalan tol, orang ban nya empat biji, huehehe). Ya inilah Yamaha Raptor, motor dengan mesin SOHC 4 Klep liquid cooled bertransmisi 5 spit speed, lhooo kok podo bae kaya V-Ixion ?. Eitss ini cc-nya 700cc dan rodanya empat, Kangmas, Mbakyu.

Screenshot from Video Raptor 700R Movie (Jake's 2016 Raptor 700R by : JNK Racing under the CC-BY License
Yupz 4 roda Kang, alias mashookk masuk di kategori ATV Quad Bike. Yamaha Raptor 700 ini biasa dipake untuk melibas jalanan offroad, di youtube inyong lihat sering diadu sama motor trail macam KTM.

Screenshot from Video Raptor 700R Movie (Jake's 2016 Raptor 700R by : JNK Racing under the CC-BY License
Untuk mesinnya sendiri bisa memuntahkan tenaga maksimum hingga 46.9 HP di 9000 rpm dan torsi maksimum sebesar 46 N.m di 9000 rpm juga. Bore x strokenya sendiri adalah 102 x 84 mm, wuihh pistonnya 10 …

Engine : Padetnya Mesin Yamaha V-Max

Gambar
Ngomongin Yamaha bermesin V, anyway emang ada ? Bukannya Yamaha pake mesin Inline yah ? Tentu saja ADA. Pertanyaan tersebut mungkin bisa dimaklumi buat mereka yang baru terjun di dunia otomotif. Ya semenjak MotoGP era 4 tak, Yamaha menggunakan format mesin 4 silinder segaris alias Inline-4, motor ini kodenya : YZR-M1.

Screenshot from Video Сборка и установка мотора Yamaha v max 1200 день первый by : Евгений Шомин under the CC-BY License
Sebelum YZR-M1, Yamaha punya versi 2 tak 500cc - nya yang kodenya adalah YZR-500. Motor roda dua ini (ya iyalah kalo roda tiga mah bemo Bajaj, hehe) mesinnya adalah 2 tak 500cc 4 silinder V4 YPVS. YPVS itu semacam "SuperKIPS", berupa katup tambahan yang membuka di rpm atas. Tapi kalo kata anak-anak dragbike SuperKIPS nya dilepas aja brooo biar plooong, hahaha jadi inget jaman nyetting mesin.

Okreee Kangmas dan Mbakyu yang budiman, Yamaha bermesin V yang versi jalanan ada beberapa macam, antara lain :

2-Tak :
- Yamaha RZV 500

4 Tak :
- Yamaha FZR …