Swing Arm : Begini Nih Proses Perakitan Swing Arm Secara 3D

WARKOPSPEED.BLOGSPOT.COM - Hai Sobat yang Budiman, semoga senantiasa diberi kesehatan agar lancar dalam beraktivitas. Kali ini kita akan ngomongin tentang swing arm lagi, yaitu bagian dari sasis (Chassis) yang fungsinya menghubungkan roda belakang dan suspensi belakang dengan rangka utama.

Tetapi di postingan kali ini kita akan tengok proses perakitannya secara 3D. Lhoh macam mana pula tuh ? Lebih jelasnya tengok video di bawah ini sampai abis biar nggak gagal paham :

Ya kurang lebih seperti itu proses pembuatan swing arm secara 3D. Pertanyaannya : kenapa 3D ? Jawabannya : 3D diperlukan untuk memprediksi kesalahan apa yang akan terjadi sebelum dibuat di dunia nyata, jadi ini bisa dibilang : SIMULASI 3D.

Baca juga : Jenis-Jenis Swing Arm pada Sepeda Motor

Jadi gampangnya gini, untuk merakit sebuah swing arm, pabrikan bikin alatnya dulu, sebutannya “tooling” atau “assembly jig”. Alat tersebut wajib ada karena untuk merakit swing arm yang semula berupa batang-batang logam dan plat-plat logam enggak bisa menggunakan tenaga manusia. Manusia itu punya batasan kekuatan, maka digunakanlah “tooling” atau “assembly jig” tadi untuk mempermudah manusia melaksanakan tugasnya.

Alat ini harganya muahaallll, mungkin bisa untuk beli 10 unit Pajero Sport yah. Karena mahal itu diperlukan SIMULASI 3D, fungsinya agar kesalahan-kesalahan bisa diprediksi. Lha kalau langsung dibuat alatnya dan ternyata ada kesalahan / cacat, ya buang-buang duit, bisa enggak balik modal nanti pabrikannya.

Yup “tooling” atau “assembly jig” tadi merupakan salah satu strategi efisiensi pabrikan untuk meningkatkan cuan. Dengan menggunakan alat semacam itu, diharapkan :

1.) Jumlah produksi meningkat. Produksi banyak = cuan banyak

2.) Kualitas produksi terjaga = trust = cuan banyak

3.) Memudahkan pekerjaan manusia = manusia lebih efisien kerjanya = cuan banyak

4.) Harga sepeda motor kesayangan sampeyan bisa lebih murah

Oke sekian sharing singkatnya mengenai proses perakitan swing arm secara 3D, semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum.

Artikel sebelumnya : Robotics : Kawasaki BX300L, Robot 6-Axis Rancangan Kawasaki yang Kuat “Nerbangin” Ninja H2

Artikel selanjutnya : Legend : Ini Dia Galeri Suzuki GSX-R 1100 W Keluaran 1993

Komentar

Postingan Lain

Chassis : Owh… Baru Tahu Jadi Ini Pengaruh Panjang-Pendek Swing Arm Terhadap Keausan Ban

Jenis-Jenis Swing Arm pada Sepeda Motor

10 Macam Perbedaan Antara Head Silinder Jamus 3 Klep dengan Punya Honda Supra

Cara Pasang Kampas Kopling Honda All New CB150R Streetfire yang Baik dan Benar

Piston Alternatif Buat Pulsar 180, 200, 220 UG3/UG4 & NS200

Honda Supra Masuk Gigi 1 Motor Loncat, Ini Sumber Masalahnya...

Keunggulan dan Kelemahan Mesin Jamus Klep 3