Modifikasi : Yamaha R15 VVA Monster Energy Pakai Winglet

WARKOPSPEED.BLOGSPOT.COM - Halo Kangmas dan Mbakyu, piye kabare apik to ? (Gimana kabarnya baik kan ?) Oke kali ini kita ngobrolin tentang Yamaha R15 VVA yang pakai winglet dengan decal perpaduan antara decal motornya Rossi (YZR-M1) dan motornya Toprak (YZF-R1), jadinya gado-gado nih, jangan lupa cabe hijaunya, biar mantap hehehe.

AREA WAJAH

R15 VVA berwinglet ini hasil modifikasi yang inyong share dari Minh Biker, yupz Vietnam. Wingletnya sendiri ada 2 bagian, yang pertama berupa semacam air-scoop di bawah lampu depan, yang kedua berupa sayap di kiri dan kanan fairing, ya mirip kayak M1-nya Rossi lah. Bahannya sendiri inyong kurang tahu, soalnya bahasa Vietnam inyong ora paham, tapi kayaknya sih buat motor harian kalo nggak fiberglass ya ABS sih, ada juga yang bahan carbon sih, tapi lebih jarang.

Yamaha R15 Monster Energy

Baca juga : 2 Stroke : Yamaha R1 Bermesin Dua Tak ?

Sejatinya winglet macam gini di motor harian, 150 cc sekalipun... tetap ada fungsi menambah kestabilan saat R15 Kangmas dan Mbakyu digeber di kecepatan di atas 90 km/jam. Dengan catatan bahannya bagus nggak gampang patah, dan pemasangannya kuat di body-nya, jadi berasa naik motornya Rossi deh, haha. 

Di bagian depan ini Kangmas dan Mbakyu bisa lihat ada decal nomor start pembalap di situ, dan kalau diperhatiin polanya mirip kayak punya Yamaha YZF-R1 nya Toprak lho, warna putih memenuhi jidat depan R15 dengan warna hitam mengelilingi tepinya. Winglet yang berada di bagian bawah lampu depan berwarna abu-abu, sementara winglet di kiri-kanan fairing terlihat lebih tebel dengan warna biru.

KAKI DEPAN

Terlihat juga spatbor depan ada decal logo Monster Energy yang jadi sponsor Yamaha di MotoGP hingga postingan ini diterbitkan. Sementara di bagian kiri-kanannya ada tulisan Ohlins, tapi kurang tahu sokbrekernya juga pakai Ohlins atau masih tetep pakai standardnya Kayaba. Untuk kaki depan sih kayakya masih standard pabrik, termasuk cakram, kaliper, dan ban depan yang alurnya familiar banget sama ban R15 di tanah air. Velgnya yang dikelir biru manis juga dilihatnya.

Yamaha R15 Monster Energy

FAIRING SAMPING

Tak lupa lampu sein LED variasi dengan warna biru menyala dipasang di kiri-kanan fairing motor dengan aktuator ini. (Aktuator = tuas otomatis untuk mengaktifkan VVA-nya). Tak ubahnya motornya Rossi, Logo Monster Energy besar juga bisa ditemui di sisi kiri kanan fairing dengan warna dasar biru-hitam. Juga Kangmas dan Mbakyu bisa lihat motor ini udah dilengkapi dengan frame slider biar fairing aman saat motor jatuh, ya pengennya sih selamat jangan sampe jatuh. Frame slider juga bisa dilihat di as roda depan, atau bisa juga disebutnya jalu. Toh di luar fungsi utamanya, frame slider juga bisa dipakai sebagai tempat nggantungin belanjaan, ya toh, hehehe.

Yamaha R15 Monster Energy

Baca juga : Development : Perancangan Yamaha FZ-25 - Sodaranya Scorpio tapi Bermesin 250 cc

TANGKI

Di bagian tangki dikasih tank-pad dengan pola membentuk logo Yamaha MT, jadi berkesan gagah walaupun tangki masih standar, belum diubah-ubah. Oh ya di sisi samping tangkinya ada beberapa decal termasuk logo channelnya. TERMASUK LOGO "SEMAKIN DI DEPAN" terpampang jelas di situ, mantap kan.

Yamaha R15 Monster Energy

BURITAN

Demikian juga buritan alias body belakang masih pakai standardnya tapi udah ditambahi decal tambahan : Birdgestone dan Motul. Unik, soale di fairing kiri-kanan ada logo oli ENEOS, jadi olinya 2 macem, hehehe. Ya tapi ini paling sebatas tampilan doank, nggak mungkin kan bak kopling R15 sampeyan diisi 2 macem oli, hehehe.

Yamaha R15 Monster Energy

Yamaha R15 Monster Energy

COCKPIT / KEMUDI

Itu area setang-speedo. Masih standar sih, cuman udah ditambahi pegangan HP, sangat bermanfaat buat turing atau jalan-jalan biar bisa lihat map. Pegangan HP ini dibaut di antara lubang-lubang pada segitiga atasnya, jadi enggak bikin lubang baru, jadi enggak merusak.

Yamaha R15 Monster Energy

Yamaha R15 Monster Energy

KAKI BELAKANG

Swing arm, velg, ban, sproket, rantai,dan kawan-kawannya sepertinya juga masih ngandelin bawaan pabrik, cuma dipermanis dengan decal logo knalpot Arrow di swing arm dan lis velg. 

Baca juga : Exhaust Sound : Ini lho Suara Knalpot Yamaha FZR 250 4 Silinder

Yamaha R15 Monster Energy

KNALPOT

Keuwuwan (owalah "keuwuwan" boso planet ngendi iku ? ) terjadi lagi di area knalpot sekarang, kalo tadi kita lihat ada logo knalpot Arrow di swing arm banana R15, sekarang kita menjumpai decal logo knalpot Akra di silencer original R15 ini, hehehe.

Yamaha R15 Monster Energy

Baca juga : Exhaust Sound : Suara Knalpot Yamaha R6 Lawas yang Makdezingng...

Okre barangkali itu review sekilas tentang Yamaha R15 VVA Monster Energy pakai winglet, untuk informasi lebih lengkap, Kangmas dan Mbakyu bisa tengok video di bawah ini :

Sekian, semoga bermanfaat, wassalamu'alaikum.

Artikel sebelumnya : Tutorial : Begini Nih Cara Pasang Lampu Pesek ke Old Vixion

Credit : Chơi Xe Độ Đơn Giản Nhưng Chất Và Đẹp - Yamaha R15V3 | MinhBiker, by : Minh Biker, under the CC-BY License

Komentar

Postingan Lain

Chassis : Owh… Baru Tahu Jadi Ini Pengaruh Panjang-Pendek Swing Arm Terhadap Keausan Ban

Jenis-Jenis Swing Arm pada Sepeda Motor

10 Macam Perbedaan Antara Head Silinder Jamus 3 Klep dengan Punya Honda Supra

Cara Pasang Kampas Kopling Honda All New CB150R Streetfire yang Baik dan Benar

Piston Alternatif Buat Pulsar 180, 200, 220 UG3/UG4 & NS200

Honda Supra Masuk Gigi 1 Motor Loncat, Ini Sumber Masalahnya...

Keunggulan dan Kelemahan Mesin Jamus Klep 3