Engine : Proses Pemasangan Kepala Silinder DOHC Variasi Buat Yamaha Vixion/R15/MX-King dan Saudaranya

Ada yang pengen Vixion-nya jadi DOHC ? Biar apa ? Terus kalo udah DOHC gue musti bilang wooooowww gitu ?? Becanda, jangan ngamuk dulu. Kalem.

Okree pembukaan artikelnya sungguh nantangin dan bikin esmosi yah, hehehe, canda. Biar ngga sepaneng di tengah pandemi ini. Ini ada barang variasi sebuah unit kop + blok silinder khusus buat mesin Vixion/R15/MX-King dan saudara-saudaranya. Sistem buka tutup klepnya udah DOHC 4 klep direct.(Double Over Head Camshaft) alias 2 buah noken as dan empat katup tanpa rocker arm, alias langsung pakai shim plate, macam punya Suzuki GSX-R 150 gitu.

Mesin DOHC buat Vixion

Unit kop + silinder ini bikinan PBE - Probillet Engineering. Ini halaman facebook-nya kalo penasaran. Unit ini kalo ngga salah terdiri dari kepala + blok silinder, noken-as, klep, per klep, shim plate, piston, pompa radiator. Aslinya dirancang khusus buat Yamaha Y15ZR di Malaysia atau identik dengan Yamaha MX-King kalau di Indonesia. Dan tahu sendiri kan kalau mesin MX-King itu = mesin Vixion = mesin R15 = mesin Xabre.

Yamaha MX-King di Indonesia / Y15ZR kalau di Malaysia
by : Wilzz99 under the CC-BY License

Isi paket

PLUS - MINUS DOHC
Apa sih keunggulan mesin DOHC dibanding SOHC ? Coba tanya Mbak Gugel... lhoo kok ???

Plus :
1. Buka tutup klep lebih presisi (noken as lebih deket sama batang klep soalnya).
2. Rugi-rugi tenaga lebih kecil (noken as lebih deket batang klep = ga butuh banyak komponen penghubung)
3. Rpm tinggi lebih ngisi (dapat sumbangan dari beratnya noken as yang 2 biji)

Minus :
1. Ongkos produksi lebih mahal
2. Bobot mesin lebih berat

Mesin DOHC, noken as nya ada dua buah

PERAKITAN
Nah berikut ini proses perakitan kop + blok silinder DOHC variasi khusus buat mesin Vixion/R15/MX-King dan saudara-saudaranya ini, cekidot : 

Pertama, pasang piston variasinya ke setang pistonnya.


Kedua, pasang blok silindernya.


Ketiga, pasang klep, per klep, shim plate, dan kawan-kawannya.



Keempat, pasang karet tensionernya.

Kelima,  pasang kepala silinder ke blok silindernya dan noken as-nya.




Keenam, pasang rantai camratnya.










Ketujuh, pasang pompa radiator, tutup kepala silinder, dan kawan-kawannya, selesai deh.


Sekian, semoga bermanfaat, wassalamu'alaikum.
Otherwise mentioned, all screesnhot is from this Youtube video : 
by : Mr CoCo  
under the CC-BY License



Komentar

Postingan Lain

Jenis-Jenis Swing Arm pada Sepeda Motor

Chassis : Owh… Baru Tahu Jadi Ini Pengaruh Panjang-Pendek Swing Arm Terhadap Keausan Ban

10 Macam Perbedaan Antara Head Silinder Jamus 3 Klep dengan Punya Honda Supra

Piston Alternatif Buat Pulsar 180, 200, 220 UG3/UG4 & NS200

Cara Pasang Kampas Kopling Honda All New CB150R Streetfire yang Baik dan Benar

Keunggulan dan Kelemahan Mesin Jamus Klep 3

Honda Supra Masuk Gigi 1 Motor Loncat, Ini Sumber Masalahnya...