Jenis-Jenis Swing Arm pada Sepeda Motor

Swing arm itu bagian dari rangka belakang sepeda motor, fungsinya menghubungkan roda belakang ke rangka utama. Swing arm dan rangka utama beserta suspensinya termasuk satu-kesatuan dari sasis. Swing arm yang bukan arem-arem ini (kalo itu mah makanan favorit inyong, huahaha...) desainnya beda-beda di tiap-tiap motor, soale tiap-tiap motor dibuat dengan tujuannya masing-masing.

AMD sportbike by paX, CGPdesign

Siapkan arem-aremnya dan kita akan bahas jenis-jenis swing arm yang diaplikasikan pada sepeda motor. Karena jenisnya buaanyaaaak banget, maka inyong hanya cantumkan jenis-jenis swing arm yang inyong tahu. Buat Kangmas dan Mbakyu seandainya tahu ada jenis swing arm lain selain yang inyong sebutin ini, monggo dishare di kolom komentar yach.

Siapin arem-aremnya dulu
Aremarem, oleh : Kembangraps, CC-BY-SA

1.) SWING ARM KOTAK DOBEL SOK
Swing arm yang jamak ditemui di motor-motor. Dari bebek sampai sport harian kebanyakan pakai model ini, contoh Honda Supra dan Honda Tiger. Bahan utamanya adalah pipa kotak hollow yang diperkuat (reinforce) dengan plat-plat baja tipis. Dudukan sokbreker belakang ada dua. Dari segi biaya produksi termasuk low-cost & low resources. Handling & traksi sudah cukup untuk penggunaan sehari-hari. Cukup kuat juga buat kulakan beras atau gula sekarung dua karung. Tapi kurang cocok buat main di sirkuit.


1983 Honda CB1100F swingarm, Fabnorman

2.) SWING ARM BULAT DOBEL SOK
Yang kedua ini mirip dengan nomor satu, bedanya penampang arm-nya yang bulet macam pipa / tube. Motor yang pakai swing arm model gini seingat inyong adalah : Suzuki Thunder 125 & 250. Swing arm ini lebih bisa menyerap guncangan ketimbang swing arm model kotak, cocok buat melibas jalanan tanah atau berlubang, tapi kekurangannya kalau buat cornering rada ngebuang.

Swing arm bulat dobel sokbreker

3.) SWING ARM MONOCOQUE (MONOKOK) DOBEL SOK
Ini jenis swing arm yang dibentuk bukan dari pipa bulat maupun pipa kotak, melainkan dari plat baja yang dibentuk sedemikian rupa lalu di-assy dan dilas. Swing arm model ini dapat kita jumpai di motor klasik seperti Honda C70 atau Honda S90Z.

Swing arm monokok punya Honda S90Z

4.) SWING ARM OVAL DOBEL SOK
Kalau yang ini Bajaj Pulsar 180, 200, 220 punya. Yupz menganut sokbreker belakang ganda tapi swing armnya punya penampang yang oval macam slot. Swing arm ini kemampuannya satu step di atas swing arm model bulat dan kotak. Keunggulannya adalah stabil di trek lurus namun fleksibel di tikungan karena bentuk ovalnya itu juga berfungsi sebagai suspensi / peredam guncangan saat menikung / cornering. Dari segi looks / penampilan juga lebih gagah ketimbang model bulat atau kotak biasa.

Swing arm oval-nya Bajaj Pulsar punya inyong

5.) SWING ARM KOTAK MONOSOK TANPA LINK
Mirip dengan point nomor 1, bedanya yang ini sudah menganut sokbreker tunggal di tengah, punya keunggulan suspensi lebih empuk dan lebih stabil diajak nikung ketimbang swing arm di point nomor 1 - 3. Sokbreker belakang langsung dihubungkan ke jembatan tengah swing arm tanpa adanya link. Contoh motor yang mengaplikasikannya adalah : Suzuki Satria FU Karburator, Yamaha MX 135 & MX-King.
Yamaha FZ Swingarm Reverse Engineering, Meet Patel

6.) SWING ARM KOTAK MONOSOK DENGAN LINK
Bedanya dengan point 5, kalau swing arm ini udah pakai link. Lebih unggul dari swing arm point 1,2,3, & 5, dan setara dengan swing arm point 4 yang punya penampang oval. Motor yang pakai jenis ini buanyak, misalnya : Kawasaki Ninja 150 R, Kawasaki Ninja 250 semua jenis, Suzuki GSX-S/R 150, Yamaha Vixion non R, Honda CB 150 R & CBR 150 R.
Suzuki Goose 350 swingarm / Frame PlatesXray

7.) SWING ARM OVAL MONOSOK UNDER BRACE TANPA LINK
Kalau ini di tanah air cuman satu motor yang mengaplikasikannya setahu inyong, yaitu Kawasaki Ninja 150 RR Super Kips. Punya penampang oval dan tulangan bawah (under brace) untuk stabilitas di trek lurus dan flexibilitas di tikungan. Dari segi performa swing arm jenis ini unggul ketimbang swing arm di point 1- 6, kelemahannya hanya nyaman dipakai di jalanan mulus macam aspal atau beton, kalau di jalan rusak ya getarannya nggak nahaan.

Swing arm Ninja 150 RR Super Kips model oval 
dan dilengkapi dengan tulangan bawah (under brace)

8.) SWING ARM MOTOR SE / ENDURO
Ini mirip point 7, bedanya bagian tengah lebih gemuk. Swing arm ini banyak diterapkan di motor-motor enduro atau trail SE. 

Swing arm motor SE / Enduro, ciri khasnya di bagian tengah agak gemuk

9.) SWING ARM ALUMINIUM DIE CAST UPPER BRACE DENGAN LINK
Mulai point 9, levelnya sudah beda. Swing arm ini termasuk jenis performa tinggi, sangat stabil dipakai di kecepatan lebih dari 200 km/jam. Ini swing arm yang dibuat dari bongkahan aluminium dan memiliki "punuk" atau tulangan atas (upper brace) untuk stabilitas di trek lurus dan flexibilitas di tikungan. Swing arm jenis ini sangat rigid dan memiliki traksi yang lebih jos ketimbang swing arm point 1 - 8. Biasa dipakai di motor - motor superbike macam Honda CBR 1000 RR, Yamaha YZF-R1, Suzuki GSX-R 1000, atau Kawasaki Ninja ZX-10RR.

2004 Honda CBR954RR Complete Rear End / suspension / swingarmXray

10.) SWING ARM ALUMINIUM DIE CAST UNDER BRACE DENGAN LINK
Kebalikan dengan point 9, kalau swing arm ini "punuk" atau tulangannya ada di bawah. Keunggulannya dibanding point 9, swing arm ini punya center of gravity yang lebih rendah, lebih membumi istilahnya, lebih stabil di tikungan, traksi ban lebih mantap. Yupz levelnya di atas swing arm point 9.

11.) MONO ARM ALUMINIUM DIE CAST DENGAN LINK
Kalau yang satu ini swing arm yang palangnya cuma sebelah. Swing arm jenis ini dirancang seperti itu untuk mengurangi bobot. Levelnya di tengah-tengah antara swing arm point 9 & 10. Biasanya sih Ducati yang pakai swing arm model ini.

Single sided armCamka

Yupz, barangkali segitu aja dari inyong.Sekiranya Kangmas dan Mbakyu tahu ada jenis swing arm selain yang inyong sebutin, monggo dishare di kolom komentar. Sekian, semoga bermanfaat, wassalamu'alaikum.

Komentar

Postingan Lain

Chassis : Owh… Baru Tahu Jadi Ini Pengaruh Panjang-Pendek Swing Arm Terhadap Keausan Ban

10 Macam Perbedaan Antara Head Silinder Jamus 3 Klep dengan Punya Honda Supra

Cara Pasang Kampas Kopling Honda All New CB150R Streetfire yang Baik dan Benar

Piston Alternatif Buat Pulsar 180, 200, 220 UG3/UG4 & NS200

Keunggulan dan Kelemahan Mesin Jamus Klep 3

Honda Supra Masuk Gigi 1 Motor Loncat, Ini Sumber Masalahnya...