Cara Pasang Kampas Kopling Honda All New CB150R Streetfire yang Baik dan Benar

WARKOPSPEED.BLOGSPOT.COM - Okree Kangmas, Mbakyu, ketemu lagi dengan inyong yang super ganteng ini (woooooo......). Makin digas malah makin ngempos tenaganya, mesin bukannya melaju malah menggerung, sakjane ono opo kie ? (Sebenarnya ada apa sih) ? Salah satu penyebabnya tak lain dan tak bukan kampas kopling yang udah selip atau udah waktunya ganti. Normalnya sih 3-4 tahun sekali dengan penggunaan normal dan rajin service. Tapi kalau suka kebut-kebutan ya kampas kopling bakal lebih cepat habis dari biasanya. Yak kali ini inyong mau share cara pasang kampas kopling di Honda All New CB150R Streetfire yang baik dan benar. 

Honda All New CB150R Streetfire
Bak kopling kanan Honda All New CB150R Streetfire
yang lagi dibongkar mau diganti kampas koplingnya
Credit : Motor Honda CB150R, Cara Pasang Kampas Kopling Yang Benar, by : Skill Terupdate, under the CC-BY License

Jadi nggak sekedar baik tapi juga kudu benar. Tutorial atau langkah-langkahnya inyong share dari Skill Terupdate. motor CB150R yang dibahas di sini adalah yang generasi ke-2 alias All New CB150R alias NCB yang mesinnya overstroke, jadi bukan OCB (Old CB150R) yang overbore itu yah Sob. Yuk simak langkah-langkahnya di bawah ini :

PERSIAPAN
Langkah paling pertama tentu beli dulu kampas kopling barunya, yang asli AHASS 1 kepingnya sekitar Rp 45.000,- . Kampas kopling NCB punya kemiripan dengan punya bebek Absolute Revo, bedanya kalau Absolute Revo 3 keping, NCB 5 keping. Sekarang tap oli mesinnya, lalu bongkar bak kopling kanannya, kalau bingung bisa tanya temen atau mekanik. Karena kita hanya fokus di pemasangannya aja. Jadi terima pasang tapi tidak terima bongkar, lho piye kuwi ? Setelah itu rapikan komponen-komponennya agar nggak hilang dan nggak susah nyarinya.



Kampas kopling CB150R
Kampas kopling baru buat NCB
Credit : Motor Honda CB150R, Cara Pasang Kampas Kopling Yang Benar, by : Skill Terupdate, under the CC-BY License

Bisa dilihat di sini kalau kampas kopling bekasnya sudah aus dan menghitam. Kampas kopling dengan kondisi seperti ini enggak akan bisa mencengkram dengan baik, ada lossnya karena udah tipis. Sehingga CB150R sobat kalau digaspoll bukannya lari malah menggerung tapi nggak maju-maju motornya. Jadinya udah tarikan loyo, bensin boros pula, macam mana pula ini, hehehe.

Kampas kopling CB150R
Kampas kopling lama yang udah aus
Credit : Motor Honda CB150R, Cara Pasang Kampas Kopling Yang Benar, by : Skill Terupdate, under the CC-BY License

LANGKAH 1 : Pasang kampas kopling yang baru ke rumah kopling NCB, seperti ini :

Kampas kopling CB150R
Credit : Motor Honda CB150R, Cara Pasang Kampas Kopling Yang Benar, by : Skill Terupdate, under the CC-BY License

LANGKAH 2 : Pasang plat kopling ke rumah kopling NCB di atasnya kampas kopling yang pertama, seperti ini : 

Kampas kopling CB150R
Credit : Motor Honda CB150R, Cara Pasang Kampas Kopling Yang Benar, by : Skill Terupdate, under the CC-BY License

Lanjut pasang kelima kampas kopling dan plat koplingnya secara selang-seling hingga bertumpuk seperti ini :

Kampas kopling CB150R
Credit : Motor Honda CB150R, Cara Pasang Kampas Kopling Yang Benar, by : Skill Terupdate, under the CC-BY License

LANGKAH 3 : Pemasangan kaki rumah kopling ke rumah koplingnya, tapi gaes, sebelum itu ada yang perlu sobat diperhatikan baik-baik biar nggak salah pasang. Rumah kopling dan kaki kopling NCB masing-masing punya tanda semacam Nok. Kalau kedua Nok itu tidak segaris, maka kopling bisa oblak, kayak gini nih :

Kampas kopling CB150R
Credit : Motor Honda CB150R, Cara Pasang Kampas Kopling Yang Benar, by : Skill Terupdate, under the CC-BY License

Kampas kopling CB150R
Kaki kopling NCB itu ada Nok-nya
Credit : Motor Honda CB150R, Cara Pasang Kampas Kopling Yang Benar, by : Skill Terupdate, under the CC-BY License

Kampas kopling CB150R
Demikian pula di rumah koplingnya, ada Nok-nya juga
Credit : Motor Honda CB150R, Cara Pasang Kampas Kopling Yang Benar, by : Skill Terupdate, under the CC-BY License

Kampas kopling CB150R
Nok 1 dan Nok 2 harus satu garis
Credit : Motor Honda CB150R, Cara Pasang Kampas Kopling Yang Benar, by : Skill Terupdate, under the CC-BY License

Kampas kopling CB150R
Nok 1 dan Nok 2 harus satu garis
Credit : Motor Honda CB150R, Cara Pasang Kampas Kopling Yang Benar, by : Skill Terupdate, under the CC-BY License

Kampas kopling CB150R
Karena kalau Nok 1 dan Nok 2 enggak satu garis,
maka kopling bisa oblak
Credit : Motor Honda CB150R, Cara Pasang Kampas Kopling Yang Benar, by : Skill Terupdate, under the CC-BY License

LANGKAH 4 : Langkah berikutnya pemasangan rumah kopling ke crankcase NCB, sebelum itu pastikan ring tebal ini ada :

Kampas kopling CB150R
Credit : Motor Honda CB150R, Cara Pasang Kampas Kopling Yang Benar, by : Skill Terupdate, under the CC-BY License

Ring tebal tadi pastikan terpasang di as-nya, kemudian pasang rumah kopling yang udah disusun tadi seperti ini :

Kampas kopling CB150R
Credit : Motor Honda CB150R, Cara Pasang Kampas Kopling Yang Benar, by : Skill Terupdate, under the CC-BY License

Ini setelah rumah koplingnya masuk ke crankcase :

Kampas kopling CB150R
Credit : Motor Honda CB150R, Cara Pasang Kampas Kopling Yang Benar, by : Skill Terupdate, under the CC-BY License

Berikutnya pasang ring luarnya :

Kampas kopling CB150R
Credit : Motor Honda CB150R, Cara Pasang Kampas Kopling Yang Benar, by : Skill Terupdate, under the CC-BY License

Lalu pasang murnya, pastikan masangnya kencang ya :

Kampas kopling CB150R
Credit : Motor Honda CB150R, Cara Pasang Kampas Kopling Yang Benar, by : Skill Terupdate, under the CC-BY License

Setelah itu kencangkan mur tadi dengan kunci sok, dibantu dengan batang pipa buat pengganjal, seperti ini : 

Kampas kopling CB150R
Credit : Motor Honda CB150R, Cara Pasang Kampas Kopling Yang Benar, by : Skill Terupdate, under the CC-BY License

Nah ciri-ciri udah kenceng, pas rumah koplingnya diputar, maka murnya kudunya juga ikut mutar, seperti ini :

Credit : Motor Honda CB150R, Cara Pasang Kampas Kopling Yang Benar, by : Skill Terupdate, under the CC-BY License

LANGKAH 5 : Pemasangan per kopling. Pasang per koplingnya seperti ini :

Kampas kopling CB150R
Credit : Motor Honda CB150R, Cara Pasang Kampas Kopling Yang Benar, by : Skill Terupdate, under the CC-BY License

Nah plat ini jangan sampai kebalik yah :

Credit : Motor Honda CB150R, Cara Pasang Kampas Kopling Yang Benar, by : Skill Terupdate, under the CC-BY License

Yang bener pemasangannya kaya gini :

Credit : Motor Honda CB150R, Cara Pasang Kampas Kopling Yang Benar, by : Skill Terupdate, under the CC-BY License

Setelah itu pasang bautnya dan kencengin dengan kunci T10, EITSSS... ati - ati pas ngencengin keempat bautnya ya, jangan langsung main dikencengin ya, pastikan keempatnya diputar perlahan  sampai rata tekanannya, muternya menyilang ya, ini tujuannya supaya kakinya enggak patah :

Kampas kopling CB150R
Credit : Motor Honda CB150R, Cara Pasang Kampas Kopling Yang Benar, by : Skill Terupdate, under the CC-BY License

Baru setelah keempat bautnya rata, bisa deh dikencengin satu per satu secara menyilang juga, nahannya bisa pakai tangan, jangan menahan perasaan ya (gubrakk...),  seperti ini :

Credit : Motor Honda CB150R, Cara Pasang Kampas Kopling Yang Benar, by : Skill Terupdate, under the CC-BY License

LANGKAH 6 : Pasang bearingnya, seperti ini :

Credit : Motor Honda CB150R, Cara Pasang Kampas Kopling Yang Benar, by : Skill Terupdate, under the CC-BY License

Kalau berat bisa digetok perlahan, ati-ati getoknya, jangan main hati, lho kok......  :

Credit : Motor Honda CB150R, Cara Pasang Kampas Kopling Yang Benar, by : Skill Terupdate, under the CC-BY License

LANGKAH 7 : Pasang bak kopling kanan. Sebelum itu pastikan per engkol / per selah / per kick starter sudah berada di posisinya.

Credit : Motor Honda CB150R, Cara Pasang Kampas Kopling Yang Benar, by : Skill Terupdate, under the CC-BY License

Setelah itu tinggal pasang bak kopling kanan NCB dan kencengin baut-bautnya. Kalau seandainya perpak / paking bak koplingnya rusak, maka perlu diganti baru dulu. Oke sekian tutorial cara pasang kampas kopling Honda All New CB150R Streetfire yang Baik dan Benar. Moga bermanfaat, wassalamu'alaikum.


Komentar

Postingan Lain

Jenis-Jenis Swing Arm pada Sepeda Motor

Chassis : Owh… Baru Tahu Jadi Ini Pengaruh Panjang-Pendek Swing Arm Terhadap Keausan Ban

10 Macam Perbedaan Antara Head Silinder Jamus 3 Klep dengan Punya Honda Supra

Piston Alternatif Buat Pulsar 180, 200, 220 UG3/UG4 & NS200

Keunggulan dan Kelemahan Mesin Jamus Klep 3

Honda Supra Masuk Gigi 1 Motor Loncat, Ini Sumber Masalahnya...