Cara Pasang Kampas Kopling Honda All New CB150R Streetfire yang Baik dan Benar
WARKOPSPEED.BLOGSPOT.COM - Okree Kangmas, Mbakyu, ketemu lagi dengan inyong yang super ganteng ini (woooooo......). Makin digas malah makin ngempos tenaganya, mesin bukannya melaju malah menggerung, sakjane ono opo kie ? (Sebenarnya ada apa sih) ? Salah satu penyebabnya tak lain dan tak bukan kampas kopling yang udah selip atau udah waktunya ganti. Normalnya sih 3-4 tahun sekali dengan penggunaan normal dan rajin service. Tapi kalau suka kebut-kebutan ya kampas kopling bakal lebih cepat habis dari biasanya. Yak kali ini inyong mau share cara pasang kampas kopling di Honda All New CB150R Streetfire yang baik dan benar.
Ring tebal tadi pastikan terpasang di as-nya, kemudian pasang rumah kopling yang udah disusun tadi seperti ini :
Bak kopling kanan Honda All New CB150R Streetfire yang lagi dibongkar mau diganti kampas koplingnya Credit : Motor Honda CB150R, Cara Pasang Kampas Kopling Yang Benar, by : Skill Terupdate, under the CC-BY License |
Jadi nggak sekedar baik tapi juga kudu benar. Tutorial atau langkah-langkahnya inyong share dari Skill Terupdate. motor CB150R yang dibahas di sini adalah yang generasi ke-2 alias All New CB150R alias NCB yang mesinnya overstroke, jadi bukan OCB (Old CB150R) yang overbore itu yah Sob. Yuk simak langkah-langkahnya di bawah ini :
PERSIAPAN
Langkah paling pertama tentu beli dulu kampas kopling barunya, yang asli AHASS 1 kepingnya sekitar Rp 45.000,- . Kampas kopling NCB punya kemiripan dengan punya bebek Absolute Revo, bedanya kalau Absolute Revo 3 keping, NCB 5 keping. Sekarang tap oli mesinnya, lalu bongkar bak kopling kanannya, kalau bingung bisa tanya temen atau mekanik. Karena kita hanya fokus di pemasangannya aja. Jadi terima pasang tapi tidak terima bongkar, lho piye kuwi ? Setelah itu rapikan komponen-komponennya agar nggak hilang dan nggak susah nyarinya.
Kampas kopling baru buat NCB Credit : Motor Honda CB150R, Cara Pasang Kampas Kopling Yang Benar, by : Skill Terupdate, under the CC-BY License |
Bisa dilihat di sini kalau kampas kopling bekasnya sudah aus dan menghitam. Kampas kopling dengan kondisi seperti ini enggak akan bisa mencengkram dengan baik, ada lossnya karena udah tipis. Sehingga CB150R sobat kalau digaspoll bukannya lari malah menggerung tapi nggak maju-maju motornya. Jadinya udah tarikan loyo, bensin boros pula, macam mana pula ini, hehehe.
Kampas kopling lama yang udah aus Credit : Motor Honda CB150R, Cara Pasang Kampas Kopling Yang Benar, by : Skill Terupdate, under the CC-BY License |
LANGKAH 1 : Pasang kampas kopling yang baru ke rumah kopling NCB, seperti ini :
Credit : Motor Honda CB150R, Cara Pasang Kampas Kopling Yang Benar, by : Skill Terupdate, under the CC-BY License |
LANGKAH 2 : Pasang plat kopling ke rumah kopling NCB di atasnya kampas kopling yang pertama, seperti ini :
Credit : Motor Honda CB150R, Cara Pasang Kampas Kopling Yang Benar, by : Skill Terupdate, under the CC-BY License |
Lanjut pasang kelima kampas kopling dan plat koplingnya secara selang-seling hingga bertumpuk seperti ini :
Credit : Motor Honda CB150R, Cara Pasang Kampas Kopling Yang Benar, by : Skill Terupdate, under the CC-BY License |
LANGKAH 3 : Pemasangan kaki rumah kopling ke rumah koplingnya, tapi gaes, sebelum itu ada yang perlu sobat diperhatikan baik-baik biar nggak salah pasang. Rumah kopling dan kaki kopling NCB masing-masing punya tanda semacam Nok. Kalau kedua Nok itu tidak segaris, maka kopling bisa oblak, kayak gini nih :
Credit : Motor Honda CB150R, Cara Pasang Kampas Kopling Yang Benar, by : Skill Terupdate, under the CC-BY License |
Kaki kopling NCB itu ada Nok-nya Credit : Motor Honda CB150R, Cara Pasang Kampas Kopling Yang Benar, by : Skill Terupdate, under the CC-BY License |
Demikian pula di rumah koplingnya, ada Nok-nya juga Credit : Motor Honda CB150R, Cara Pasang Kampas Kopling Yang Benar, by : Skill Terupdate, under the CC-BY License |
Nok 1 dan Nok 2 harus satu garis Credit : Motor Honda CB150R, Cara Pasang Kampas Kopling Yang Benar, by : Skill Terupdate, under the CC-BY License |
Nok 1 dan Nok 2 harus satu garis Credit : Motor Honda CB150R, Cara Pasang Kampas Kopling Yang Benar, by : Skill Terupdate, under the CC-BY License |
Karena kalau Nok 1 dan Nok 2 enggak satu garis, maka kopling bisa oblak Credit : Motor Honda CB150R, Cara Pasang Kampas Kopling Yang Benar, by : Skill Terupdate, under the CC-BY License |
LANGKAH 4 : Langkah berikutnya pemasangan rumah kopling ke crankcase NCB, sebelum itu pastikan ring tebal ini ada :
Credit : Motor Honda CB150R, Cara Pasang Kampas Kopling Yang Benar, by : Skill Terupdate, under the CC-BY License |
Credit : Motor Honda CB150R, Cara Pasang Kampas Kopling Yang Benar, by : Skill Terupdate, under the CC-BY License |
Ini setelah rumah koplingnya masuk ke crankcase :
Credit : Motor Honda CB150R, Cara Pasang Kampas Kopling Yang Benar, by : Skill Terupdate, under the CC-BY License |
Berikutnya pasang ring luarnya :
Yang bener pemasangannya kaya gini :
Credit : Motor Honda CB150R, Cara Pasang Kampas Kopling Yang Benar, by : Skill Terupdate, under the CC-BY License |
Lalu pasang murnya, pastikan masangnya kencang ya :
Credit : Motor Honda CB150R, Cara Pasang Kampas Kopling Yang Benar, by : Skill Terupdate, under the CC-BY License |
Setelah itu kencangkan mur tadi dengan kunci sok, dibantu dengan batang pipa buat pengganjal, seperti ini :
Credit : Motor Honda CB150R, Cara Pasang Kampas Kopling Yang Benar, by : Skill Terupdate, under the CC-BY License |
Nah ciri-ciri udah kenceng, pas rumah koplingnya diputar, maka murnya kudunya juga ikut mutar, seperti ini :
Credit : Motor Honda CB150R, Cara Pasang Kampas Kopling Yang Benar, by : Skill Terupdate, under the CC-BY License |
LANGKAH 5 : Pemasangan per kopling. Pasang per koplingnya seperti ini :
Credit : Motor Honda CB150R, Cara Pasang Kampas Kopling Yang Benar, by : Skill Terupdate, under the CC-BY License |
Nah plat ini jangan sampai kebalik yah :
Credit : Motor Honda CB150R, Cara Pasang Kampas Kopling Yang Benar, by : Skill Terupdate, under the CC-BY License |
Credit : Motor Honda CB150R, Cara Pasang Kampas Kopling Yang Benar, by : Skill Terupdate, under the CC-BY License |
Setelah itu pasang bautnya dan kencengin dengan kunci T10, EITSSS... ati - ati pas ngencengin keempat bautnya ya, jangan langsung main dikencengin ya, pastikan keempatnya diputar perlahan sampai rata tekanannya, muternya menyilang ya, ini tujuannya supaya kakinya enggak patah :
Credit : Motor Honda CB150R, Cara Pasang Kampas Kopling Yang Benar, by : Skill Terupdate, under the CC-BY License |
Baru setelah keempat bautnya rata, bisa deh dikencengin satu per satu secara menyilang juga, nahannya bisa pakai tangan, jangan menahan perasaan ya (gubrakk...), seperti ini :
Credit : Motor Honda CB150R, Cara Pasang Kampas Kopling Yang Benar, by : Skill Terupdate, under the CC-BY License |
LANGKAH 6 : Pasang bearingnya, seperti ini :
Credit : Motor Honda CB150R, Cara Pasang Kampas Kopling Yang Benar, by : Skill Terupdate, under the CC-BY License |
Kalau berat bisa digetok perlahan, ati-ati getoknya, jangan main hati, lho kok...... :
Credit : Motor Honda CB150R, Cara Pasang Kampas Kopling Yang Benar, by : Skill Terupdate, under the CC-BY License |
LANGKAH 7 : Pasang bak kopling kanan. Sebelum itu pastikan per engkol / per selah / per kick starter sudah berada di posisinya.
Credit : Motor Honda CB150R, Cara Pasang Kampas Kopling Yang Benar, by : Skill Terupdate, under the CC-BY License |
Setelah itu tinggal pasang bak kopling kanan NCB dan kencengin baut-bautnya. Kalau seandainya perpak / paking bak koplingnya rusak, maka perlu diganti baru dulu. Oke sekian tutorial cara pasang kampas kopling Honda All New CB150R Streetfire yang Baik dan Benar. Moga bermanfaat, wassalamu'alaikum.
Artikel sebelumnya : Galeri Suzuki Katana GSX750S1 Jadul Tahun 1982 Pake Knalpot Yoshimura
Artikel selanjutnya : Pentingnya Melumasi Rantai Sepekan Sekali
Komentar
Posting Komentar