WARKOPSPEED.BLOGSPOT.COM - Halo Kangmas, Mbakyu, kali ini inyong mau sedikit bahas permasalahan
politik, ekonomi, sosial, teknis pada motor Honda bebek "sejuta umat", yaitu Honda Supra X 100. Honda Supra X 100 cc ini motor Supra yang masih pakai mesin C-Series, yaitu mesin turunan yang juga dipakai di motor bebek macam : C-70, Astrea 800, Astrea Star, Astrea Prima, Astrea Grand. Inyong dulu juga pernah pelihara 1 dan tangan pertama. Supra X 100 ini mesinnya terkenal bandel dan tahan banting di segala kondisi jalan dan cuaca. Kebanyakan bengkel juga udah hafal luar dalam motor ini, onderdinya juga bejibun, makanya inyong demen sama motor Honda satu ini, hehehe.
SISTEM KOPLING MOTOR BEBEK ITU SEMI-OTOMATIS
Bebek goreng Supra X 100 bukanlah motor matic, masih ada pindah gigi tapi nggak pake kopling tangan macam di motor laki, sistemnya kopling di motor bebek umumnya termasuk Supra X 100 ini disebut semi otomatis, masuk gigi langsung injek nggak pake narik handle kopling, wong nggak ada handle-nya. Di motor bebek termasuk Supra X 100 ini, pengganti handle kopling ya rumah kopling sentrufugal. Sementara "kopling tangan" yang kalau di motor laki ada di setang kiri berupa handle, ini digantikan oleh rumah kopling sentrufugalnya, itulah mangkanya gak ada handle kopling di motor bebek.
Di dalam rumah kopling sentrifugal ini ada per kopling sentrifugal yang berfungsi menarik sepatu kopling jika rpm sudah di atas 2000-an rpm. Yupz cara kerja kopling sentrifugal di motor bebek mirip di motor matic atau Super KIPS-nya Ninja 150 RR, dia akan aktif di rpm tertentu. Mekanisme ini sekali lagi bikin motor bebek nggak memerlukan handle kopling macam di motor laki.
MASALAHNYA : PER KOPLING SENTRIFUGAL PATAH
Okre, namanya motor tua biasanya ada aja masalahnya, kayak Honda Supra masuk gigi 1 motor loncat, ini sumber masalahnya... Per kopling sentrifugalnya udah patah, entah itu patah semua atau patah 1 atau 2 biji. Ketika per ini patah, maka nggak ada pemutus daya saat pindah gigi, makanya loncat. Jadi masalahnya bukan di kampas kopling atau rumah koplingnya ya gaes.
SOLUSI : GANTI PER KOPLING SENTRIFUGAL BARU
Solusinya ada dua, (1) ganti per kopling sentrifugal yang patah dengan yang baru, murah kok. (2) solusi kedua nggak disarankan tapi kalau Kangmas dan Mbakyu mau coba silakan resiko ditanggung penumpang, yaitu : ganti motor baru, ups.... kaboooorrrrr....
Haha lupakan solusi kedua, itu cuman becanda / guyon. Sekarang kita coba bongkar mesin kanan Honda Supra X 100 ini, tutorialnya inyong share dari
Skill Terupdate.
LANGKAH 1 : Tap oli di bak koplingnya, olinya dikosongin dulu ya, Kang.
LANGKAH 2 : lepasin dulu knalpot, engkol / kick starter, pijakan kaki / footstep, dan komponen lain yang menghalangi :
LANGKAH 3 : Buka bak koplingnya, caranya pasti udah pada tahu lah ya.
LANGKAH 4 : Lepas ketiga baut pengunci rumah kopling sentrifugalnya, seperti ini :
LANGKAH 5 : Lepas mur pengunci yang ada di tengah ini :
INI SUMBER MASALAHNYA : Per kopling sentrifugal patah
LANGKAH 6 : Ganti per kopling senrifugalnya yang patah dengan yang baru, ganti motornya sekalian juga boleh, hahaha kabooorrrr....
LANGKAH 7 : Pasang kembali kopling sentrifugalnya ke rumahnya / mangkuknya.
LANGKAH 8 : Cek apakah per sudah bekerja dengan baik. Dalam kondisi mesin mati, per kopling sentrifugal bertugas narik sepatu kopling sentrifugal agar enggak menjepit mangkuknya. Kalau gir primer sekunder bisa berputar, maka per kopling sentrifugal yang baru sudah berfungsi dengan baik.
Cara ceknya ikuti instruksi di gambar ini :
LANGKAH 9 : Pasang semua yang dilepas kembali seperti semula, di sini inyong nggak akan nerangin gimana caranya, soalnya di artikel kali ini hanya fokus pada troubleshooting saja. Okree sekian Kangmas dan Mbakyu, semoga bermanfaat, wassalamu'alaikum.
Komentar
Posting Komentar