Honda Supra Masuk Gigi 1 Motor Loncat, Ini Sumber Masalahnya...

WARKOPSPEED.BLOGSPOT.COM - Halo Kangmas, Mbakyu, kali ini inyong mau sedikit bahas permasalahan politik, ekonomi, sosial, teknis pada motor Honda bebek "sejuta umat", yaitu Honda Supra X 100. Honda Supra X 100 cc ini motor Supra yang masih pakai mesin C-Series, yaitu mesin turunan yang juga dipakai di motor bebek macam : C-70, Astrea 800, Astrea Star, Astrea Prima, Astrea Grand. Inyong dulu juga pernah pelihara 1 dan tangan pertama. Supra X 100 ini mesinnya terkenal bandel dan tahan banting di segala kondisi jalan dan cuaca. Kebanyakan bengkel juga udah hafal luar dalam motor ini, onderdinya juga bejibun, makanya inyong demen sama motor Honda satu ini, hehehe.

Kopling Supra
Credit : Masuk Gigi Lompat & Mati Honda Supra, Ini Penyebabnya !!!, by : Skill Terupdate, under the CC-BY License

SISTEM KOPLING MOTOR BEBEK ITU SEMI-OTOMATIS

Bebek goreng Supra X 100 bukanlah motor matic, masih ada pindah gigi tapi nggak pake kopling tangan macam di motor laki, sistemnya kopling di motor bebek umumnya termasuk Supra X 100 ini disebut semi otomatis, masuk gigi langsung injek nggak pake narik handle kopling, wong nggak ada handle-nya. Di motor bebek termasuk Supra X 100 ini, pengganti handle kopling ya rumah kopling sentrufugal. Sementara "kopling tangan" yang kalau di motor laki ada di setang kiri berupa handle, ini digantikan oleh rumah kopling sentrufugalnya, itulah mangkanya gak ada handle kopling di motor bebek.

Di dalam rumah kopling sentrifugal ini ada per kopling sentrifugal yang berfungsi menarik sepatu kopling jika rpm sudah di atas 2000-an rpm. Yupz cara kerja kopling sentrifugal di motor bebek mirip di motor matic atau Super KIPS-nya Ninja 150 RR, dia akan aktif di rpm tertentu. Mekanisme ini sekali lagi bikin motor bebek nggak memerlukan handle kopling macam di motor laki.

MASALAHNYA : PER KOPLING SENTRIFUGAL PATAH

Okre, namanya motor tua biasanya ada aja masalahnya, kayak Honda Supra masuk gigi 1 motor loncat, ini sumber masalahnya... Per kopling sentrifugalnya udah patah, entah itu patah semua atau patah 1 atau 2 biji. Ketika per ini patah, maka nggak ada pemutus daya saat pindah gigi, makanya loncat. Jadi masalahnya bukan di kampas kopling atau rumah koplingnya ya gaes.


SOLUSI : GANTI PER KOPLING SENTRIFUGAL BARU

Solusinya ada dua, (1) ganti per kopling sentrifugal yang patah dengan yang baru, murah kok. (2) solusi kedua nggak disarankan tapi kalau Kangmas dan Mbakyu mau coba silakan resiko ditanggung penumpang, yaitu : ganti motor baru, ups.... kaboooorrrrr....

Haha lupakan solusi kedua, itu cuman becanda / guyon. Sekarang kita coba bongkar mesin kanan Honda Supra X 100 ini, tutorialnya inyong share dari Skill Terupdate.

LANGKAH 1 : Tap oli di bak koplingnya, olinya dikosongin dulu ya, Kang.

Kopling Supra
Credit : Masuk Gigi Lompat & Mati Honda Supra, Ini Penyebabnya !!!, by : Skill Terupdate, under the CC-BY License

LANGKAH 2 :
lepasin dulu knalpot, engkol / kick starter, pijakan kaki / footstep, dan komponen lain yang menghalangi :

Kopling Supra
Credit : Masuk Gigi Lompat & Mati Honda Supra, Ini Penyebabnya !!!, by : Skill Terupdate, under the CC-BY License

Kopling Supra
Credit : Masuk Gigi Lompat & Mati Honda Supra, Ini Penyebabnya !!!, by : Skill Terupdate, under the CC-BY License

LANGKAH 3 : Buka bak koplingnya, caranya pasti udah pada tahu lah ya.

Kopling Supra
Credit : Masuk Gigi Lompat & Mati Honda Supra, Ini Penyebabnya !!!, by : Skill Terupdate, under the CC-BY License

LANGKAH 4 : Lepas ketiga baut pengunci rumah kopling sentrifugalnya, seperti ini :

Kopling Supra
Credit : Masuk Gigi Lompat & Mati Honda Supra, Ini Penyebabnya !!!, by : Skill Terupdate, under the CC-BY License

LANGKAH 5 : Lepas mur pengunci yang ada di tengah ini :

Kopling Supra
Credit : Masuk Gigi Lompat & Mati Honda Supra, Ini Penyebabnya !!!, by : Skill Terupdate, under the CC-BY License

INI SUMBER MASALAHNYA : Per kopling sentrifugal patah

Kopling Supra
Credit : Masuk Gigi Lompat & Mati Honda Supra, Ini Penyebabnya !!!, by : Skill Terupdate, under the CC-BY License

LANGKAH 6 : Ganti per kopling senrifugalnya yang patah dengan yang baru, ganti motornya sekalian juga boleh, hahaha kabooorrrr....

Kopling Supra
Credit : Masuk Gigi Lompat & Mati Honda Supra, Ini Penyebabnya !!!, by : Skill Terupdate, under the CC-BY License

LANGKAH 7 : Pasang kembali kopling sentrifugalnya ke rumahnya / mangkuknya.

Kopling Supra
Credit : Masuk Gigi Lompat & Mati Honda Supra, Ini Penyebabnya !!!, by : Skill Terupdate, under the CC-BY License

LANGKAH 8 : Cek apakah per sudah bekerja dengan baik. Dalam kondisi mesin mati, per kopling sentrifugal bertugas narik sepatu kopling sentrifugal agar enggak menjepit mangkuknya. Kalau gir primer sekunder bisa berputar, maka per kopling sentrifugal yang baru sudah berfungsi dengan baik.

Cara ceknya ikuti instruksi di gambar ini :

Kopling Supra
Credit : Masuk Gigi Lompat & Mati Honda Supra, Ini Penyebabnya !!!, by : Skill Terupdate, under the CC-BY License

LANGKAH 9 : Pasang semua yang dilepas kembali seperti semula, di sini inyong nggak akan nerangin gimana caranya, soalnya di artikel kali ini hanya fokus pada troubleshooting saja. Okree sekian Kangmas dan Mbakyu, semoga bermanfaat, wassalamu'alaikum.

Kopling Supra
Credit : Masuk Gigi Lompat & Mati Honda Supra, Ini Penyebabnya !!!, by : Skill Terupdate, under the CC-BY License

Komentar

Postingan Lain

Cara Pasang Kampas Kopling Honda All New CB150R Streetfire yang Baik dan Benar

Chassis : Owh… Baru Tahu Jadi Ini Pengaruh Panjang-Pendek Swing Arm Terhadap Keausan Ban

10 Macam Perbedaan Antara Head Silinder Jamus 3 Klep dengan Punya Honda Supra

Jenis-Jenis Swing Arm pada Sepeda Motor

Bore Up & Stroke Up Si Kebo Jadi 260 cc (Bajaj Pulsar 260 cc)

Piston Alternatif Buat Pulsar 180, 200, 220 UG3/UG4 & NS200