10 Macam Perbedaan Antara Head Silinder Jamus 3 Klep dengan Punya Honda Supra
WARKOPSPEED.BLOGSPOT.COM - Halo Kangmas dan Mbakyu apa kabar semua, moga senantiasa sehat selalu. Hari ini pas ngetik artikel ini di tempat inyong hujan deras, jadi inyong ngetik artikel di tengah suasana hujan plus ditemani segelas kopi item panas, srupuuutttt.... wuenaaakkk tenan, hahaha, ayo ngopi lurrrr. Okreee kali ini inyong mau lanjut bahas tentang mesinnya mocin Jamus 3 klep. Di artikel sebelumnya kita udah bahas tentang kelebihan dan kekurangan dari mekanisme head motor bebek Jamus ini yang 110 cc SOHC 3 klep.
PERBEDAAN KETIGA : Panjang batang klep buang keduanya beda jauh, punya Supra 100 cc jauh lebih panjang dari punya Jamus 110 cc. Sekitar 1 cm-an selisih panjangnya. Lihat nih :
Baca juga : Keunggulan dan Kelemahan Mesin Jamus Klep 3
Bebek mocin Jamus 110 cc ini merupakan klonengannya atau kembarannya Honda Supra 100 cc yang bermesin C-Series, tetapi mesinnya Jamus lebih advance soalnya udah 110 cc dan kepala silindernya udah SOHC 3-klep. Jamus 110 cc ini dari luar tampilannya motor emak-emak banget, tapi siapa sangka di balik itu mesinnya "jahat" (speknya gahar maksudnya), hehehe. So di artikel ini kita akan bahas tentang 10 macam perbedaan head silinder motor bebek China (mocin) Jamus 110 cc 3 klep dengan head punya Honda Supra 100 cc 2 klep, yukk simak :
PERBEDAAN PERTAMA : Jelas kalau punya Jamus 110 cc 3 klep, punya Supra 100 cc 2 klep, lihat nih.
Credit : Head jamus 3v// yg sering dicari penghobi motor C_seris, by : Denbagus'e 784, under the CC-BY License |
PERBEDAAN KEDUA : Diameter klep buang beda. Diameter klep buang punya Jamus 110 cc 22 mm, sedangkan punya Supra 100 cc 20 mm. Punya Jamus 110 cc lebih gede 2 mm karena klep masuknya ada 2, biar imbang gitu.
Credit : Head jamus 3v// yg sering dicari penghobi motor C_seris, by : Denbagus'e 784, under the CC-BY License |
Credit : Head jamus 3v// yg sering dicari penghobi motor C_seris, by : Denbagus'e 784, under the CC-BY License |
Credit : Head jamus 3v// yg sering dicari penghobi motor C_seris, by : Denbagus'e 784, under the CC-BY License |
PERBEDAAN KEEMPAT : Bentuk muka payung klep keduanya beda. Muka klep itu bagian muka payungnya. Kalau punya Jamus 110 cc bentuknya macam kubah, sedangkan punya Supra 100 cc rata, bentuk macam kubah begini bermanfaat bikin "pusaran angin" di dalam ruang bakar. Pusaran angin tadi akan mengaduk campuran bbm + oksigen sehingga menjadi lebih padat & nyampur, efeknya ledakan lebih merata ke seluruh sudut ruang bakar, piston dapat terdorong lebih kuat = torsi & tenaga lebih gede. Lihat nih :
Credit : Head jamus 3v// yg sering dicari penghobi motor C_seris, by : Denbagus'e 784, under the CC-BY License |
PERBEDAAN KELIMA : Diameter klep masuk / klep in / klep minyak beda. Punya Mocin Jamus 110 cc 19mm x 2 buah = 38 mm. Punya Honda Supra 100 cc 23 mm x 1 buah = 23 mm. Artinya lubang masuk bebek mocin Jamus 110 cc jauh lebih gede dari punya Honda Supra. Artinya sedotannya jauh lebih banyak dan lebih kuat. Ini dia :
Credit : Head jamus 3v// yg sering dicari penghobi motor C_seris, by : Denbagus'e 784, under the CC-BY License |
Credit : Head jamus 3v// yg sering dicari penghobi motor C_seris, by : Denbagus'e 784, under the CC-BY License |
PERBEDAAN KEENAM : Tinggi batang klep masuk / klep in / klep minyak beda. Kebalikan dari klep buang, justru batang klep minyak mocin Jamus 110 cc lebih panjang dari kepunyaan Honda Supra, lihat nih :
Credit : Head jamus 3v// yg sering dicari penghobi motor C_seris, by : Denbagus'e 784, under the CC-BY License |
PERBEDAAN KETUJUH : Noken As juga beda. Terlihat punya mocin Jamus 110 cc nggak ada lahernya, sedangkan punya Honda Supra 100 cc ada. Dudukan bawah juga beda, punya Supra lebih gede dengan tambahan 2 lubang di kiri kanan, sedang punya Jamus jauh lebih kecil diameternya dengan hanya satu lubang tengah gede. Ini dia :
Credit : Head jamus 3v// yg sering dicari penghobi motor C_seris, by : Denbagus'e 784, under the CC-BY License |
Credit : Head jamus 3v// yg sering dicari penghobi motor C_seris, by : Denbagus'e 784, under the CC-BY License |
Credit : Head jamus 3v// yg sering dicari penghobi motor C_seris, by : Denbagus'e 784, under the CC-BY License |
PERBEDAAN KEDELAPAN : Kalau Kangmas dan Mbakyu pernah bongkar mesinnya Satria FU, Ninja 250, Vixion, Jupiter MX, atau motor-motor 4 klep, biasanya akan menemukan bentukan lubang intake bercabang . Ya itu karena klep minyak sama-sama 2 buah makanya lubangnya bercabang gitu, ini dia :
Credit : Head jamus 3v// yg sering dicari penghobi motor C_seris, by : Denbagus'e 784, under the CC-BY License |
Credit : Head jamus 3v// yg sering dicari penghobi motor C_seris, by : Denbagus'e 784, under the CC-BY License |
PERBEDAAN KESEMBILAN : Lubang dudukan luar punya Honda Supra 100 cc cuman 1 buah, sedangkan di mocin Jamus 110 cc ada 2 buah :
Credit : Head jamus 3v// yg sering dicari penghobi motor C_seris, by : Denbagus'e 784, under the CC-BY License |
PERBEDAAN KESEPULUH : Kepala silinder Honda Supra 100 cc ada lubang olinya, sedangkan di mocin Jamus 110 cc enggak ada :
Credit : Head jamus 3v// yg sering dicari penghobi motor C_seris, by : Denbagus'e 784, under the CC-BY License |
Yupz itulah 10 macam perbedaan pada head silinder motor bebek China Jamus 110 cc 3 klep dengan head punya Honda Supra 100 cc yang 2 klep, semoga mencerahkan, dipersilakan jika ada kritik dan saran, caci maki juga boleh, hehehe.... wassalamu'alaikum.
Artikel sebelumnya : Keunggulan dan Kelemahan Mesin Jamus Klep 3
Artikel selanjutnya : Honda CB V Twin Modif dengan Blok dan Kop Scorpio
Komentar
Posting Komentar