10 Macam Perbedaan Antara Head Silinder Jamus 3 Klep dengan Punya Honda Supra

WARKOPSPEED.BLOGSPOT.COM - Halo Kangmas dan Mbakyu apa kabar semua, moga senantiasa sehat selalu. Hari ini pas ngetik artikel ini di tempat inyong hujan deras, jadi inyong ngetik artikel di tengah suasana hujan plus ditemani segelas kopi item panas, srupuuutttt.... wuenaaakkk tenan, hahaha, ayo ngopi lurrrr. Okreee kali ini inyong mau lanjut bahas tentang mesinnya mocin Jamus 3 klep. Di artikel sebelumnya kita udah bahas tentang kelebihan dan kekurangan dari mekanisme head motor bebek Jamus ini yang 110 cc SOHC 3 klep. 


Bebek mocin Jamus 110 cc ini merupakan klonengannya atau kembarannya Honda Supra 100 cc yang bermesin C-Series, tetapi mesinnya Jamus lebih advance soalnya udah 110 cc dan kepala silindernya udah SOHC 3-klep. Jamus 110 cc ini dari luar tampilannya motor emak-emak banget, tapi siapa sangka di balik itu mesinnya "jahat" (speknya gahar maksudnya), hehehe. So di artikel ini kita akan bahas tentang 10 macam perbedaan head silinder motor bebek China (mocin) Jamus 110 cc 3 klep dengan head punya Honda Supra 100 cc 2 klep, yukk simak :

PERBEDAAN PERTAMA : Jelas kalau punya Jamus 110 cc 3 klep, punya Supra 100 cc 2 klep, lihat nih.

Mesin 3 klep
Credit : Head jamus 3v// yg sering dicari penghobi motor C_seris,
by : Denbagus'e 784, under the CC-BY License

PERBEDAAN KEDUA : Diameter klep buang beda. Diameter klep buang punya Jamus 110 cc 22 mm, sedangkan punya Supra 100 cc 20 mm. Punya Jamus 110 cc lebih gede 2 mm karena klep masuknya ada 2, biar imbang gitu.

Mesin 3 klep
Credit : Head jamus 3v// yg sering dicari penghobi motor C_seris
by : Denbagus'e 784, under the CC-BY License

Mesin 3 klep
Credit : Head jamus 3v// yg sering dicari penghobi motor C_seris
by : Denbagus'e 784, under the CC-BY License

PERBEDAAN KETIGA : Panjang batang klep buang keduanya beda jauh, punya Supra 100 cc jauh lebih panjang dari punya Jamus 110 cc. Sekitar 1 cm-an selisih panjangnya. Lihat nih :

Mesin 3 klep
Credit : Head jamus 3v// yg sering dicari penghobi motor C_seris
by : Denbagus'e 784, under the CC-BY License

PERBEDAAN KEEMPAT : Bentuk muka payung klep keduanya beda. Muka klep itu bagian muka payungnya. Kalau punya Jamus 110 cc bentuknya macam kubah, sedangkan punya Supra 100 cc rata, bentuk macam kubah begini bermanfaat bikin "pusaran angin" di dalam ruang bakar. Pusaran angin tadi akan mengaduk campuran bbm + oksigen sehingga menjadi lebih padat & nyampur, efeknya ledakan lebih merata ke seluruh sudut ruang bakar, piston dapat terdorong lebih kuat = torsi & tenaga lebih gede. Lihat nih : 

Mesin 3 klep
Credit : Head jamus 3v// yg sering dicari penghobi motor C_seris
by : Denbagus'e 784, under the CC-BY License

PERBEDAAN KELIMA : Diameter klep masuk / klep in / klep minyak beda. Punya Mocin Jamus 110 cc 19mm x 2 buah = 38 mm. Punya Honda Supra 100 cc 23 mm x 1 buah = 23 mm. Artinya lubang masuk bebek mocin Jamus 110 cc jauh lebih gede dari punya Honda Supra. Artinya sedotannya jauh lebih banyak dan lebih kuat. Ini dia :
PERBEDAAN KEENAM : Tinggi batang klep masuk / klep in / klep minyak beda. Kebalikan dari klep buang, justru batang klep minyak mocin Jamus 110 cc lebih panjang dari kepunyaan Honda Supra, lihat nih :

Mesin 3 klep
Credit : Head jamus 3v// yg sering dicari penghobi motor C_seris
by : Denbagus'e 784, under the CC-BY License

PERBEDAAN KETUJUH : Noken As juga beda. Terlihat punya mocin Jamus 110 cc nggak ada lahernya, sedangkan punya Honda Supra 100 cc ada. Dudukan bawah juga beda, punya Supra lebih gede dengan tambahan 2 lubang di kiri kanan, sedang punya Jamus jauh lebih kecil diameternya dengan hanya satu lubang tengah gede. Ini dia :

Mesin 3 klep
Credit : Head jamus 3v// yg sering dicari penghobi motor C_seris
by : Denbagus'e 784, under the CC-BY License

Mesin 3 klep
Credit : Head jamus 3v// yg sering dicari penghobi motor C_seris
by : Denbagus'e 784, under the CC-BY License

Mesin 3 klep
Credit : Head jamus 3v// yg sering dicari penghobi motor C_seris
by : Denbagus'e 784, under the CC-BY License

PERBEDAAN KEDELAPAN : Kalau Kangmas dan Mbakyu pernah bongkar mesinnya Satria FU, Ninja 250, Vixion, Jupiter MX, atau motor-motor 4 klep, biasanya akan menemukan bentukan lubang intake bercabang . Ya itu karena klep minyak sama-sama 2 buah makanya lubangnya bercabang gitu, ini dia : 

Mesin 3 klep
Credit : Head jamus 3v// yg sering dicari penghobi motor C_seris
by : Denbagus'e 784, under the CC-BY License

Mesin 3 klep
Credit : Head jamus 3v// yg sering dicari penghobi motor C_seris
by : Denbagus'e 784, under the CC-BY License

PERBEDAAN KESEMBILAN : Lubang dudukan luar punya Honda Supra 100 cc cuman 1 buah, sedangkan di mocin Jamus 110 cc ada 2 buah :

Mesin 3 klep
Credit : Head jamus 3v// yg sering dicari penghobi motor C_seris
by : Denbagus'e 784, under the CC-BY License

PERBEDAAN KESEPULUH : Kepala silinder Honda Supra 100 cc ada lubang olinya, sedangkan di mocin Jamus 110 cc enggak ada :

Mesin 3 klep
Credit : Head jamus 3v// yg sering dicari penghobi motor C_seris
by : Denbagus'e 784, under the CC-BY License

Yupz itulah 10 macam perbedaan pada head silinder motor bebek China Jamus 110 cc 3 klep dengan head punya Honda Supra 100 cc yang 2 klep, semoga mencerahkan, dipersilakan jika ada kritik dan saran, caci maki juga boleh, hehehe.... wassalamu'alaikum.




Komentar

Postingan Lain

Cara Pasang Kampas Kopling Honda All New CB150R Streetfire yang Baik dan Benar

Chassis : Owh… Baru Tahu Jadi Ini Pengaruh Panjang-Pendek Swing Arm Terhadap Keausan Ban

Jenis-Jenis Swing Arm pada Sepeda Motor

Honda Supra Masuk Gigi 1 Motor Loncat, Ini Sumber Masalahnya...

Bore Up & Stroke Up Si Kebo Jadi 260 cc (Bajaj Pulsar 260 cc)

Piston Alternatif Buat Pulsar 180, 200, 220 UG3/UG4 & NS200