Bore Up & Stroke Up Si Kebo Jadi 260 cc (Bajaj Pulsar 260 cc)

Pulsar Bore Up


Perkenalkan, inilah Kebo. Mmoooohh
………

Gambar kebo, dari Nans 82

Maaf bukan yang itu. Kalo itu kebo beneran. Yang inyong maksud ini lho Si Kebo bersasis baja. Si Kebo ini adalah sebuah Bajaj Pulsar 200 DTS-I yang dibeli pada tahun 2008. Spesifikasinya yaa sudah pada hafal lah ya. Mesin 200 cc dobel busi, SOHC 2 klep doank, tenaga 18-an HP (HP-nya siapa aja tuh, hehe), torsi juga 18-an N.m, sasis baja model double cradle ala-ala sasis Honda CB400 Super Four dengan berat kotor 160-an kg (berat bersih 145 kg + bensin fulteng 12-an kg + oli 1 kg) belum termasuk berat badan dan beban pikiran ridernya, huahaha. Yapzzz inilah Si Kebo.

Si Kebo, panggilan "sayang" dari Bajaj Pulsar 200 DTS-i 2008 yang udah jadi 260 cc sekarang


Dari 200cc UG3 Lalu Jadi 220 cc UG4

Pertanyaannya : kenapa dibore-up ? Biar kentjang kah ?? Biar bisa ngalahin sport 2 silinder kah ??

Ya itu salah satunya sih (ngaku haha). Tapi bukan alasan utama. Ada sejarahnya lurr… Jadi berawal dari langkanya spare part Si Kebo ini waktu masih UG3 di kota tempat inyong tinggal. Yupz, Pulsar 200 DTS-I 2008 punya inyong masih masuk kategori UG3, karena per koplingnya masih 4 biji, sedangkan UG4 udah 5 biji.

Sementara spare part buat UG4 lebih banyak dan juga banyak persamaannya sama motor Jepang, maka tak putusin ganti segelondong mesin UG3 menjadi UG4 yang 220 cc termasuk gir rasio dalamnya. Jadilah Si Kebo memakai mesin UG4 220 cc.

Perbedaan P200 UG3 dan P220 UG4 itu di panjang langkahnya (stroke-nya). P200 UG3 punya bore x stroke 6,7 x 5,64 cm, sedangkan P220 UG4 bore x stroke-nya 6,7 x 6,24 cm, kalau dihitung pakai rumus volume silinder ruang bakar :

0,785 x (bore x bore) x stroke 

Maka hasilnya = 0,785 x (6,7 x 6,7) x 6,24 cm = 219.89 cm²

Selain itu pada kode awalannya. Kalau Pulsar 200 UG 3, kode awalnya adalah JC, sedangkan Pulsar 220 UG4 kode awalannya adalah DK.


Pulsar 200 UG3 kodenya "JC"

Pulsar 220 UG4 kodenya "DK"


Tenaga dan torsi tentu melonjak drastis dari 18 HP ke 21 HP. Demikian pula torsi yang tadinya 18 N.m jadi 19 N.m. Yang sering naik Pulsar 220 cc pasti hafal karakter tenaganya. Sekarang udah bisa ngejar STEKO (Yamaha Scorpio TEngki KOtak) di jalan datar, kalau di tanjakan tak akuin Scorpio tersebut lebih kencang.

Mesin P220 ini karakternya buas di rpm tengah-atas, kebalikan sama STEKO yang karakternya buas di rpm bawah-tengah, bisa dimaklumi karena basis mesinnya berasal dari mesin enduro Yamaha Serrow 225cc.

Pertanyaan lagi, kenapa enggak bore up pakai piston Scorpio OS 100 aja, ketimbang ganti segelondong mesin P220 UG4, kan sama-sama 220-an cc tuh ? Jawabannya aku ngga pengen ribet main bubut lubang pen piston, hehe.

Jawaban kedua, karena desain lubang porting, noken as, klep, dan ruang bakar sertai gigi rasio udah sesuai dari sononya (pabriknya), jadi ga perlu repot-repot modif kem, klep, porting, dll yang tentunya lebih mahall.

Segelondong mesin Pulsar 220 UG4


Dari 220 cc jadi 255 cc

Terlena dengan nikmatnya 21 HP & 19 N.m, akhirnya fenomena fogging terjadi. Yupz Si Kebo berbulan-bulan nggak ganti oli sampai liner/boring silinder, piston, & ring pistonnya baret-baret (jangan ditiru lho yaaaaa XD …). Si Kebo jadi kayak motor 2 tak yang semakin dibleyer gasnya makin ngebul putih knalpotnya pertanda ada oli yang terbakar di ruang bakar lolos ke udara bebas dan bikin sepet mata soalnya ini 4-tal tapi ngebul kaya asap cerobong pabrik.

Seher P220 UG4 yang udah baret-baret, dohhh.....

Efeknya 3 hari sekali musti rajin cek jendela buat intip oli. Soalnya oli jadi lebih boros dari biasanya. Tarikan Si Kebo juga jadi rada lemot (pertanda torsi turun kayaknya), tapi masih bisa kejar STEKO sih, cuman…ngebull…

Yakin deh tenaganya turun dari 21 HP ke 19-20 HP doang, haha.

Si Kebo pun diopname selama seminggu di bengkel buat diganti seher, ring seher, dan boringnya. Pas dilepas head cylinder-nya, gosong ruang bakarnya pertanda banyaknya kerak oli. Yaa mirip-mirip bakwan gosong lah.

Si Kebo dipasang piston baru kepunyaan adiknya yang Triple Spark, siapa lagi kalau bukan Pulsar NS 200. Motor ini punya bore x stroke = 7.2 x 4.9 cm mampu menyemburkan tenaga 23.5 HP & torsi 18 N.m. Tenaganya lebih gede dari Si Kebo saat masih 220 cc (21 HP) tapi torsi Si Kebo lebih gede (19 N.m).

Boringnya pakai boring baja kepunyaan mesin diesel biar tahan panas dan ngga gampang menciut. Tahu sendiri kan kalo kompresi mesin diesel minim-minim 18 : 1 (bandingkan dengan Pulsar 220 UG4 yang kisaran 9.5 : 1)

Kenapa nggak pakai piston UG4 oversize 25 atau 50 aja ? Ya itu tadi susah nyari barangnya. Mending sekalian aja bore up, huehehe.

Piston Pulsar NS 200 punya diameter pen piston yang sama dengan Pulsar UG3/UG4, yaitu sama-sama 17 mm, jadi bisa saling tukar tuh. Sssstt… CBR 250 R Jomblo (1 silinder) & Ninja Mono / 250 SL juga sama-sama 17 mm lhoh pen pistonnya, hehehe. Sekarang berapa kapasitas silinder Si Kebo setelah pasang piston Pulsar NS 200 ? Kita hitung lagi pakai rumus volume ruang bakar yukss :

0,785 x (bore x bore) x stroke 

Maka hasilnya = 0,785 x (7.2 x 7.2) x 6,24 cm = 253.93 cm²

Atau dibulatkan jadi 255 cc. Jadilah Si Kebo punya perut lebih gede 5 cc dari Ninja 250, R25, CBR 250 RR, Thunder 250. Atau kalau kata beberapa fby garis keras, “offside 5 cc”huahaha. Ya inilah kenyataannya. Performa gimana bro ?

Kalau dari segi tarikan dan top speed mirip-mirip sama Ninja 250 SL / Ninja RR Mono 250 cc alias Ninja 1 silinder alias Ninja jomblo atau CBR 250 R alias CBR 250 versi 1 slinder. Inyong pernah test drag sama Ninja 250 SL di jalur pantura yang sepi (no video hoax nggak ya hahaha, drag dadakan soale, nggak sempet record), tapi top speed hampir sama, bisa bareng tapi susah nyusul, kecuali start duluan, hehe jadi bahagia punya motor tuwir SOHC 2 klep sekencang sport DOHC 4 klep 250 cc.

Oh iya walaupun udah 255 cc, tapi kompresi tetap dipertahankan 9.5 : 1 dengan memperbesar volume ruang bakar. Maklum motor tuwo dan belum radiator jadi ngga berani main kompresi tinggi. Toh bensin pertamax mahal, hahaha.

Dengan kondisi seperti ini, inyong asumsikan tenaga on crank Si Kebo sekitar 24-25 HP dengan torsi kisaran 21-22 N.m. Kenapa ngga test dyno aja ? Belum sempet dan males keluarin duit cuman buat lihat angka doank, hehehe.

Tapi buoroosss tenan rekk. Mosok 1 liter pertalite cuman bisa 25 kilo. Wong karbu dan koil juga udah ganti. Waktu masih 220 cc perasaan 1 liter bisa 35-40 kilo deh. Hahaha malum motor tuwo. Karbu juga pakai kepunyaan Triple Spark yaitu karbu vakum 33 mm (UG4 cuman 32 mm), dan koil kiri pakai punya Yamaha Scorpio Z.

Melar Lagi jadi 260 cc

Inilah dia puncaknya. Puncak ke-haluan inyong sampai-sampai jatuh ke lubang yang sama. Lha piye, ngebul maning gara-gara telat ganti oli jeee,,,, akibatnya ya kaya kasus sebeumnya piston, ring piston, boring baret-baret lagi. Si Kebo kudu diopname lagi selama seminggu buat dioversize.

Yupz yang kali ini nggak sampai ganti boring soalnya cuman oversize 50 doank masih pakai piston Pulsar NS 200 yang ukuran 72,5. Lainnya sih tetep ngga ada ubahan. Diameter piston lebih gede 0,5 mm yang artinya volume silinder juga ikut naik, kalau kita hitung pakai rumus volume silinder lagi maka hasilnya adalah :

0,785 x (bore x bore) x stroke 

Maka hasilnya = 0,785 x (7.25 x 7.25) x 6,24 cm = 257.47 cm²

Atau dibulatkan jadi 260 cc. Kali ini jadi lebih kencang dan juga lebih boros lagi (1 : 20-an). Sekarang lawannya adalah sport 2 slinder macam Ninja 250 R karbu. Yupz inyong pernah “test drag” sama Ninja 250 R karbu, hasilnya sesekali menang, sesekali kalah. Tergantung start-nya sih. Kalau lawan ZX-25R yaaa woles aja deh hahaha…

Si Kebo 260 cc ini karakternya beda waktu masih 255 atau 220 cc. Akselerasi bawahnya lebih kuat gitu, mirip kaya RX-King. Angkatannya sih ngga ada, tapi nariiikkkk banget. Badan serasa ketarik ke belakang pas start gigi 1.

Dan torsi gedenya memungkinkan inyong bisa gaspol langsung tanpa downshift. Wong setrongng banget kok hehehe. Lagi-lagi inyong asumsikan tenaga Si Kebo yang udah 260 cc ini sekitar 26 HP dengan torsi sekitar 23 N.m wong udah di atas 250 cc.

Mesin Si Kebo yang udah melar jadi 260 cc
+ Karbu 33 mm + Koil Scorpio Z + Kampas Koping RX-Z + Per kopling Smash

Setelah jadi 260 cc juga sepertinya Si Kebo udah ga bisa pasang gir depan 15 lagi deh, kegedean tenaga jadi girnya terlalu enteng, mesin cepet banget teriaknya. Jadinya gigi depannya jadi 16 sekarang biar nafasnya panjang. Itu pun masih pakai kaki-kaki gambot dengan ban depan 120 dan ban belakang 160. Gir belakang sih pakai 38.

Gigi depan Si Kebo sekarang pakai 16 mata

Sekarang Si Kebo udah pede kalau ketemu RX-King / Ninja RR pecicilan. Tinggal urut gas sampai redline udah bisa say hello sama ridernya, hehehe.


Kesimpulan

Kesimpulannya cuman 1 : jangan telat ganti oli, dah gitu aja, hahaha.

Sekian dari inyong, mohon maaf kalau ada salah kata, semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum.

Si Kebo


 


Komentar

Postingan Lain

Jenis-Jenis Swing Arm pada Sepeda Motor

Chassis : Owh… Baru Tahu Jadi Ini Pengaruh Panjang-Pendek Swing Arm Terhadap Keausan Ban

10 Macam Perbedaan Antara Head Silinder Jamus 3 Klep dengan Punya Honda Supra

Cara Pasang Kampas Kopling Honda All New CB150R Streetfire yang Baik dan Benar

Piston Alternatif Buat Pulsar 180, 200, 220 UG3/UG4 & NS200

Honda Supra Masuk Gigi 1 Motor Loncat, Ini Sumber Masalahnya...

Keunggulan dan Kelemahan Mesin Jamus Klep 3