Classic : Galeri Suzuki GSX-R 1100 Classic Style

Ngomongin motor lejend satu ini emang menarik. GSX-R 1100 ini termasuk keluarga GSX-R zaman old dan bisa dibilang "embahe" GSX-R 1000 di zaman now. Dan GSX-R 1100 ini masih "sodaraan" sama Suzuki Katana GSX 1100 SX ini.

Dilengkapi dengan mesin DOHC 4 silinder segaris yang mampu menghasilkan tenaga maksimum (versi 1998) sebesar 137.8 HP @10000 di roda belakang alias on wheel, sedangkan on crank nya sekitar 156 HP kalo ga salah. Sedangkan torsi maksimumnya 115 N.m @9000 rpm.


Mesinnya sendiri cc-nya 1074 cc didapat dari bore x stroke sebesar 75.5 x 60 mm di tiap silindernya. Well... konfigurasinya mirip dengan CBR 250 R silinder jomblo nih yang 76 x 55 mm.

Untuk sasisnya menganut model pentagon style, itu tuh twin spar tapi kedua spar-nya ada di atas, sehingga mesin Inline Fournya terekspos dengan jelas. Kan biasanya twin spar itu "memeluk" mesin, sehingga mesinnya ketutupan.

Dengan bobot basah seberat 254 kg, maka PWR nya adalah :

PWR on crank : 156 HP / 254 kg = 0.614 HP / kg
PWR on wheel : 137.8 HP / 254 kg = 0.542 HP / kg

TAMPANG SUZUKI GSX-R 1100 STANDAR (STOCK)
Di postingan ini ane mau nunjukin beberapa GSX-R 1100 yang udah dimodif keren-keren. Tapi sebelumnya ane tunjukin dulu tampang versi standarnya dulu, ini dia :

1991 GSXR1100 in team Yoshimura Colors
(Public Domain)

under the CC-BY-SA License


GALERI SUZUKI GSX-R 1100 MODIF KEREN-KEREN

Ini suspensi depannya pakai upside-down dengan kaliper 6 piston radial mount, fairing model setengah macam fairingnya Suzuki FXR-150.

Ini style streetfighter yang beken di Purwokerto era 2003-2008 an kalo ndak salah. Beken disebut "minor fighter". Ciri utamanya buntut belakang sangat kecil jadi cocok buat jomblo-er (pisss.... haha).

Ini model fairing setengah tapi lebih terbuka dibanding foto yang pertama tadi. Sebenarnya udah masuk ke kelas streetfighter. Karena streetfighter sendiri aslinya motor balap yang dilepas fairingnya dan dituning buat jalanan.

Ini gaya trackday kalo menurut ane. Biasa dipakai buat balap di sirkuit juga sama komunitas tiap weekend.

Ini juga style trackday, tapi lebih advance dari foto di atas. Yang satu ini udah pakai suspensi depan upside-down, dan mesinnya kelihatannya tuningnya lebih extrim, terlihat dari knalpotnya yang pakai Termignoni dan adanya selang yang melintas di samping blok mesin. Selang ini biasanya berasal dari oil cooler versi advance.

Yang ini versi cafe racer, tampilannya lebih classic dengan fairing dan buntut bulat.

Okree Kangmas dan Mbakyu, sekian semoga postingan ini menginspirasi,  wassalamu'alaikum.

Komentar

Posting Komentar

Postingan Lain

Jenis-Jenis Swing Arm pada Sepeda Motor

Chassis : Owh… Baru Tahu Jadi Ini Pengaruh Panjang-Pendek Swing Arm Terhadap Keausan Ban

10 Macam Perbedaan Antara Head Silinder Jamus 3 Klep dengan Punya Honda Supra

Cara Pasang Kampas Kopling Honda All New CB150R Streetfire yang Baik dan Benar

Piston Alternatif Buat Pulsar 180, 200, 220 UG3/UG4 & NS200

Keunggulan dan Kelemahan Mesin Jamus Klep 3

Honda Supra Masuk Gigi 1 Motor Loncat, Ini Sumber Masalahnya...