Cafe Racer : Suzuki 8 Silinder
Sangar tenan cah motor sitok iki. Koyone biasa-biasa bae, nanging mesine iku lho wolu silinder nda...
Yupzz motor Suzuki ini mesinnya 8 silinder segaris. Ane kurang dapat info tentang mesin apa yang dipakai di motor Suzuki bergaya cafe racer ini.
Tolong koreksi ya Kang. Dilihat dari bentuk blok silinder, kepala silinder, dan crankcase nya, itu disinyalir 4 buah mesin Parallel Twin nya Suzuki GS500E yang digandeng jadi 1. Jadinya Inline-Eight sob. Hehe sangar juga, penasaran kayak gimana jambakan torsinya.
Anyway kenapa ndak dibikin V8 aja yah kan malah lebih sangar tuh. Cafe Racer bermesin V8 jadinya. Yeah barangkali ownernya punya selera lain.
Mengenai Suzuki GS500E sendiri, motor ini diproduksi Suzuki sekitar akhir 90-an, zaman kalo ngga salah dimana belum ada motor matic bersuara mberr...mberr... mbeerrrr... (bruakakaka). O iya ini wujud asli Suzuki GS500E, eh... sasisnya twin spar double cradle lhohhh...
Mesinnya DOHC Parallel Twin tapi masih berpendingin udara. Kapasitas tepatnya 487 cc didapat dari penggunaan bore x stroke sebesar 74 x 56.6 mm dikali 2. Rasio kompresinya 9.0 : 1, masih aman minum Pertalite. Mesin ini sanggup memuntahkan tenaga puncak sebesar 45.5 HP @9200 rpm dan torsi maksimumnya 39.2 N.m @7600 rpm.
Mesin 8 silindernya yang lebar itu mengingatkan ane akan motor legendaris Honda era 80-an, tapi "masih" 6 silinder "doank" sih. Siapa lagi kalau bukan Honda CBX 1000 ini.
Motor ini terlihat sasisnya sudah dirombak total mengikuti gaya cafe racer yang berbuntut pendek ala buntut tawon dan menyesuaikan ukuran mesin 8 silinder segarisnya.
O iya motor ini sepertinya belum rampung pengerjaannya, soale lampu, spion, dan kelengkapan lainnya belum dipasang.
Knalpotnya pakai model brong atau blombongan dengan konfigurasi 8-4-2 sepertinya. Kayaknya bisa bangunin orang satu RT nih, wong ngga ada silencernya, waduhhh.
Dan kalau penasaran sama suaranya monggo Kangmas dan Mbakyu pantengin video di bawah ini, worrrr...wwoooorrrr...wwwoooorrrrr....blaarrrrr....
Sekian, semoga bermanfaat, wassalamu'alaikum.
Yupzz motor Suzuki ini mesinnya 8 silinder segaris. Ane kurang dapat info tentang mesin apa yang dipakai di motor Suzuki bergaya cafe racer ini.
Edited screenshot from Video #Curiosidade# MOTO 8 CILINDROS RONCO DE ARREPIADOR! By : PatiFULL under the CC-BY License
Tolong koreksi ya Kang. Dilihat dari bentuk blok silinder, kepala silinder, dan crankcase nya, itu disinyalir 4 buah mesin Parallel Twin nya Suzuki GS500E yang digandeng jadi 1. Jadinya Inline-Eight sob. Hehe sangar juga, penasaran kayak gimana jambakan torsinya.
Edited screenshot from Video #Curiosidade# MOTO 8 CILINDROS RONCO DE ARREPIADOR! By : PatiFULL under the CC-BY License
Anyway kenapa ndak dibikin V8 aja yah kan malah lebih sangar tuh. Cafe Racer bermesin V8 jadinya. Yeah barangkali ownernya punya selera lain.
Mengenai Suzuki GS500E sendiri, motor ini diproduksi Suzuki sekitar akhir 90-an, zaman kalo ngga salah dimana belum ada motor matic bersuara mberr...mberr... mbeerrrr... (bruakakaka). O iya ini wujud asli Suzuki GS500E, eh... sasisnya twin spar double cradle lhohhh...
1997 Suzuki GS500E in black in the Rose Bowl parking lot. The camera used is a Nikon Coolpix 5000. By : Rich Niewiroski Jr. Under the CC-BY License
under the CC-BY-SA License
Mesinnya DOHC Parallel Twin tapi masih berpendingin udara. Kapasitas tepatnya 487 cc didapat dari penggunaan bore x stroke sebesar 74 x 56.6 mm dikali 2. Rasio kompresinya 9.0 : 1, masih aman minum Pertalite. Mesin ini sanggup memuntahkan tenaga puncak sebesar 45.5 HP @9200 rpm dan torsi maksimumnya 39.2 N.m @7600 rpm.
Edited screenshot from Video #Curiosidade# MOTO 8 CILINDROS RONCO DE ARREPIADOR! By : PatiFULL under the CC-BY License
Tapi ngga tahu juga seberapa gede perubahan tenaga dan torsinya si GS500 ini kalo mesinnya udah digandeng jadi 8 silinder gini, bisa jadi naik 4 kali, mungkin lho yaa
Edited screenshot from Video #Curiosidade# MOTO 8 CILINDROS RONCO DE ARREPIADOR! By : PatiFULL under the CC-BY License
Mesin 8 silindernya yang lebar itu mengingatkan ane akan motor legendaris Honda era 80-an, tapi "masih" 6 silinder "doank" sih. Siapa lagi kalau bukan Honda CBX 1000 ini.
Edited screenshot from Video #Curiosidade# MOTO 8 CILINDROS RONCO DE ARREPIADOR! By : PatiFULL under the CC-BY License
Edited screenshot from Video #Curiosidade# MOTO 8 CILINDROS RONCO DE ARREPIADOR! By : PatiFULL under the CC-BY License
O iya motor ini sepertinya belum rampung pengerjaannya, soale lampu, spion, dan kelengkapan lainnya belum dipasang.
Edited screenshot from Video #Curiosidade# MOTO 8 CILINDROS RONCO DE ARREPIADOR! By : PatiFULL under the CC-BY License
Knalpotnya pakai model brong atau blombongan dengan konfigurasi 8-4-2 sepertinya. Kayaknya bisa bangunin orang satu RT nih, wong ngga ada silencernya, waduhhh.
Edited screenshot from Video #Curiosidade# MOTO 8 CILINDROS RONCO DE ARREPIADOR! By : PatiFULL under the CC-BY License
Dan kalau penasaran sama suaranya monggo Kangmas dan Mbakyu pantengin video di bawah ini, worrrr...wwoooorrrr...wwwoooorrrrr....blaarrrrr....
Video #Curiosidade# MOTO 8 CILINDROS RONCO DE ARREPIADOR! By : PatiFULL under the CC-BY License
Sekian, semoga bermanfaat, wassalamu'alaikum.
Komentar
Posting Komentar