Exhaust Sound : Suara Knalpot Mesin 6-Silinder

Inline Four ? Biasa,,,, Inline Six ? Ini baru biasa luar, eh.... luar biasahh. Mesin 6 silinder itu mesin yang jumlah pistonnya atau sehernya ada 6 biji. Karbunya pun 6 biji (yang masih karbu). Businya juga (ya iyalahh...)


Yup inilah hyperbike buatan Honda di awal tahun 1980-an, Honda CBX 1000. Motor ini kalau di zaman now, itu udah masuk ke kelasnya Kawasaki H2R & Suzuki Hayabusa GSX 1300. Honda CBX 1000 ini punya kapasitas asli 1047 cc didapat dari penggunaan bore x stroke 64.5 x 53.4 (bore nya segede piston Honda Tiger oversize 100 Kang).


TENAGA & TORSI
Walaupun kompresi statisnya "cuma" 9.3 : 1 di mana masih bisa minum Pertalite, tapi tenaga puncak yang dihasilkan segede 105 HP @9000 rpm dan torsi puncak 85 N.m @8000 rpm. Kecil ya, iya kalo dibandingin sama superbike zaman now yang udah main di 200 HP atau hyperbike macam Kawasaki H2R yang 300 tenaga kuda. Tapi di masanya, 105 HP untuk mesin 1000 cc itu udah "sesuatu" banget selayaknya 300 tenaga kuda kalo di Kawasaki H2R di zaman now.


MESIN 6 SILINDER
Dan semua itu ditransfer via transmisi 5 speed doank. Kaya V-ixion lama dunks, tapi ini 1047 cc DOHC 24 klep 6 silinder segaris ya, alayers naik matic knalpot brong jangan coba-coba nantangin yah, top speednya tembus sampai 220 km/jam dengan sangat cepat lhoh, huehehehe...

Screenshot from Video How to Rebuild a Honda CBX 1000 Engine - Part 6 - Engine #2 Tear Down by : digitalpizza under the CC-BY License

Oke udah kebayang gambaran mesin 6 silinder segaris ? Kalau belom jadi gini, Kangmas dan Mbakyu naik sebuah sepeda motor, sepeda motor ini punya mesin selebar 1 meter kurang lebih, kaya gambar di bawah ini :


Yap begitulah kira-kira. Konon katanya mesin DOHC 24 klep segede gaban ini bikin paha "mateng" soalnya silinder nomor 1 dan nomor 6 itu posisinya ada di depan paha orang, jadi kalo dilihat dari depan, mesin ini sampai nyaris nutupin kaki. 


Sementara pendinginannya cuma andalkan angin sepoi-sepoi, sudah pasti ada "kehangatan" di situ. Makanya penjualan CBX 1000 ga semoncer yang 4 silinder, faktor kepanasan jebule, Kang.

RANGKA
Balungan alias tulangan alias rangka CBX 1000 ini ada kemiripan dengan rangka milik Suzuki GSX-R 150 atau Ninja 250 karbu, yaitu rangka backbone tubular dengan posisi mesin "menggantung".



Tidak ada tulang di depan mesin selayaknya Honda GL/CB series. Lha iya tho mosok mesin segede gaban gitu pake tulangan depan lak ya rekoso bongkar pasang mesin 6 silindernya, hehehe. Tapi rangka CBX ini cukup berat, jadi stabil sih tapi handlingnya kurang lincah. Bobotnya aja 270-an kg. Abott cak.

SUSPENSI
Sok depan pakai teleskopik berdiameter 35 mm, belakangnya dobel sok selayaknya Honda Tiger. Sudut rakenya 27.5 derajad dengan jarak travel 120 mm. Wheelbase 1495 mm. Stabil buat jalan jauh tapi kurang gesit buat zig-zag atau selip-selipan. Lagian paling cuman biker antusias yang mau selip-selipan pake motor bermesin 1 meteran ini, hehehe.


PENGEREMAN
Motor dengan tinggi jok ke tanah 810 mm ini mengaplikasikan rem depan double disc 280 mm dan belakang single disc 305 mm. Wah gedean cakram belakang yak. Bisa Marquez Style nih, hehehe.


KONSUMSI BBM
Yang aneh justru CBX1000 lebih irit ketimbang Suzuki Katana GSX 1100 yang "cuma" 4 silinder. Konsumsi bensin CBX 1000 ini di kisaran 16 km/liter. Sedangkan Katana GSX 1100 di kisaran 15 km/liter. Irit laaaaaaagh kalo liat cc dan jumlah silindernya, hehehe.

SUARA KNALPOT
Motor 6 silinder suaranya lebih merdu ketimbang 4 silinder. Kalau 4 silinder yaa kita udah hapal, bunyinya : zing...zingng...zingngng...

Nah kalau motor 6 silinder beda, suaranya kurang lebih kaya gini : nguing....nguiiiiingng....nguuuuiiiiiiingngngng.....


Penasaran ? Cek video di bawah :


Oke sekian cerita singkat tentang Honda CBX1000, motor Inline Six racikan Honda bersuara nguing....nguiiiiingng....nguuuuiiiiiiingngngng..... , semoga bermanfaat, wassalamu'alaikum.

Komentar

Postingan Lain

Jenis-Jenis Swing Arm pada Sepeda Motor

Chassis : Owh… Baru Tahu Jadi Ini Pengaruh Panjang-Pendek Swing Arm Terhadap Keausan Ban

10 Macam Perbedaan Antara Head Silinder Jamus 3 Klep dengan Punya Honda Supra

Cara Pasang Kampas Kopling Honda All New CB150R Streetfire yang Baik dan Benar

Piston Alternatif Buat Pulsar 180, 200, 220 UG3/UG4 & NS200

Keunggulan dan Kelemahan Mesin Jamus Klep 3

Honda Supra Masuk Gigi 1 Motor Loncat, Ini Sumber Masalahnya...