2 - Stroke : Gantengnya RGV 250 Ini, Koq Ngiler yaa...

Kali ini inyong meh ngomongin motor lejend bermesin 2 - stroke dari Suzuki. Yaa motor yang lahir sekitar tahun 1991 tapi gantengnya awet sampe tahun 2020 ini, huehehe. Yup inilah Suzuki RGV 250, motor sprott...eh sport racikan Suzuki bermesin V2 alias V-Twin, yaa macam format mesin Ducati Monster atau Panigale yang versi V-Twin.

Suzuki RGV 250 tahun 1991
Gimana Kangmas, Mbakyu.... buat inyong pribadi sih masih keren abisss, Apalagi rangka aluminium twin-spar nya + sikilan gedangnya (swing arm banana maksute). Wuiihh,, andai dipasang di Ninja 250, CBR 250 RR atau R25, mungkin harga motor-motor itu bisa buat beli rumah kali yah, hehehe.

Sasis twin spar aluminium + swing arm banana RGV 250, hmm..  guriiih...
by :  NEXTDESIGN under the CC-BY License

Mesin V-Twin Suzuki RGV 250 sendiri yang versi tahun 1991-1996 (VJ22) mampu menyemburkan tenaga puncak sebesar 62 HP. Bobot keringnya sendiri 130-an kilogram lhoh Kangmas. Bandingin sama Ninja 250 atau CBR 250 RR yang powernya di kisaran 38-39 HP tapi bobot keringnya di atas 160 kilogram, yaaah itung sendiri PWR nya.


Atau yaa mirip kaya naik GSX (Suzuki GSX-R 150) tapi dengan tenaga 2x nya tenaga Ninja RR 150, kebayang nggak ??

Suzuki RGV 250 ini cara starternya masih pake engkol, ndak ada electrik starter. Tapi tenang azaaa,, mesin 2-tak itu kompresinya rendah, jadi itu engkol nggak akan "nggebug" betis sampeyan. Jangan bayangin ngengkol mesinnya GL-Pro Black Engine yah, hehehe.

Buka engkolnya.
by :  NEXTDESIGN under the CC-BY License

Lalu di-"selah"
by :  NEXTDESIGN under the CC-BY License

Maka NGEBUL deh si RGV 250 ini, namanya juga 2-tak
by :  NEXTDESIGN under the CC-BY License

Motor ini menggunakan velg tapak lebar palang 3 depan-belakang dikombinasikan dengan suspensi depan asepdon (upside-down) dengan kaliper Tokico dan double disc brake depan. Ganteng nih.

Upside-down+Kaliper Tokico+Cakram dobel, mantap...
by :  NEXTDESIGN under the CC-BY License

Tampak dari sisi kiri, sangar...
by :  NEXTDESIGN under the CC-BY License

Untuk bagian belakang kita bisa melihat capit urang gedang-nya (swing arm banana) yang keker itu. Hmmm.... cocok nih dipasang di Ninja 250, CBR 250 RR atau R25. Pengereman belakang pakai single disc dengan diameter yang lebih kecil ketimbang double disc depan.

"Gedang" nya bikin ngiler...
by :  NEXTDESIGN under the CC-BY License

Oh iya swing arm banan RGV 250 tidak simetris antara kiri dan kanan. Yang sisi kanan model upper-brace, yaitu ada tulangan atasnya, kayak gini nih :

Swing arm RGV 250 sisi kanan
by :  NEXTDESIGN under the CC-BY License

Ini Suzuki RGV 250 kalau dilihat dari sisi kiri belakang :


Ini kalau dari sisi kiri depan :


Ini dari sisi kanan agak belakang :


by :  NEXTDESIGN under the CC-BY License

Ini buritannya. Silencernya ada 2 jejer atas-bawah berasal dari silinder V-Twin-nya dengan lampu belakang model kotak dan body belakang yang ngotak juga, khas banget gaya motorsport era 90-an.


Nah kalo ini bagian kemudinya atau cockpit.  Di situ ada kayak tulangan yang nyambung ke sisi dalam fairing depan. Kayaknya buat nahan fairing biar nggak meleyot akibat tekanan angin pas melaju di top speed. Speedometernya masih model jarum analog bulet-bulet.


Tahun 90-an tutup tangkinya udah rata lho Kang. Pastinya minumnya pertamax atau pertamax plus ya. Mosok sportbike minumnya pertalite, bisa diketawain sama ayam jago ntar (eh emang ayam jago kalo ketawa ekspresi mulutnya kaya gimana ? Aya-aya bae... )


Oookeehh, barangkali itu saja pembahasan sedikit tentang motor lejend dari Suzuki ini yang sampe sekarang pun masih ganteng warbiyasah....

O iya ini video review Suzuki RGV 250 ini, tapi mohon maaf bahasanya Jepang. Harap maklum.


Sekian semoga bermanfaat, wassalamu'alaikum...


Komentar

Postingan Lain

Jenis-Jenis Swing Arm pada Sepeda Motor

Chassis : Owh… Baru Tahu Jadi Ini Pengaruh Panjang-Pendek Swing Arm Terhadap Keausan Ban

10 Macam Perbedaan Antara Head Silinder Jamus 3 Klep dengan Punya Honda Supra

Cara Pasang Kampas Kopling Honda All New CB150R Streetfire yang Baik dan Benar

Piston Alternatif Buat Pulsar 180, 200, 220 UG3/UG4 & NS200

Keunggulan dan Kelemahan Mesin Jamus Klep 3

Honda Supra Masuk Gigi 1 Motor Loncat, Ini Sumber Masalahnya...