Engine : Setel Ulang Klep Masuk Yamaha Raptor 700

Kudune mongtor koyo ngene iki iso ngacir neng dalan tol, lha wong ban-e cacahe papat, huehehe (translate : harusnya motor kaya gini bisa ngacir di jalan tol, orang ban nya empat biji, huehehe). Ya inilah Yamaha Raptor, motor dengan mesin SOHC 4 Klep liquid cooled bertransmisi 5 spit speed, lhooo kok podo bae kaya V-Ixion ?. Eitss ini cc-nya 700cc dan rodanya empat, Kangmas, Mbakyu.

by : JNK Racing under the CC-BY License

Yupz 4 roda Kang, alias mashookk masuk di kategori ATV Quad Bike. Yamaha Raptor 700 ini biasa dipake untuk melibas jalanan offroad, di youtube inyong lihat sering diadu sama motor trail macam KTM.

by : JNK Racing under the CC-BY License

Untuk mesinnya sendiri bisa memuntahkan tenaga maksimum hingga 46.9 HP di 9000 rpm dan torsi maksimum sebesar 46 N.m di 9000 rpm juga. Bore x strokenya sendiri adalah 102 x 84 mm, wuihh pistonnya 10 cm lebih dikit sob diameternya, strokenya juga mayan panjang 84 mm, mayan jengat nih putaran bawahnya apalagi ini motor offroad dan throttle bodynya berdiameter 44 mm.

by : JNK Racing under the CC-BY License

Ada beberapa persamaan mesinnya Yamaha Rapor, eh... Raptor 700 dengan mesinnya Yamaha Piksen V-Ixion, ini dia :

- Sama-sama SOHC
- Sama-sama LC (liquid cooled)
- Sama-sama 5 speed
- Sama-sama 4 klep

Ini dia wujud mesin Yamaha Raptor 700 :

Screenshot from Video Raptor 700 Valve Adjustment 
by : MotoPosh under the CC-BY License

Bandingin sama mesinnya Yamaha V-Ixion atau NVL atau NVA atau OVI :

Gambar mesin V-Ixion dari blog Gianlugimario

Mirip khaaaannn....

Mungkin ndak ya kalau mesinnya Raptor 700 dipasang di sasisnya V-Ixion, wuih ane ga ngebayangin betapa jengatnya. Dan mungkin para penunggang matic bersuara "...mbeeerrrr...mbeeerrr..." pada melongo begitu pula para penunggang sport 250  bersuara "....uuweerrr....uuuweeerrrr...." pada bengong, huehehehe.

by : JNK Racing under the CC-BY License

Ketimbang pasang mesinnya Ninja 250 ke sasis Vixion,,, inyong sih lebih suka lihat sasis deltaboxnya V-ixion dipasang mesin Yamaha Raptor 700, soalnya bentukan mesinnya kamuflase banget, siapa yang nyangka motor V-Ixion tampilan standard eeeh ternyata mesinnya 700cc, Tapi mungkin 700 cc itu terlalu overkill ya, jangan coba-coba deh sasis 150 cc dipasang mesin 700 cc, hehehe.

by : JNK Racing under the CC-BY License

Okre berikut ini ada sebuah Yamaha Raptor yang lagi disetel klepnya. Prosesnya pun mirip-mirip kaya setel klep Yamaha V-Ixion tuh...

Pertama ini wajahnya Yamaha Raptor 700, cover body depannya mau kita bongkar.

Screenshot from Video Raptor 700 Valve Adjustment 
by : MotoPosh under the CC-BY License

Setelah body depan dibongkar maka kita bisa lihat radiatornya. Radiatornya ada di balik tebeng depan dan berukuran gueedeeee. Ya maklum wong cc-nya 700 cc ya harus gede biar bisa ngademin mesin SOHC 4 klep 700 cc-nya itu.

Screenshot from Video Raptor 700 Valve Adjustment 
by : MotoPosh under the CC-BY License

Kedua kita lepas soket yang ada di tangki bbmnya. Itu kayaknya soket buat pompa injeksinya deh.

Screenshot from Video Raptor 700 Valve Adjustment 
by : MotoPosh under the CC-BY License

Ketiga tangki bbm dilepas dan cover bawahnya juga dilepas.Cover bawah ini yang melindungi head cylinder bagian klep masuk. Maka bisa kita lihat bagian kepala silindernya dan tutup klep masuknya yang bentuknya khas banget SOHC 4 klep LC, yaa ala-ala V-Ixion gitu bentuknya.

Screenshot from Video Raptor 700 Valve Adjustment 
by : MotoPosh under the CC-BY License

Keempat kita buka tutup gir camrat atas, nantinya kita mau setting posisi pistonnya.

Screenshot from Video Raptor 700 Valve Adjustment 
by : MotoPosh under the CC-BY License

Screenshot from Video Raptor 700 Valve Adjustment 
by : MotoPosh under the CC-BY License

Kelima kita posisikan pistonnya ada pada posisi TMA (Titik Mati Atas) di langkah kompresi dan ngepasin tanda strip ada di posisi yang sudah ditentukan pabrikan. Tanda strip di Yamaha Raptor ada 2 bagian, yaitu di rantai keteng atas dan di lubang dekat crankcase kiri.

Screenshot from Video Raptor 700 Valve Adjustment 
by : MotoPosh under the CC-BY License

Screenshot from Video Raptor 700 Valve Adjustment 
by : MotoPosh under the CC-BY License

Keenam kita buka tutup klep masuk, maka kita bisa lihat 2 buah klep masuk yang ditekan sama rocker arm bercabang khas V-Ixion banget niyy.

Screenshot from Video Raptor 700 Valve Adjustment 
by : MotoPosh under the CC-BY License

Screenshot from Video Raptor 700 Valve Adjustment 
by : MotoPosh under the CC-BY License

Ketujuh, rocker arm dicek dengan cara digerak-gerakin.Sebenernya ngga wajib sih, ini cuma buat cek awalan aja, dan buat mereka yang udah punya feeling bagus.

Screenshot from Video Raptor 700 Valve Adjustment 
by : MotoPosh under the CC-BY License

Lalu kita siapin feeler gauge-nya.Untuk Yamaha Raptor 700, celah klep masuknya pakai antara 0.005 & 0.006 mm.

Screenshot from Video Raptor 700 Valve Adjustment 
by : MotoPosh under the CC-BY License

Kedelapan, feeler gauge diselipkan di antara baut rocker arm dengan shimplate nya klep dan dikencangkan. Ciri - ciri kekencangan yang pas adalah feeler gauge bisa digeser-geser dengan sedikit resistansi,alias agak seret tapi nggak berat, waduh gimana ya bahasanya, hehe.

Screenshot from Video Raptor 700 Valve Adjustment 
by : MotoPosh under the CC-BY License

Screenshot from Video Raptor 700 Valve Adjustment 
by : MotoPosh under the CC-BY License

Screenshot from Video Raptor 700 Valve Adjustment 
by : MotoPosh under the CC-BY License

Kesembilan, tapi engga wajib, rocker arm klep masuk digoyang-goyang lagi untuk memastikan aja semua udah ok.

Screenshot from Video Raptor 700 Valve Adjustment 
by : MotoPosh under the CC-BY License

Kesepuluh, pasang kembali tutup klep,tutup rantai keteng, soket-soket dan cover body yang sudah dilepas tadi. Sekian untuk artikel kali ini, kurang lebihnya mohon maaf, kalau ada masukan monggo dishare di kolom komentar. Wassalamu'alaikum.

Screenshot from Video Raptor 700 Valve Adjustment 
by : MotoPosh under the CC-BY License

Screenshot from Video Raptor 700 Valve Adjustment 
by : MotoPosh under the CC-BY License

Komentar

Postingan Lain

Jenis-Jenis Swing Arm pada Sepeda Motor

Chassis : Owh… Baru Tahu Jadi Ini Pengaruh Panjang-Pendek Swing Arm Terhadap Keausan Ban

10 Macam Perbedaan Antara Head Silinder Jamus 3 Klep dengan Punya Honda Supra

Cara Pasang Kampas Kopling Honda All New CB150R Streetfire yang Baik dan Benar

Piston Alternatif Buat Pulsar 180, 200, 220 UG3/UG4 & NS200

Keunggulan dan Kelemahan Mesin Jamus Klep 3

Honda Supra Masuk Gigi 1 Motor Loncat, Ini Sumber Masalahnya...