Minibike : Suzuki GSX-R Mini nan Unyu-Unyu

Apa yang terbayang di benak Kangmas dan Mbakyu sekalian begitu mendengar kata "Suzuki GSX-R" ? Apakah ini : moge ? bongsor ? kencang ? full fairing ? 1000cc ? superbike ? mahal ? mewah ?. Ga salah sih, wong emang itu beberapa image yang melekat pada varian Suzuki GSX-R. Tapi tahukah Kangmas bahwa sebenernya ada lho GSX-R versi mini. Yaa.... ala-ala Kawasaki KSR gitu, pernah lihat kan KSR ? Ini dia Suzuki GSX-R 50 tersebut :


Unik ya, inyong juga baru tahu kalo GSX-R ada versi mininya. GSX-R yang unyu-unyu ini bisa menampung air putih sebanyak 50 mililiter di dalam blok silindernya dalam kondisi piston ada di TMB. Maksudnya cc-nya 50 cc, ah admin ini ribet amat jelasinnya, huahahaha. GSX-R 50 ini masuk kategori JDM, alias cuma dijual di Jepang saja, makanya termasuk langka. Kode motor ini sendiri adalah RB50 GAG.


Mesinnya sendiri mesin ala-ala bebek, selonjoran gitu berpendingin angin sepoi-sepoi. Mampu nyemburin tenaga hingga 5.2 HP di 7000 rpm. Cukup banter buat ukuran mesin 50 cc. apalagi bobot keringnya cuman 64 kg. Maka didapat PWR nya = 5.2 HP / 64 kg = 0.08125 HP/kg. Bandingkan sama mesinnya Honda C50 tahun 1966-1980 yang powernya cuman 4.8 HP di 10000 rpm dengan bobot kering 69 kg, maka PWR nya Honda C50 adalah 4.8 HP / 69 kg = 0.06956 HP/kg. GSX-R 50 secara teori lebih jengat.


Suzuki GSX-R 50 ini memakai velg diameter 10 inch dengan lebar ban 3.5 inch. Cukup terlihat gambot melihat dari ukuran motornya. Suspensi depan teleskopik dengan pengereman depan cakram sementara yang belakang masih pakai teromol.



Terlihat GSX-R Mini ini sama ownernya dipasangin knalpot Yoshimura kalau dilihat dari logonya. Inyong ga ngerti tulisan Jepang euy, hehehe. Inyong cukup demen sama shape / bentuk spakbor depannya itu, sporty-macho gimana gitu, hehehe.

Dibanding dengan KSR 110, GSX-R 50 ini sasisnya udah cukup advance, berupa twin spar perimeter. Kalo bahasa kita "sasis deltabox". Jadi terlihat keker.


Motor ini mesinnya air cooled, tapi ada embel-embel SACS. Kalo di Satria FU, SACS itu oil coolernya. Tapi kalo di GSX-R 50 ini inyong ga reti di bagian mananya sistem pendinginan "advance" nya, apa mungkin sistem pelumasannya yang disempurnakan, emboh. Kalau Kangmas dan Mbakyu ada info boleh dishare di kolom komentar.


Kurang lebih beginilah kalau GSX-R 50 disandingkan dengan Suzuki Katana. Sama-sama kelihatan sporty cuma beda ukuran doank.


Dan ini kalau disandingkan dengan motor Kawasaki ZZR-1000 :



Dan ini ketika ditunggangi sama ownernya.



Oke sekian cerita singkat tentang Suzuki GSX-R versi mini, alias GSX-R 50 alias RB50 GAG, monggo komentarnya dan semoga bermanfaat, wassalamu'alaikum.


Komentar

Postingan Lain

Jenis-Jenis Swing Arm pada Sepeda Motor

Chassis : Owh… Baru Tahu Jadi Ini Pengaruh Panjang-Pendek Swing Arm Terhadap Keausan Ban

10 Macam Perbedaan Antara Head Silinder Jamus 3 Klep dengan Punya Honda Supra

Cara Pasang Kampas Kopling Honda All New CB150R Streetfire yang Baik dan Benar

Piston Alternatif Buat Pulsar 180, 200, 220 UG3/UG4 & NS200

Keunggulan dan Kelemahan Mesin Jamus Klep 3

Honda Supra Masuk Gigi 1 Motor Loncat, Ini Sumber Masalahnya...