Exhaust Sound : Ini lho Suara Knalpot Yamaha FZR 250 4 Silinder
Topiknya masih sama, yaitu tentang suara sndalpot mesin 4 silinder alias Inline Four. Sebelumnya kita udah bahas singkat tentang suara knalpot Kawasaki ZXR 250, yaitu motor Kawasaki 250 cc bermesin Inline Four yant bisa dibilang "simbahe" Kawasaki ZX25R.
Dan sekarang giliran kita ngomongin "simbahe" Vixion dan Byson, yaitu Yamaha FZR 250. Lho kok disebut "mbahe" Vixion dan Byson ? Kepriwek critane cah ?
Ngene Masdab (begini masbro), ini cuma pendapat pribadi saya kok. Jadi baik Yamaha FZR 250, Vixion, dan Byson itu masuk ke dalam keluarga FZ-series, bukan YZF
Vixion itu FZ150i
Byson itu FZ16
Beda dengan Yamaha R15, R25, yang menurut ane bisa dibilang "cucunya" Yamaha RZ250 yang pernah ane ulas di sini. Alias sesama Yamaha R-Series, yang kalau ditelusuri lebih jauh lagi maka akan ketemu sama nenek moyangnya, yaitu Yamaha RD500 V4 YPVS yang mana merupakan versi jalanannya dari YZR-500 nya Kenny Robert Sr.
Yamaha FZR 250 sendiri dibekali dengan mesin Inline Four 250cc 16 katup yang mana memiliki sudut kemiringan kepala silinder yang kalau dilihat dengan mata telanjang mencapai 45 derajat alias nyaris selonjoran.
Sudut mesin ekstrim ini sepertinya bertujuan supaya FZR 250 jago nikung zig-zag. Dan berdasar pengalaman ane naik motor dengan mesin selonjoran memang enteng buat zig-zag selap-selip di kemacetan dibanding yang bermesin tegak, IMHO.
Mesin FZR yang memiliki bore x stroke seuprit ini, yaitu 48 x 34.5 mm mampu menyemburkan tenaga maksimal sebesar 45 HP @14500 rpm dan torsi maksimum 25 N.m @11500 rpm.
Well... jika kita bandingkan dengan Kawasaki ZXR 250, Yamaha FZR 250 lebih torqy, akselerasi bawah lebih cepat tapi mungkin atasnya masih kalah dari ZXR 250 yang sedikit overbore dengan bore x stroke sebesar : 49 x 33.1 mm. Bedanya dikit sih, tapi kan ini 4 silinder, Kang, beda 0.5 mm bakal ngaruh banyak ketimbang yang 1 silinder, soalnya dikali 4, hehe.
Dan teknologi mesin Inline Four-nya FZR 250 inilah yang barangkali diturunkan ke Vixion dan Byson. Lha wong keduanya ada garis desain kemiripan, hehe. Mesin inline-4 tentu aja suaranya merdu kaya suara mobil. Buat dulur-dulur yang penasaran sama suaranya Yamaha FZR 250, yang bisa dibilang "simbahe" Yamaha Vixion dan Byson ini, monggo cek video di bawah ini :
Oke sekian pembahasan singkat dan opini saya tentang Yamaha FZR 250, semoga bermanfaat, wassalamu'alaikum.
Dan sekarang giliran kita ngomongin "simbahe" Vixion dan Byson, yaitu Yamaha FZR 250. Lho kok disebut "mbahe" Vixion dan Byson ? Kepriwek critane cah ?
Ngene Masdab (begini masbro), ini cuma pendapat pribadi saya kok. Jadi baik Yamaha FZR 250, Vixion, dan Byson itu masuk ke dalam keluarga FZ-series, bukan YZF
Vixion itu FZ150i
Byson itu FZ16
Beda dengan Yamaha R15, R25, yang menurut ane bisa dibilang "cucunya" Yamaha RZ250 yang pernah ane ulas di sini. Alias sesama Yamaha R-Series, yang kalau ditelusuri lebih jauh lagi maka akan ketemu sama nenek moyangnya, yaitu Yamaha RD500 V4 YPVS yang mana merupakan versi jalanannya dari YZR-500 nya Kenny Robert Sr.
Yamaha FZR 250 sendiri dibekali dengan mesin Inline Four 250cc 16 katup yang mana memiliki sudut kemiringan kepala silinder yang kalau dilihat dengan mata telanjang mencapai 45 derajat alias nyaris selonjoran.
Screenshot from video
Вячеслав Чистов under the CC-BY License
Sudut mesin ekstrim ini sepertinya bertujuan supaya FZR 250 jago nikung zig-zag. Dan berdasar pengalaman ane naik motor dengan mesin selonjoran memang enteng buat zig-zag selap-selip di kemacetan dibanding yang bermesin tegak, IMHO.
Screenshot from video
Вячеслав Чистов under the CC-BY License
Mesin FZR yang memiliki bore x stroke seuprit ini, yaitu 48 x 34.5 mm mampu menyemburkan tenaga maksimal sebesar 45 HP @14500 rpm dan torsi maksimum 25 N.m @11500 rpm.
Screenshot from video
Вячеслав Чистов under the CC-BY License
Well... jika kita bandingkan dengan Kawasaki ZXR 250, Yamaha FZR 250 lebih torqy, akselerasi bawah lebih cepat tapi mungkin atasnya masih kalah dari ZXR 250 yang sedikit overbore dengan bore x stroke sebesar : 49 x 33.1 mm. Bedanya dikit sih, tapi kan ini 4 silinder, Kang, beda 0.5 mm bakal ngaruh banyak ketimbang yang 1 silinder, soalnya dikali 4, hehe.
Screenshot from video
Вячеслав Чистов under the CC-BY License
Dan teknologi mesin Inline Four-nya FZR 250 inilah yang barangkali diturunkan ke Vixion dan Byson. Lha wong keduanya ada garis desain kemiripan, hehe. Mesin inline-4 tentu aja suaranya merdu kaya suara mobil. Buat dulur-dulur yang penasaran sama suaranya Yamaha FZR 250, yang bisa dibilang "simbahe" Yamaha Vixion dan Byson ini, monggo cek video di bawah ini :
Video Yamaha fzr250 stock exhaust by : Nomad Jo under the CC-BY License
Oke sekian pembahasan singkat dan opini saya tentang Yamaha FZR 250, semoga bermanfaat, wassalamu'alaikum.
Screenshot from Video DICDAISNIN RACINGサウンドを聞け 1989 ヤマハ・FZR250R 3LN YAMAHA・FZR-R 1989 YAMAHA・FZR250R 1989 ヤマハ・FZR250 by :
一二三渡辺 under the CC-BY License
Screenshot from Video DICDAISNIN RACINGサウンドを聞け 1989 ヤマハ・FZR250R 3LN YAMAHA・FZR-R 1989 YAMAHA・FZR250R 1989 ヤマハ・FZR250 by :
一二三渡辺 under the CC-BY License
Screenshot from Video DICDAISNIN RACINGサウンドを聞け 1989 ヤマハ・FZR250R 3LN YAMAHA・FZR-R 1989 YAMAHA・FZR250R 1989 ヤマハ・FZR250 by :
一二三渡辺 under the CC-BY License
disdeconfha Kelly Campos https://wakelet.com/wake/Ds4yU4Cl5vMuc2qO1uQkz
BalasHapusulmicootu
YsehipPgraphme-Denton Kurt Baker https://www.cerentatar.com/profile/andronicusjameyshya/profile
BalasHapuskeytuvedce
disoMinbu Jordan Shamoon Best
BalasHapusPrograms
nalematme