Exhaust Sound : Ini lho Suara Knalpot Yamaha FZR 250 4 Silinder

Topiknya masih sama, yaitu tentang suara sndalpot mesin 4 silinder alias Inline Four. Sebelumnya kita udah bahas singkat tentang suara knalpot Kawasaki ZXR 250, yaitu motor Kawasaki 250 cc bermesin Inline Four yant bisa dibilang "simbahe" Kawasaki ZX25R.

Dan sekarang giliran kita ngomongin "simbahe" Vixion dan Byson, yaitu Yamaha FZR 250. Lho kok disebut "mbahe" Vixion dan Byson ? Kepriwek critane cah ?


Ngene Masdab (begini masbro), ini cuma pendapat pribadi saya kok. Jadi baik Yamaha FZR 250, Vixion, dan Byson itu masuk ke dalam keluarga FZ-series, bukan YZF

Vixion itu FZ150i

Byson itu FZ16

Beda dengan Yamaha R15, R25, yang menurut ane bisa dibilang "cucunya" Yamaha RZ250 yang pernah ane ulas di sini. Alias sesama Yamaha R-Series, yang kalau ditelusuri lebih jauh lagi maka akan ketemu sama nenek moyangnya, yaitu Yamaha RD500 V4 YPVS yang mana merupakan versi jalanannya dari YZR-500 nya Kenny Robert Sr.

Yamaha FZR 250 sendiri dibekali dengan mesin Inline Four 250cc 16 katup yang mana memiliki sudut kemiringan kepala silinder yang kalau dilihat dengan mata telanjang mencapai 45 derajat alias nyaris selonjoran.

Screenshot from video 

Sudut mesin ekstrim ini sepertinya bertujuan supaya FZR 250 jago nikung zig-zag. Dan berdasar pengalaman ane naik motor dengan mesin selonjoran memang enteng buat zig-zag selap-selip di kemacetan dibanding yang bermesin tegak, IMHO.

Screenshot from video 

Mesin FZR yang memiliki bore x stroke seuprit ini, yaitu 48 x 34.5 mm mampu menyemburkan tenaga maksimal sebesar 45 HP @14500 rpm dan torsi maksimum 25 N.m @11500 rpm.

Screenshot from video 

Well... jika kita bandingkan dengan Kawasaki ZXR 250, Yamaha FZR 250 lebih torqy, akselerasi bawah lebih cepat tapi mungkin atasnya masih kalah dari ZXR 250 yang sedikit overbore dengan bore x stroke sebesar : 49 x 33.1 mm. Bedanya dikit sih, tapi kan ini 4 silinder, Kang, beda 0.5 mm bakal ngaruh banyak ketimbang yang 1 silinder, soalnya dikali 4, hehe.

Screenshot from video 

Dan teknologi mesin Inline Four-nya FZR 250 inilah yang barangkali diturunkan ke Vixion dan Byson. Lha wong keduanya ada garis desain kemiripan, hehe. Mesin inline-4 tentu aja suaranya merdu kaya suara mobil. Buat dulur-dulur yang penasaran sama suaranya Yamaha FZR 250, yang bisa dibilang "simbahe" Yamaha Vixion dan Byson ini, monggo cek video di bawah ini :


Oke sekian pembahasan singkat dan opini saya tentang Yamaha FZR 250, semoga bermanfaat, wassalamu'alaikum.










Komentar

Posting Komentar

Postingan Lain

Jenis-Jenis Swing Arm pada Sepeda Motor

Chassis : Owh… Baru Tahu Jadi Ini Pengaruh Panjang-Pendek Swing Arm Terhadap Keausan Ban

10 Macam Perbedaan Antara Head Silinder Jamus 3 Klep dengan Punya Honda Supra

Cara Pasang Kampas Kopling Honda All New CB150R Streetfire yang Baik dan Benar

Piston Alternatif Buat Pulsar 180, 200, 220 UG3/UG4 & NS200

Keunggulan dan Kelemahan Mesin Jamus Klep 3

Honda Supra Masuk Gigi 1 Motor Loncat, Ini Sumber Masalahnya...