2 Stroke : Yamaha R1 Bermesin Dua Tak ?

Eitsss... jangan salah sangka dulu dengan judul di atas ya Kang. Yamaha R1...sepintas di benak kita akan terbersit sebuah motor superbike Yamaha bermesin DOHC Inline Four Crossplane Crankshaft yang dipake sama Michael Van Der Mark di WSBK, ya nggak Kang ?


Well sebenernya ada juga Yamaha R1 lain yang mesinnya 2 tak. Wuttt ?? Yup inilah Yamaha R1-Z, yamaha R1 bermesin Parallel Twin 2 tak 250 cc YPVS. Lhoohhh.... tak kiro sewu sese cah, jebule.... (gue kira 1000 cc 2 tak, ternyata...)


Hehehe R1-Z bukanlah R1, bedanya jauuuh banget kayak lantai 1 dengan lantai 50. R1-Z ini bisa juga disebut Yamaha teralis karena emang sasisnya pakai pagar teralis model baja teralis tubular. Tapi biar gitu tarikannya ga bisa dianggap remeh Kang, tetep sadis lha wong ini 2 tak 2 silinder ya jambakannya sadis.

MESIN
Dibekali dengan mesin Parallel Twin 250 cc dengan katup YPVS (semacam Super KIPS). Yamaha overbore dengan bore x stroke 55.9 x 50.8 mm ini sanggup memuntahkan kuda (eh abis nelen kuda yah....becanda....) maksudnya tenaga kuda maksimal sebesar 45 HP @9500 rpm dan torsi maksimum sekitar 37 N.m @8500 rpm. Dan ini versi dibatasi yah (restricted) kalau aslinya sih konon bisa tembus 50HP++ (wuiih, hp apa aja tuh, hehe becanda...)


Kemampuan Yamaha R1-Z ini menurut ane sedikit di bawah Suzuki RGV 250 SP yang pernah ane bahas di sini, tapi wajar karena ini motor naked, penggunaannya lebih untuk harian fungsional atau sunmori, bukan trackday.


Untuk knalpot silincernya udah pakai bahan carbon. Transmisi 6 speed, kopling basah dan pengkabutan pakai 2 buah karburator.


Sekarang kita bandingkan dengan motor Parallel Twin 4 tak (soale ga ada yang 2 tak) yang ada di dalam negeri, yaitu temennya sendiri : Yamaha R25.

Yamaha RZ-1 3XC
Jumlah silinder : 2
Mekanisme katup : reed valve, YPVS
Bore x stroke : 55.9 x 50.8 mm
Tenaga puncak : 45 HP @9500 rpm (restricted)
Torsi puncak : 37 N.m @8500 rpm (restricted, approx)
Berat basah : 147 kg
PWR : 45 HP/147kg = 0.31 HP/kg (restricted)

Yamaha R25
Jumlah silinder : 2
Mekanisme katup : DOHC 8 valve
Bore x stroke : 60 x 44.7 mm
Tenaga puncak : 36 HP @12000 rpm
Torsi puncak : 22.6 N.m @10000 rpm
Berat basah : 166 kg
PWR : 36 HP/166kg = 0.27 HP/kg

Tuh kan PWR nya jauh banget, biarpun udah dikebiri tenaganya, Yamaha R1-Z tetap unggul jauh dari temennya sendiri, yaitu Yamaha R25. Apalagi R1-Z ini ada katup YPVS nya (Yamaha Power valve System), dimana akan menghasilkan "efek Super KIPS" di putaran tengah-atas. Katup YPVS ini ibarat VVA di Yamaha R15, Aerox dan GrandMax NMax. Denger-denger juga sih R1-Z ini top speed nya versi restricted aja tembus 200-an km/jam lhoh Kangmas, Mbakyu.


Emang sih perbandingannya enggak jeruk to jeruk, lebih kayak jeruk to apple, lha yang satu 2 tak 2 silinder YPVS, satunya lagi 4 tak 2 silinder DOHC 8 valve.

CHASSIS
Untuk rangka utamanya pakai baja tubular macam di Yamaha R25 dan MT25, atau kalau di Honda macam rangkanya CBR 250 R silinder jomblo, CBR 150 R, dan CB 150 R Streetfire. Dan barangkali justru R25 dan MT25 itu sasisnya diwariskan dari R1-Z ini, hmmm....


Suspensi depan model teleskopik dengan pengereman depan double disc, yup wong kekuatan R1-Z setara dengan motor 4 tak 600 cc-an 2 silinder. Suspensi belakang kemungkinan monocross dengan pengereman single disc.


Untuk ukuran ban depan belakang identik dengan punya R25 bahkan R15 VVA, yaitu depan 110/70-17 dan belakang 140/70-17, wah ganti ban Zeneos Turino mantap nih, secara motor naked dan seat height nya cukup bersahabat, yaitu 75 cm ke tanah, ga terlalu jinjit ah.


LIHAT-LIHAT
Oke buat Kangmas dan Mbakyu yang penasaran secara detail dari Yamaha R1-Z, bisa tengok video di bawah, o iya, R1-Z yang di video ini lampu depannya pakai cover produksi tahun 1992, jaman belum ada youtuber dan selebgram, huehehehe.


Sekian yang singkat ini, semoga bermanfaat, wassalamu'alaikum.



Komentar

Postingan Lain

Jenis-Jenis Swing Arm pada Sepeda Motor

Chassis : Owh… Baru Tahu Jadi Ini Pengaruh Panjang-Pendek Swing Arm Terhadap Keausan Ban

10 Macam Perbedaan Antara Head Silinder Jamus 3 Klep dengan Punya Honda Supra

Cara Pasang Kampas Kopling Honda All New CB150R Streetfire yang Baik dan Benar

Piston Alternatif Buat Pulsar 180, 200, 220 UG3/UG4 & NS200

Keunggulan dan Kelemahan Mesin Jamus Klep 3

Honda Supra Masuk Gigi 1 Motor Loncat, Ini Sumber Masalahnya...