Modification : Honda RS 1000 by Darvill Spondon

Hello gaes (wih macam yutuber ajahh...). Ini ada sebuah motor lejend, mesinnya DOHC 4 silinder segaris berpendingin udara. Well... ini termasuk mongtor yang infonya di internet minim, sampe harus "diobok-obok" (emang wastafel. hehehe).

CERITA DIKIT
Namanya Honda RS 1000. Di zamannya motor ini masuk kategori superbike yang siap tempur (ready to race). Dibekali dengan sasis model diamond-double cradle ala-ala Ninja 250 karbu yang lebih rigid dari pendahulunya, yaitu Honda CB900. Cuma kalo Ninja 250 karbu mesinnya menggantung, ngga ada double cradlenya. Sssstt... gitu-gitu handlingnya lebih baik lhoh ketimbang Honda NS500 yang sasisnya udah aluminium.

(Honda RS 1000)

Yupz, motor ini (Honda RS 1000) basisnya dari Honda CB900. Bedanya di kapasitas mesin yang ditingkatkan jadi 1000-an cc dan sasisnya lebih rigid dan speknya udah ready to race. Ya bisa dibilang versi upgradenya. Kalau mau tahu bentuknya Honda CB900, ini dia :

(Honda CB900, "embahnya" GL-Pro Neotech)

Sedikit iseng, kalau sobat perhatikan gambar Honda CB900 di atas, dari lekuk tangki, sokbreker depan, body samping, hingga body belakang, mirip banget sama Honda GL-Pro Neotech lhoh, hehehe. Jadi mungkin bisa dibilang CB900 ini "embahnya" GL-Pro Neo Tech yang merupakan "rajanya Bromo" itu.

Kita bahas sedikit soal speknya Honda RS 1000 yang diproduksi tahun 1980-an ini. Motor ini memiliki dapur pacu berupa sebongkah mesin 4 silinder segaris DOHC berpendingin udara. Pada masanya umumnya moge-moge sport waktu itu emang belum pada pakai radiator, tapi walaupun cuma andelin angin sepoi-sepoi masih mampu juga ya buat "ngademin" mesin 100 HP ++ nya itu, hmmm....

Honda RS 1000 memiliki kapasitas asli 1024 cc dengan tenaga maksimum mencapai sekitar 150 tenaga kuda di 11000 rpm dan torsi maksimum 10.6 Kgf.m di 9000 rpm dengan bobot lebih enteng ketimbang Ninja 250 karbu, yaitu 165 kg doank. Uenteng polllll. Ya spek segitu termasuk super kencang di jamannya, yaaa kira-kira setara dengan Ducati Panigale V4R kalau di zaman now lah.

Dan lawan dari RS-1000 di masanya selain Kawasaki KZ-1000, adalah motor-motor 2 tak buas 500cc & 750cc, macam Yamaha TZ 750 atau mungkin Kawasaki KH 750 Mach IV. RS-1000 ini menang di akselerasi tapi top speed masih sedikit kalah dibanding TZ 750.

MODIFIKASI HONDA RS-1000 BY DERVILL SPONDON
Nah di bawah ini ada sebuah unit Honda RS-1000, atau tepatnya Honda RSC yang sudah dimodif buat keperluan balap oleh Dervill Spondon, simak yukzzz...

Ini dia tampang Honda RSC versi Dervill Spondon, keren khaaan.... Yupz buat penyuka desain Neo-Classic macam inyong ya keren pake bingitzzz. Motor ini udah disetting buat event-event balap, jadi udah siap tempur lah. Tentu mesinnya udah ditune-up sedemikian rupa, terlihat dari penggunaan knalpot resing tabung panjang merk Hindle.


Untuk pengereman depan sepertinya dobel disc nya masih mempertahankan bawaannya tapi dengan posisi kaliper yang dibalik jadi di depan. Hmmm.... posisi beginian cenderung bikin motor gampang stoppie, karena gaya dorong dari kaliper "tidak terhalang" oleh sok depan yang masih andalkan model teleskopik itu.

by : Darvill Racing under the CC-BY License

Untuk kaki-kaki belakang, sudah menggunakan swing arm custom dengan "tulangan" di bawah. Biasa disebut dengan Under-Brace, ini mengingatkan kita akan bentuk swing-arm nya Kawasaki Ninja RR 150 Super KIPS. Dan swing arm ini tipe "quick-change", maksudnya roda belakang bisa dibongkar-pasang dengan sangat cepat, ya namanya balapan kan butuh cepet, ketika mau ganti ban haruslah ngga pake slowmotion, hehehe. Itu terlihat dari model pengunci as roda belakangnya, lihat nih...

by : Darvill Racing under the CC-BY License

Rangkanya sendiri sudah dikasih reinforce atau tulang penguat di sisi kiri dan kanan blok silindernya.  Rangka belakang sepertinya juga custom buat mengejar bobot yang enteng. Kalau mesinnya ane yakin udah dituning setelan balap, entah kaya gimana ubahannya ane ga dapet info. Tapi bisa dikenali lewat penggunaan filter model jamurnya itu lhoh yang nggak jamuran (opo thooo...). Dan satu lagi, mesin Honda RSC ini udah pake kopling kering lhooh, lihat aja bak kopling sebelah kanannya nih...

by : Darvill Racing under the CC-BY License

by : Darvill Racing under the CC-BY License

Dan yang bikin ane penasaran adalah adanya semacam komponen berbentuk seperti radiator di bagian cockpit. Itu beneran radiator, oil cooler, atau apa ya, apa jangan-jangan radio, entahlah, hehehe becanda.

by : Darvill Racing under the CC-BY License

by : Darvill Racing under the CC-BY License

Yupzz, mungkin segitu aja yang bisa ane ceritain, barangkali kalo Kangmas dan Mbakyu sekalian punya informasi lain soal motor ini bisa dishare di marih. Dan ini video Honda RS-1000 / RSC oleh Darvill Spondon :


by : Darvill Racing under the CC-BY License

Sekian. semoga bermanfaat, wassalamu'alaikum.

by : Darvill Racing under the CC-BY License


Komentar

Postingan Lain

Jenis-Jenis Swing Arm pada Sepeda Motor

Chassis : Owh… Baru Tahu Jadi Ini Pengaruh Panjang-Pendek Swing Arm Terhadap Keausan Ban

10 Macam Perbedaan Antara Head Silinder Jamus 3 Klep dengan Punya Honda Supra

Cara Pasang Kampas Kopling Honda All New CB150R Streetfire yang Baik dan Benar

Piston Alternatif Buat Pulsar 180, 200, 220 UG3/UG4 & NS200

Keunggulan dan Kelemahan Mesin Jamus Klep 3

Honda Supra Masuk Gigi 1 Motor Loncat, Ini Sumber Masalahnya...