Modifikasi : ZX-636 Sasis Tubular buat Freestyle

Halloo guys, mari kita merapat dan ngopi bareng. O iya mie goreng telor satu, gorengan 3. Lhohh... iki kok inyong macam mau nonton motojipi di warkop bae. Musim 2020 kan masih beberapa bulan lagi, hehe, guyon Mas... guyon.... ben ora sepaneng. Btw makan gorengan jangan sering-sering, nanti bisa kolesterol, ngopi juga jangan kebanyakan, takutnya darah tinggi. Mie instan juga maksimal seminggu sekali aja, zat kimia di bumbunya itu ga bagus buat tubuh kalo sering-sering dikonsumsi. Ehhh... bentar...bentar.... iki inyong malah bahas kesehatan, bukane iki blog motor yoh ?? Huahahaa....


Oke lupakan sejenak mie goreng, gorengan, dan kopi itemnya sejenak. Kali ini ane mau bahas mongtor sport Kawasaki ZX-25R ZX-636R, atau Ninja 636 cc bermesin DOHC 16 klep 4 silinder segaris yang dimodifikasi buat keperluan freestyle. Ninja yang cc-nya 600 mililiter lebih 36 ini emang populer di kalangan stuntrider, itu lhoh freestyler. Karena tenaga mesin mendekati mesin 750 cc tapi bobotnya "cuman" seberat motor 600 cc pada umumnya.


Motor Ninja ZX-636 ini adalah milik Mindaugas Babelis, ini instagramnya @mbabelis kalo mau kepo, eh akunnya private yah. Ubahan yang dilakukan di ZX-636 ini intinya sih :

(1) Ergonomi yang "pas" buat freestyle
(2) Akselerasi yang siap buat pecicilan
(3) Handling dan pengereman yang siap buat berbagai "jurus" freestyle


UBAHAN 1 : Rangka
ZX-636 ini rangkanya total bikin baru. Balungan twin spar bawaanya dilengserkan diganti dengan balung iwak pitik rangka pipa tubular alias teralis kalau bahasa kita. Kita ? Elo aja keless... becanda. Unik, wong di motojipi aja Ducati ninggalin rangka pipa tubular dan berganti ke rangka aluminium twin spar lha ini malah kebalikannya. Beda masbro, freestyle justru butuh chassis ringan yang lentur, kan motor freestyle itu "dibanting-banting", jadi balungan harus lentur bisa menyerap hentakan & benturan dengan baik.



UBAHAN 2 : Sokbreker
Supaya bisa ngeluarin "jurus" stoppie maksimal, suspensi depan orisinal diganti pake upside-down punya Fast MX warna emas, kelihatannya diameter fork lebih gede dari orisinalnya. Disinyalir sokbreker upside-down ini setelannya udah pas buat freestyle.



UBAHAN 3 : Rem
Tak lupa rem depan di-upgrade, keliatan dari selang rem dan master remnya, kaliper dan kampas rem sih harusnya juga upgrade, tapi kurang tahu juga apakah masih pake Nissin bawaannya. Rem belakang nih terutama, freestyler sangat mengandalkan rem belakang buat manuvernya. Ubahan di rem belakang ZX-636 ini lebih extrim ketimbang ubahan di rem depan, terlihat di situ pakai 3 biji kaliper dengan cakram belakang yang ukurannya mendekati ukuran cakram depan. Braket kalipernya terlihat itu pake proses CNC machining dengan material aluminium seri 7000 harusnya. Kalo seri 6000 ke bawah lebih lembek. Swing arm belakang model banana juga diubah pake aftermarket, model-model Delkevic gitu, tapi ane ga tahu merknya apa kalo di ZX-636 ini.



UBAHAN 4 : Fairing dan Body
Fairing total dirombak, termasuk tangki dan body belakang. Sepertinya pake fiberglass yang lebih enteng dan lentur, jadi kalo jatuh ga pecah berkeping-keping kaya plastik ABS. Dan tentu saja lubang air ram di depan berubah fungsi jadi lubang buat ngintip, atau buat penyejuk ridernya, hehehe. Tak lupa pemasangan frame guard di kiri-kanan untuk melindungi dari crash. Juga pemasangan "jalu" di tempat yang tadinya footstep boncengers buat pijakan kaki saat standing wheelie sih biasanya. Di situ juga bisa kita lihat gir belakang ukurannya gueedeeee, ini bikin tarikan bawah amat sangat jengat, tapi kedodoran di top speed, tapi namanya freestyle kan yang dikerjar akseleraasi, bukan top speed, hehe.



UBAHAN 5 : Mesin
Untuk mesin tentu ane yakin udah dituning ulang biar bisa menghasilkan akslelerasi super spontan dengan mengorbankan top speed tentunya. Jadi semua tenaga difokuskan di putaran bawah. Hasilnya mesin cepat teriak dan gampang jengat.

FREESTYLE
Oke motor udah dimodifikasi sedemikian rupa, sekarang saatnya kita freestyle...
Pertama TENTU riding gear yang lengkap biar badan aman pas pecicilan, lalu isi bensin dulu, pastinya oktan tinggi yah, biar ngga jebol mesinnya. Lalu nyalain mesin.



AKSI 1 : Standing Wheelie
Ini gerakan ngangkat ban depan sambil motornya jalan sambil orangnya berdiri di atas motor dengan satu kaki di "jalu" belakang dan satu kaki di pijakan khusus yang dibikin di bekas jok boncengers. Nah gir belakang yang besar salah satu fungsinya biar roda depan gampang ngangkat.



AKSI 2 : Power Slide
Power Slide itu tuh belok pakai roda belakang, ciri-ciri motor yang belok pakai teknik ini, misal ketika belok kiri setangnya malah mengara ke kanan, karena ban belakang geser ke kanan, demikian sebaliknya. Ini kaya tekniknya Stoner waktu mengendalikan Ducati Desmosedici yang terkenal susah belok, ya dibelokin pake teknik ini. Well Rossi sebenernya juga bisa pake jurus ini (Power Slide), dia beberapa kali gunakan jurus itu buat ngontrol Honda RC211V 5 silindernya waktu dia di Honda musim GP 4 tak 2002-2003 tapi karena itu bukan gaya naturalnya, maka Rossi pake teknik ini ngga sesering Stoner. Gear belakang yang besar juga punya fungsi di sini, kan beloknya sambil ngerem, kalo gear belakang kecil torsinya ngga akan kuat muter roda belakang yang digas sambil direm. Oh iya rem belakang 3 kaliper tadi juga berfungsi buat ngontrol manuver motor pas power slide tadi.



AKSI 3 : Burn Out
Ini nih, aksi yang bikin ban jebol, alias aksi bakar ban, yaitu mamutar ban belakang dengan cara rem depan ditekan maksimal sambil digaspoll sehingga ban belakang berputar dan berasap karena "digerus" terus-terusan. Aksi burn out juga bisa dilakukan sambil jalan, nah itu dia fungsi rem belakang yang di-upgrade jadi 3 kaliper tadi.



AKSI 4 : Stoppie
Sebenernya ada 1 aksi wajib lagi nih, yaitu ngangkat ban belakang dengan cara meremas rem depan, tapi ga diperlihatkan di sini, hehe. Rem depan yang diupgrade punya peran di sini.

Wokree Kangmas dan Mbakyu, di bawah ini ada video overview ZX-636 ini dan juga aksi freestyle ridernya, cekidot :


Sekian yang singkat ini, semoga bermanfaat, wassalamu'alaikum.

Komentar

Postingan Lain

Development : Perancangan Yamaha FZ-25 - Sodaranya Scorpio tapi Bermesin 250 cc

Engine : Proses Pemasangan Kepala Silinder DOHC Variasi Buat Yamaha Vixion/R15/MX-King dan Saudaranya

2 - Stroke : Gantengnya RGV 250 Ini, Koq Ngiler yaa...

Engine : Motor Mini Bermesin Ducati

Exhaust Sound : Suara Knalpot Yamaha R6 Lawas yang Makdezingng...

Begini Nih Kalau Mobil Pickup Pakai Mesin Suzuki Hayabusa

Syarat Agar YZR-M1 Kencang Lagi