Engine : Mengganti Pilot Jet Kawasaki KZ 650
Atau bisa juga disebut Kawasaki Z650. Motor legend satu ini merupakan versi "pertengahan" dari keluarga KZ-Series, karena cc-nya yang 650 cc. KZ-series ada yang 1000 cc (artikel ini), 900cc, 650cc (yang kita bahas sekarang), 400 cc, 200cc (Binter Merzy kalo di tempat kita).
CERITA DIKIT
Motor ini "lahir" sekitar tahun 70an akhir hingga 80an awal. Mesinnya DOHC 4 silinder segaris berpendingin angin sepoi-sepoi, terlihat dari sirip-sirip di sekujur head dan blok silindernya. Yapss pada masa itu emang moge-moge sport masih menerapkan pendingin udara buat mesinnya, bahkan Honda CBX 1000 yang 6 silinder segaris DOHC 24 valve ini.
Balik ke Kawasaki KZ-650. Mesinnya identik sama mesin abangnya KZ-1000 dimana walaupun udah DOHC, tapi jumlah klep di tiap silindernya cuma 2 biji lhoh Kang. Beneran...
KOMPARASI MESIN DENGAN "CUCUNYA"
Yang ane maksud "cucunya" adalah si Z-650 yang bermesin parallel twin. Yukk kita simak...
Mesin Kawasaki KZ-650
Jumlah silinder : 4
Bore x stroke : 62 x 54 mm
Rasio kompresi : 9.5 : 1
Transmisi : 5-speed
Tenaga maksimum : 62 HP @8500 rpm
Torsi maksimum : 56 N.m @7000 rpm
Berat basah : 220 kg
PWR : 62 HP / 220 kg = 0.282 HP / kg
Mesin Kawasaki Z650
Jumlah silinder : 2
Bore x stroke : 83 x 60 mm
Rasio kompresi : 10.8 : 1
Transmisi : 6-speed
Tenaga maksimum : 67.3 HP @8000 rpm
Torsi maksimum : 65.7 N.m @7000 rpm
Berat basah : 187 kg
PWR : 67.3 HP / 187 kg = 0.359 HP / kg
Di sini terlihat kalau Kawasaki Z650 unggul dari Kawasaki KZ650 walaupun jumlah silindernya "cuman" 2, baik dari segi tenaga maupun torsi. Walaupun 4 silinder tapi KZ-650 masih menganut teknologi era 70-80 an, beda dengan Z650 yang udah menganut teknologi zaman now, so tiap zaman punya teknologi top pada masanya.
GANTI PILOT JET 15 ke 17
Okree Kangmas dan Mbakyu, sekarang kita tengok proses penggantian pilot jet nya KZ-650 ini dari ukuran 15 ke 17. Yapss digedein biar lebih ngacir pastinya dan tentunya ABS (Agak Boros Sedikit). Ah masa moge masih mikirin irit sih ? Hehehe.
Pertama copot mangkukmie ayam karbunya dulu. Oh iya moge sport lawas masih pake karbu, belum injeksi.
Setelah mangkuk karbu dilepas, bensin yang ada di mangkuknya dituang lagi ke tangki bensin, eman atuh kalo dibuang.
Lalu disiapkanlah pilotpesawat jet ukuran 17. Weh, ini pake kaca pembesar segala ngeceknya, kaya dokter aja, hehehe.
Setelah itu pilot jet ukuran 17 dipasang ke karbunya, mangkuknya dipasang, dan diatur setelan angin di keempat karbunya, selesai deh.
Yupz, demikianlah cerita singkat tentang Kawasaki KZ-650 dan proses ganti pilot jetnya, buat Kangmas dan Mbakyu yang masih penasaran bisa tengok di video di bawah ini, semoga bermanfaat, wassalamu'alaikum.
Screenshot from Video Pilot Jets 1978 Kawasaki KZ650 C2 Motorcycle by : Jeff Werner under the CC-BY License
CERITA DIKIT
Motor ini "lahir" sekitar tahun 70an akhir hingga 80an awal. Mesinnya DOHC 4 silinder segaris berpendingin angin sepoi-sepoi, terlihat dari sirip-sirip di sekujur head dan blok silindernya. Yapss pada masa itu emang moge-moge sport masih menerapkan pendingin udara buat mesinnya, bahkan Honda CBX 1000 yang 6 silinder segaris DOHC 24 valve ini.
Balik ke Kawasaki KZ-650. Mesinnya identik sama mesin abangnya KZ-1000 dimana walaupun udah DOHC, tapi jumlah klep di tiap silindernya cuma 2 biji lhoh Kang. Beneran...
KOMPARASI MESIN DENGAN "CUCUNYA"
Yang ane maksud "cucunya" adalah si Z-650 yang bermesin parallel twin. Yukk kita simak...
Mesin Kawasaki KZ-650
Jumlah silinder : 4
Bore x stroke : 62 x 54 mm
Rasio kompresi : 9.5 : 1
Transmisi : 5-speed
Tenaga maksimum : 62 HP @8500 rpm
Torsi maksimum : 56 N.m @7000 rpm
Berat basah : 220 kg
PWR : 62 HP / 220 kg = 0.282 HP / kg
Screenshot from Video Pilot Jets 1978 Kawasaki KZ650 C2 Motorcycle by : Jeff Werner under the CC-BY License
Mesin Kawasaki Z650
Jumlah silinder : 2
Bore x stroke : 83 x 60 mm
Rasio kompresi : 10.8 : 1
Transmisi : 6-speed
Tenaga maksimum : 67.3 HP @8000 rpm
Torsi maksimum : 65.7 N.m @7000 rpm
Berat basah : 187 kg
PWR : 67.3 HP / 187 kg = 0.359 HP / kg
Screenshot from Video Test Pô KAWASAKI Z650 AKRAPOVIC by : Tòn Phiêu Lưu Ký under the CC-BY License
Di sini terlihat kalau Kawasaki Z650 unggul dari Kawasaki KZ650 walaupun jumlah silindernya "cuman" 2, baik dari segi tenaga maupun torsi. Walaupun 4 silinder tapi KZ-650 masih menganut teknologi era 70-80 an, beda dengan Z650 yang udah menganut teknologi zaman now, so tiap zaman punya teknologi top pada masanya.
GANTI PILOT JET 15 ke 17
Okree Kangmas dan Mbakyu, sekarang kita tengok proses penggantian pilot jet nya KZ-650 ini dari ukuran 15 ke 17. Yapss digedein biar lebih ngacir pastinya dan tentunya ABS (Agak Boros Sedikit). Ah masa moge masih mikirin irit sih ? Hehehe.
Pertama copot mangkuk
Screenshot from Video Pilot Jets 1978 Kawasaki KZ650 C2 Motorcycle by : Jeff Werner under the CC-BY License
Setelah mangkuk karbu dilepas, bensin yang ada di mangkuknya dituang lagi ke tangki bensin, eman atuh kalo dibuang.
Screenshot from Video Pilot Jets 1978 Kawasaki KZ650 C2 Motorcycle by : Jeff Werner under the CC-BY License
Lalu disiapkanlah pilot
Screenshot from Video Pilot Jets 1978 Kawasaki KZ650 C2 Motorcycle by : Jeff Werner under the CC-BY License
Setelah itu pilot jet ukuran 17 dipasang ke karbunya, mangkuknya dipasang, dan diatur setelan angin di keempat karbunya, selesai deh.
Screenshot from Video Pilot Jets 1978 Kawasaki KZ650 C2 Motorcycle by : Jeff Werner under the CC-BY License
Yupz, demikianlah cerita singkat tentang Kawasaki KZ-650 dan proses ganti pilot jetnya, buat Kangmas dan Mbakyu yang masih penasaran bisa tengok di video di bawah ini, semoga bermanfaat, wassalamu'alaikum.
Komentar
Posting Komentar