Modifikasi : Begini Nih Kalo Honda CB 1300 Super Four pake Knalpot bikinan Moriwaki

Hallooo Kangmas dan Mbakyu yang budiman, tahu ga sih kalo inyong ganteng sekalee ??? (Dan netizen pun bersiap ngumpulin batako, beling,  dan kerikil, huahahaha...). Oke lupakan...

Tahu ga sih kalo Honda punya motor keren nan legend yang kemungkian besar siluet desainnya dipakai di Honda Mega Pro Primus ? Mau tahu ?? Mau bangeeetttt ????

Ya inilah Honda CB 1300 Super Four, motor sport touring bermesin DOHC 16 klep Inline Four yang torqy abisss. CB 1300 ini juga pernah ane bahas di artikel ini. Tapi itu keluaran tahun 2003-2004. Sedangkan CB 1300 yang ini versi lebih lawas tahun 1997-1998 dan udah modifan dengan knalpot Moriwaki dipasang di motor ganteng ini, wiidiiihhhh....cekidot...


CERITA DIKIT
Sedikit ngomongin motor legend satu ini. Ini mongtor awalnya dirancang sebagai lawannya Yamaha V-Max dengan mesin V4- nya (beneran mesinnya V4 kaya RCV) yang terkenal ganas akselerasinya. Tapi beda dengan V-Max, CB1300 ini pakai konvigurasi mesin Inline Four.


Ada perbedaan bentuk mesin untuk CB 1300 tahun 1998 dengan CB 1300 tahun 2004. Di mana versi 1998, yaitu jamannya krisis moneter (krismon) di tanah air, mesin liquid cooled nya masih ada sirip-sirip silinder selayaknya mesin berpendingin angin, sedangkan versi 2004 yaitu jamannya album Peterpan booming, blok mesin dan kepala silindernya udah ga pakai sirip lagi, mulus semulus wajah ane yang ganteng ini (gubrak).


CB 1300 ini jenisnya sport-touring. Kekuatan mesinnya lebih ke torsi daripada power. Dan "rasa" torsinya.... ada badaknya udah kayak torsinya truk lhoh, Kang. Maksudnya jengat bingitzzz. Jadi kebayang motor ini motor perkasa yang sanggup mengangkat beban berat. Kalo diibaratkan orang ya binaragawan yang punya badan berotot.


Ada satu hal yang unik dari CB 1300 ini, coba Kangmas dan Mbakyu perhatikan baik-baik arm belakangnya. Yupzz arm belakang masih menganut sokbreker ganda tapi udah pake Pro-Link, sangar kan, huehehehe. Dobel sok tapi Pro-Link getooohhh...


KOMPARASI MESIN CB 1300 VS MESIN V-MAX
Inline Four vs V-Four. Begitulah ceritanya. Rada unik juga ya, wong biasane sing nganggo mesin V4 kie yo Honda, yen Yamaha nganggone mesin I4, jadi kebalik nih ceritanya, hehe, gpp lah sesekali kebalik ndak apa-apa. Dan mesin Yamaha V-Max yang ane komparasikan di sini adalah mesinnya V-Max tahun 1985-2007 yang mana masih 1200 cc dari penggunaan piston 76 mm. Wehhh ukurannya sama kaya seher-nya CBR 250 silinder jomblo nih.

Kalo V-Max 2008 sampai sekarang mesinnya udah 1700 cc dari penggunaan piston 90 mm. Nah Kangmas, berikut ini adalah perbandingan performa dari 2 jagoan touring bikinan negeri sakura ini :

Mesin Honda CB 1300 SC40 (Mesin 1997-1998)
Jenis mesin : 4 silinder segaris
Noken dan klep : DOHC 16 klep
Kapasitas silinder : 1284 cc
Bore x stroke : 78 x 67.2 mm
Rasio kompresi : 9.6 : 1
Tenaga maksimum : 114 HP @7500 rpm
Torsi maksimum : 117 N.m @6000 rpm
Transmisi : 5-speed
Berat basah : 246 kg
PWR : 114 HP / 246 kg = 0.463 HP / kg


Mesin Yamaha V-Max 1200 (Mesin 1985-2007)
Jenis mesin : 4 silinder V 70°
Noken dan klep : DOHC 16 klep
Kapasitas silinder : 1197 cc
Bore x stroke : 76 x 66 mm
Rasio kompresi : 10.5 : 1
Tenaga maksimum : 145 HP @9000 rpm
Torsi maksimum : 112.7 N.m @7500 rpm
Transmisi : 5-speed
Berat basah : 274 kg
PWR : 145 HP / 274 kg = 0.529 HP / kg



Okree sekarang coba kita "seduh" infotmasi di atas. Dan di sini ane fokuskan ke performa mesin aja, ga pake konsumsi bbm. Moge mosok masih mikirin irit, ya nggak, hehe.


Dari segi PWR mesin V-Max unggul jauh ketimbang CB 1300, artinya V-Max akan memiliki top speed yang lebih tinggi dan akselerasi putaran atas yang lebih dahsyat ketimbang CB 1300. Jadi passing ability-nya lebih bagus V-Max. Passing ability itu klo yang belum tahu, gampangnya kemampuan nyalip bis/tronton yang lagi kenceng.


Tapiii dari segi akselerasi awal, CB 1300 ini unggul dibanding V-Max. Selain dari karakter bawaan mesin Inline Four, juga karena torsi CB 1300 diperoleh di rpm yang lebih rendah ketimbang V-Max. Demikian pula dengan powernya, "cuman" 114 HP, tapi diperoleh di rpm yang lebih rendah dari V-Max.


So jika diadu drag, secara teori CB 1300 akan unggul di start awal sampai rpm 6000-an, selebihnya dilibas sama V-Max. Yup V-Max pakai mesin V4 yang karakternya emang lebih bertenaga ketimbang mesin Inline Four. Dan sekarang malah format V4  itu dipakai sama Marc Marquez di RC213V. Malah YZR-M1 yang pakai Inline Four, hmmm....


Anyway... gimana yah kalo mesin Yamaha V-Max 1200 dipasang di chassis Honda CB 1300 ? Seru kayaknya, hehehe.....

KNALPOT MORIWAKI
Oke kita udah muter-muternya, sekarang kembali ke judul artikel ini, yaitu gimana sih bentuknya Honda CB 1300 Super Four kalo dipasangin knalpot Moriwaki ? Seperti kita tahu Moriwaki pernah nimbrung di era MotoGP 990cc dan juga nimbrung di tahun 2019 sebagai perpanjangan tangan HRC di kejuaraan WSBK. Jadi reputasi Moriwaki ga usah diragukan lagi, udah kesohor.


Knalpot yang dipasang adalah Moriwaki Special Edition - ZERO. Knalpot ini jenis bersilencer panjang, dan emang seharusnya motor neo classic macam CB 1300 pakai model knalpot ginian nih, kurang cocok kalo model knalpot pendek apalagi underbelly.


Silencernya terlihat udah dilapisin pakai karbon. Karbon asli lhoh bukan stiker apalagi karbonmonoksida, eh....
Di videonya waktu ane dengerin deru suara CB 1300 yang pake knalpot ini, suaranya tuh.... ngebas gahar dan ada siulannya gitu. Kurang lebih gini : "...dzzwiing...dzzwwiiingng...dzzwwwiiiingngngng..." coba dengerin deh video di bawah, lebih bagus pakai headset, suaranya lebih jelas. Ini videonya :


Oke sekian, semoga yang singkat ini bermanfaat, wassalamu'alaikum.


Komentar

Postingan Lain

Cara Pasang Kampas Kopling Honda All New CB150R Streetfire yang Baik dan Benar

Chassis : Owh… Baru Tahu Jadi Ini Pengaruh Panjang-Pendek Swing Arm Terhadap Keausan Ban

10 Macam Perbedaan Antara Head Silinder Jamus 3 Klep dengan Punya Honda Supra

Jenis-Jenis Swing Arm pada Sepeda Motor

Honda Supra Masuk Gigi 1 Motor Loncat, Ini Sumber Masalahnya...

Bore Up & Stroke Up Si Kebo Jadi 260 cc (Bajaj Pulsar 260 cc)

Piston Alternatif Buat Pulsar 180, 200, 220 UG3/UG4 & NS200