Modification : Kawasaki Z1-R ini Modifnya Simple tapi Gahar

Hallo Kangmas dan Mbakyu yang budiman, ketemu lagi dengan ane yang tampan ini (di manakah sendal swallow bersembunyi ? ). Okre kali ini kita obrolin lagi salah satu motor legend dari Kawasaki, yaitu Kawasaki Z1-R 1000.



CERITA DIKIT
Sedikit cerita soal Z1-R 1000. Ini dulunya merupakan motornya Pak Pol di luar negeri sono. Motor yang punya kedekatan dengan Kawasaki KZ-1000 ini diproduksi pada rentang tahun 1978-1980 (wahhh belum ada instagram tuh, hehe). Z1-R 1000 memiliki garis desain yang identik dengan Binter Merzy KZ-200 kalo di tempat kita (ya ialah wong Z1-R ini "embahnya"). Bedanya yang bisa dilihat sepintas dengan KZ-1000 adalah kalau Z1-R ini lampu depannya pakai hijab. Pada masanya, lawan sepadan dari Kawasaki Z1-R 1000 ini adalah Honda CBX 1000 6 silinder, Suzuki GS1100, dan Yamaha XS11.

MESIN
Kalau mesinnya tetap menggunakan mesin DOHC Inline Four berpendingin udara + oil cooler. Emang sih pada masanya model pendinginan kaya gini populer, dan sejujurnya justru lebih simpel daripada radiator lhoh, lihat aja tuh Satria FU karbu, Pulsar 220. Ketika lihat mesin Z1-R ini sepintas kaya mesinnya Satria FU karbu yang versi Inline Four, hehehe.

Ada yang unik, mesinnya Z1-R ini DOHC tapi "cuman 2 klep" per silindernya, sama kaya motor ini. Jadi semacam SOHC rasa DOHC, atau DOHC hybrid ? Hmm,,, inyong ga reti, mungkin rika luwih reti ?

Mesin Z1-R dengan bore x stroke sebesar  69.4 x 66 mm ini mampu memuntahkan tenaga puncak sebesar 94HP @8000 rpm dan torsi puncaknya 8.7 kgf.m @7000 rpm yang disalurkan ke transmisi 5-speed nya. Termasuk hi-rev di masanya, beda sama CB1300 yang termasuk torqy.



MODIFIKASINYA
Sekarang Kangmas dan Mbakyu bisa tengok Z1-R 1000 yang udah dimodifikasi ini. Modifnya simpel banget ga neko-neko tapi hasilnya warbiyasahhh gahar klo menurut ane pribadi.

AREA MESIN 
Mesinnya padet bener Kang. DOHC Inline four getoh. Ya kurang lebih mesinnya ZX-25R nanti layoutnya mirip kaya gini tapi dimensinya lebih kecil. Mesinnya sendiri sudah mengaplikasikan karburator dengan powerjet yaitu karbu Mikuni TMR-MJN, harusnya pakai yang venturinya 40, soalnya aslinya "cuman" Mikuni VM28SS yang mana itu masih model vakum. Dan karbu Mikuni TMR-nya dilengkapi dengan corong velocity stack tanpa filter, mungkin udara di sana ga banyak debu.


Terlihat di sekitar blok silinder ada 2 selang gede yang melintang. Sepertinya itu selang oil cooler. Entah kenapa dibikin kaya gitu, mungkin oil coolernya udah di-upgrade supaya lebih bisa ngademin suasana hati mesin DOHC Inline Four-nya Z1-R.


Knalpotnya pakai aftermarket model slip-on bermerk RGS (Racing Garage Satako Tuning Special). Kelirnya ajib, model pelangi gitu. Formatnya 4-1 deh kayaknya. Silencernya termasuk kecil untuk ukurannya. Ini mengingatkan ane akan knalpot merk Sakura buat Yamaha Vixion dan R15.



Suspensi depan yang asli diganti pake punya Ohlins, masih model teleskopik dengan tabung dalam difinishing warna emas dan sepertinya bisa disetel preloadnya soalnya ane lihat ada kaya tuas [engatur di segitiga atas di ujung atas tabung sok-nya. O iya Kang, tabung bawahnya sudah pakai dudukan kaliper model radial lhoh, jadi walaupun masih teleskopik tapi kalipernya bisa pakai radial monoblok niyyy.





Untuk suspensi belakang tetap mempertahankan dobel sok merk Ohlins juga dengan tabung kanister. Swing armnya juga udah diganti pake yang modelnya lebih keker dipadu dengan gearset warna emas (SSS kah ?) dan velg depan-belakang dilabur warna emas juga, bikin ganteng ini motor, kaya ane (gubrak...).



Yupz mungkin itu saja yang bisa ane kasih lihat modifikasi dari Kawasaki Z1-R 1000 ini. Buat Kangmas dan Mbakyu yang masih penasaran, bisa ditonton videonya di bawah ini, sekian semoga bermanfaat, wassalamu'alaikum.

LIHAT-LIHAT


GALERI









Komentar

Posting Komentar

Postingan Lain

Jenis-Jenis Swing Arm pada Sepeda Motor

Chassis : Owh… Baru Tahu Jadi Ini Pengaruh Panjang-Pendek Swing Arm Terhadap Keausan Ban

10 Macam Perbedaan Antara Head Silinder Jamus 3 Klep dengan Punya Honda Supra

Cara Pasang Kampas Kopling Honda All New CB150R Streetfire yang Baik dan Benar

Piston Alternatif Buat Pulsar 180, 200, 220 UG3/UG4 & NS200

Keunggulan dan Kelemahan Mesin Jamus Klep 3

Honda Supra Masuk Gigi 1 Motor Loncat, Ini Sumber Masalahnya...