Postingan

Syarat Agar YZR-M1 Kencang Lagi

Gambar
Benarkah YZR-M1 itu lemot ? Enggak bro, wong bisa melesat sampai di atas 300 km/jam kok dibilang lemot, hehehe. Yamaha M1 enggak lemot, hanya saja lawan-lawannya (terutama Suzuki dan KTM) yang perkembangannya jauh lebih pesat ketimbang Yamaha itu sendiri. Jadinya kayak kalah top speed gitu si YZR-M1 tunggangan Rossi, Vinales, Morbidelli & Fabio ini, padahal enggak. Pict from  Grabcad , by :  Yuriy Korobkov Pada artikel kali ini inyong mau coba analisa kenapa kok kesannya Yamaha M1 itu lemot terus apa syaratnya biar YZR-M1 kencang lagi ? Simak yokk... Ngadimin ini belagu amat ya, sok-sokan ngasih analisa motor MotoGP padahal sampai sekarang sehari-hari cuman naik Bajaj Pulsar bore-up, huahahahaha. Kalau membaca keluhan-keluhan dari pembalapnya dari berita-berita mulai GP Andalucia sampai GP Styria, inyong bisa simpulkan kalau masalah utama YZR-M1 itu antara lain : 1.) Top speed kalah sekitar 10 km/jam 2.) Ban belakang cepet banget habis Yup, 2 itu masalahnya dan saling berk...

Begini Nih Kalau Mobil Pickup Pakai Mesin Suzuki Hayabusa

Gambar
Superrrrrr kreatif, ini ada mobil pickup pakai mesin inline-4 nya Suzuki Hayabusa, entah yang versi lama (1300 cc) atau yang versi baru (1350cc). Sebenernya enggak terlalu wow sih, lha wong Suzuki Carry juga pakai mesin 4 silinder segaris alias inline-4. Cuman unik aja Kangmas, mesin Hyperbike dipasang di sasis dan body mobil pickup, hmmm.... Mobil pickup pakai mesin Hayabusa Hayabusa mini truck teaser , by :  Scooterswapshop ,  CC-BY Terdengar di videonya suaranya mantebb banget, pas langsam dan jalan pelan suaranya sih yaaa masih mirip-mirip suara mobil Pick up Suzuki Carry yang udah ganti header dan muffler racing, tapi pas gasnya dibetot, zzziiiiingngngng.... mirip suara Ducati Panigale V4R-nya Chaz Daves. Bisa begitu karena bedanya dengan mesin mobil adalah kalau mesin motor, superbike / hyperbike sekalipun punya rpm yang lebih tinggi, jadi wajar kalau bisa meraung. Jadi penasaran kalau pakai mesin inline-4 nya Kawasaki H2R... Wujud asli motor Suzuki Hayabusa.  Suzuk...

Piston Jebol Setelah Bore Up, Apa Penyebabnya ?

Gambar
Ya ngapain juga dijebolin, kurang kerjaan ?? Hehe canda. Ada orang yang setelah bore up motornya, dipakai nyetting terus jebol. Pistonnnya hancur kaya perasaanku waktu si dia nikah sama orang lain, woooooooolala....... Pistonnya bolong, hayo kenapa coba ?? Hayo kira-kira kenapa kok habis bore-up pistonnya malah bolong kaya gitu ? Kenapa coba ?? Penyebabnya salah satunya karena kompresi kegedean. Karena kegedean maka tekanan ke piston jauh lebih gede dari biasanya, piston nggak kuat dan ambroooollll.... Ilustrasi piston ambrol Kompresi kegedean bisa juga penyebabnya hal sepele dan lucu, yaitu : habis bore up malah blok/head silinder dipapas , jadinya kompresi malah melambung drastis. Bilangnya sih biar kompresi tambah gede. Itu mah bunuh diri. Itu karena dengan bore up saja (tanpa stroke up & tanpa kepras/papas blok/head silinder) kompresi udah otomatis naik, nggak percaya ??? Nih inyong buktikan dengan rumus kompresi statis ruang bakar : Pertama ukur dulu volume ruang bakarnya. Rua...

Keunggulan Swing Arm Ninja 150 RR Super KIPS yang Jarang Orang Tahu

Gambar
Swing arm Ninja RR Super KIPS 2-tak itu lain dari yang lain, bahkan teknologinya lebih advance ketimbang adik-adiknya, sebut aja : Ninja RR Mono 250 & Ninja 250 Fi yang cenderung kotak doank. Kecuali arm gedang (banana-arm) milik Ninja ZX-25R ya. Oke ngomong-ngomong apa sih yang bikin swing arm Ninja RR itu Hi-Tech dan unggul ? Simak yokk... KAWASAKI NINJA RR 150 Modified RX8 BULLS CARBON SERIES , by :  Kawasaki RR 150 Hunter , CC-BY Yang bikin unggul dan Hi-Tech itu karena swing arm ini udah memakai tulangan bawah alias Under Brace, walaupun sokbrekernya nggak pakai link. Ditambah lagi punya bentuk oval di mana swing arm Ninja RR ini lebih kaku ke arah atas-bawah namun lebih lentur ke samping kiri-kanan. Karakter kayak gini mirip karakter swing arm karbon di MotoGP , di mana kekakuannya variatif, cuman kalau di Ninja RR kekakuan tersebut enggak bisa disetel layaknya di MotoGP. Jadi bisa disimpulkan kalau swing arm Ninja RR punya 2 karakter : (1.) Kaku ketika motor dipakai ng...

Kesamaan Mesin Pulsar NS 200 dengan Kawasaki Ninja 250 SL & Honda CBR 250 R (CBR Silinder Jomblo)

Gambar
Lhoh...lhoh..lhoohh. Sek,sek,sek... iki ora salah judul to ? Ah tenane (ah yang bener ?). Gimana ceritanya mesin Pulsar NS sama dengan punya Kawasaki Ninja 250 SL alias Ninja 1 silinder & Honda CBR 250 R (CBR Silinder Jomblo) ?. Bukannya beda jauh tuh, merknya udah beda, mounting-mounting beda, DOHC vs SOHC, dll di mana kesamaannya ?. Mesin Pulsar NS yang lagi service sewaktu inyong main ke bengkel teman Kalau diteliti lagi ada kesamaannya sobat, yaitu di pen pistonnya . Yupz baik Pulsar NS 200, Ninja 250 SL, dan CBR 250 R Jomblo pen pistonnya sama-sama 17 mm . Apa artinya ? Artinya ya bisa saling tukar tanpa perlu main overbosh pen piston yang beresiko mesin stall (macet). BORE X STROKE Pulsar NS 200 punya bore x stroke 7.2 x 4.9 cm, Ninja 250 SL 7.2 x 6.12, CBR 250 R 7.6 x 5.5 cm. Jika kepepet Pulsar NS 200 bisa memakai piston Ninja 250 SL, diameter pistonnya sama-sama 7.2 cm, kapasitas tetap 200 cc. Namun jika dipasangi piston Honda CBR 250 R Silinder Jomblo, maka jika dihitung ...

Piston Alternatif Buat Pulsar 180, 200, 220 UG3/UG4 & NS200

Gambar
Kabur entah kemana ATPM-nya, jadinya susah nyari onderdil ori-nya, salah satunya seher alias piston, yang kerjanya naik-turun aja di dalam blok silinder.Ya iyalah kalo yang kerjanya muter-muter aja ya contohnya gigi rasio, gir depan belakang, hehehe. Piston , gambar oleh :  IronWeber Inyong salah satu dari pemilik motor tangguh bertenaga badak ini (walaupun engga ada badaknya). Sebut saja namanya bunga Si Kebo. Si Kebo suatu ketika ngebul knalpotnya, kebulnya (asapnya) berwarna putih, pertanda piston, ring, dan boring silinder baret-baret sehingga oli ikut masuk ke ruang bakar, terbakar api cinta , dan jadi asap putih keluar dari moncong knalpot yang ngga pernah mingkem itu. Susahnya pas mau nyari piston aslinya tapi yang versi oversize. Cukup langka. Kasihan juga lihat Si Kebo jadi macam mesin fogging nyamuk DBD, akhirnya inyong cari-cari referensi PISTON ALTERNATIF BUAT PULSAR UG3 / UG4. Barangkali buat sobat-sobat penunggang Pulsar 180, 200, 220, NS200 bisa coba nih : Honda CBR...

Upper Brace vs Under Brace ? Enakan Mana ?

Gambar
Upper Brace, Under Brace, panganan opo iku ? Itu tulang tambahan buat swingarm sepeda motor. Umumnya swing arm sepeda motor yang beredar di tanah air tercinta ini, bentuknya kotak memanjang, dah gitu doank. Mulai dari motor bebek sampai sebagian motor laki pakai model ini. Ada juga yang bulat kayak di Suzuki Thunder 125 & 250. Atau oval kayak Pulsar 180 & 220 UG4. Tetapi ada juga lhoh yang punya tulang tambahan (brace) , yang jelas bukan balungan sapi yang biasa disajikan di rumah makan. Tulangan tambahan ini berfungsi sebagai penguat juga penambah kekakuan (rigidity) dari swing arm tersebut. Jadi swing arm dengan tulangan tambahan lebih kuat juga lebih kaku ketimbang yang cuma pipa lonjoran doank kayak kebanyakan motor. 3D Design XS650 Concept frame chassis by :  Xray Gampangnya gini, ini pendapat inyong pribadi sih, bisa salah bisa bener, intinya semakin kaku sebuah swing arm, maka handling motor lebih gesit, lebih enteng buat belok zig-zag gitu, tapi kurang nyaman bu...

Kampas Kopling yang Cocok Buat Si Kebo UG4

Gambar
Si Kebo mesinnya masuk kategori UG4. Yupz Si Kebo adalah Bajaj Pulsar UG4. Suatu ketika pas gaspoll, Si Kebo bukannya melesat malah kaya lari di tempat, nggerung gitu. Setelah dicek ternyata kampas koplingnya udah tipis, udah ngga sanggup lagi menyalurkan inspirasi tenaga mesin si kebo ke roda belakang. Tapi walaupun selip gitu Si Kebo masih bisa ngasepin motor 150 cc lhoh hehehe. Mesin si Kebo Karena Si Kebo mesinnya UG4, maka kampas kopling yang cocok buat Si Kebo adalah kampas koplingnya Yamaha RX-Z 135 cc. Kalau UG3 bisa pakai kampas  kopling punya Kawasaki Ninja 150 RR atau Yamaha Scorpio Z tapi dikikir dikit. Kenapa ngga pakai ori-nya aja ? Tahu sendiri lah motor satu ini ATPM nya udah lama kabur dari tanah air tercinta, hahaha. So inyong beli kampas kopling buat Yamaha RX-Z tapi bikinan CLD. CLD ini produk dalam negeri lhoh masbro. Oh iya kampas kopling ini jumlahnya 6 lembar, sedangkan Si Kebo cuma pake 5 lembar, sisa 1 pcs mayan buat dijual atau jadiin pajangan dinding. K...

Bore Up & Stroke Up Si Kebo Jadi 260 cc (Bajaj Pulsar 260 cc)

Gambar
Perkenalkan, inilah Kebo. Mmoooohh ……… Gambar kebo, dari  Nans 82 Maaf bukan yang itu. Kalo itu kebo beneran. Yang inyong maksud ini lho Si Kebo bersasis baja. Si Kebo ini adalah sebuah Bajaj Pulsar 200 DTS-I yang dibeli pada tahun 2008. Spesifikasinya yaa sudah pada hafal lah ya. Mesin 200 cc dobel busi, SOHC 2 klep doank, ten aga 18 -an  HP (HP-nya siapa aja tuh, hehe) , torsi juga 18-an N.m, sasis baja model double cradle ala-ala sasis Honda CB400 Super Four dengan berat kotor 160-an kg (berat bersih 145 kg + bensin fulteng 12-an kg + oli 1 kg) belum termasuk berat badan dan beban pikiran ridernya, huahaha. Yapzzz inilah Si Kebo. Si Kebo, panggilan "sayang" dari Bajaj Pulsar 200 DTS-i 2008 yang udah jadi 260 cc sekarang Dari 200cc UG3 Lalu Jadi 220 cc UG4 Pertanyaannya : kenapa dibore-up ? Biar kentjang kah ?? Biar bisa ngalahin sport 2 silinder kah ?? Ya itu salah satunya sih (ngaku haha). Tapi bukan alasan utama. Ada sejarahnya lurr… Jadi berawal dari langkanya spare par...

Pulsar UG4 Pasang Ban 160 & Velg 3.5 Gasruk Ngga Sih ?

Gambar
Iya tuh gasruk ngga tuh ?? Jawabannya : ENGGAK. Buat Kangmas dan Mbakyu sekalian yang pelihara motor abot (abot = berat) satu ini bisa kok aplikasi ban belakang ukuran 160 dengan velg 3.5 inch tanpa ubahan apapun di swing arm. Demikian pula gir-nya nggak perlu ditambah adaptor, kecuali kalau pasang velg 4.5 baru tambah adaptor. Berikut penampakan Ban belakang Zeneos Turino 160/60/17 di velg belakang Pulsar NS 200 yang 3.5 inch itu : Velg belakang Pulsar NS yang 3.5 inch itu dipasang ban Zeneos Turino 160/60-17 Kalau ini penampakan ketika ban & velg udah dipasang di swing-arm UG4 : Aman, ngga gasruk sama sekali Ban 160 aman tidak gasruk. Maaf UG4-nya dekil banget. Sekian, semoga bermanfaat, wassalamu'alaikum. ---------------- Catatan : semua gambar di artikel ini punya saya pribadi