Piston Alternatif Buat Pulsar 180, 200, 220 UG3/UG4 & NS200

Kabur entah kemana ATPM-nya, jadinya susah nyari onderdil ori-nya, salah satunya seher alias piston, yang kerjanya naik-turun aja di dalam blok silinder.Ya iyalah kalo yang kerjanya muter-muter aja ya contohnya gigi rasio, gir depan belakang, hehehe.

Piston, gambar oleh : IronWeber

Inyong salah satu dari pemilik motor tangguh bertenaga badak ini (walaupun engga ada badaknya). Sebut saja namanya bunga Si Kebo. Si Kebo suatu ketika ngebul knalpotnya, kebulnya (asapnya) berwarna putih, pertanda piston, ring, dan boring silinder baret-baret sehingga oli ikut masuk ke ruang bakar, terbakar api cinta, dan jadi asap putih keluar dari moncong knalpot yang ngga pernah mingkem itu.

Susahnya pas mau nyari piston aslinya tapi yang versi oversize. Cukup langka. Kasihan juga lihat Si Kebo jadi macam mesin fogging nyamuk DBD, akhirnya inyong cari-cari referensi PISTON ALTERNATIF BUAT PULSAR UG3 / UG4. Barangkali buat sobat-sobat penunggang Pulsar 180, 200, 220, NS200 bisa coba nih :

Honda CBR 250 R (1 silinder), Kawasaki Ninja 250 SL (1 silinder), Pulsar 180 (UG3 & UG4), Pulsar 200 (UG3 & UG4), Pulsar 220 (UG4), Pulsar 200 NS (Triple Spark) sepengetahuan inyong pistonnya bisa saling tukar guling karena semuanya punya diameter pen piston yang sama, yaitu 17 mm.

Pulsar 180 Pakai Piston Pulsar 200 Lama

Pulsar 180 UG3/UG4 punya diameter piston 6,35 cm. Pulsar 180 jadi 200 bisa pakai piston kepunyaan PZOO UG3 (Pulsar 200 lama atau PZZO UG4, diameter pistonnya sama-sama 6,7 cm, bedanya kalau punya PZZO UG4 pistonnya udah dilapis teflon. Jika pulsar 180 pakai piston ini, maka bore x stroknya dari semula 6.35 x 5.64 cm menjadi 6.7 x 5.64 cm jika dihitung pakai rumus volume silinder, : [0.785 x (bore x bore) x stroke = ... cc ] maka kapastiasnya jadi 198.7 cc atau digenapkan jadi 200 cc sama kayak kakaknya.

Ubahannya antara lain :
(1.) Piston, pen & ring kepunyaan P200 / P220
(2.) Boring silinder dikorter / dibubut
(3.) Setting karbu
(4.) Lepas 1 lembar busa filter
(5.) Gir belakang diturunin 1-2 mata biar nafas panjang
(6.) Estimasi biaya total : 700 ribu - 1 juta

Pulsar 180 Pakai Piston Pulsar NS 200 atau Kawasaki Ninja 250 SL (Ninja 250 1 Silinder)

Pulsar 200 NS dan Kawasaki Ninja 250 SL (Ninja 250 1 silinder) memiliki diameter piston yang sama, yaitu 7,2 cm dan diameter pen pistonnya pun sama yaitu 17 mm, artinya bisa saling tukar guling. Jika pulsar 180 pakai piston ini, maka bore x stroknya dari semula 6.35 x 5.64 cm menjadi 7.2 x 5.64 cm jika dihitung pakai rumus volume silinder, : [0.785 x (bore x bore) x stroke = ... cc ] maka kapasitasnya jadi 229.5 cc atau dibulatkan jadi 230 cc.

Ubahannya antara lain :
(1.) Piston, pen & ring kepunyaan Triple Spark atau Ninja 250 SL
(2.) Boring silinder diganti punya mesin diesel
(3.) Blok silnder dibubut
(4.) Setting karbu
(5.) Lepas 1 lembar busa filter
(6.) Silencer knalpot bobok adem
(7.) Gir belakang diturunin 2-3 mata biar nafas panjang
(8.) Estimasi biaya total : 2 - 3 juta-an

Pulsar 180 Pakai Piston Honda CBR 250 R (CBR 1 Silinder)

Piston Honda CBR 250 R (CBR 1 Silinder) punya diameter 7,6 cm dan diameter pen pistonnya pun sama yaitu 17 mm. Jika pulsar 180 pakai piston ini, maka bore x stroknya dari semula 6.35 x 5.64 cm menjadi 7.6 x 5.64 cm jika dihitung pakai rumus volume silinder, : [0.785 x (bore x bore) x stroke = ... cc ] maka kapasitasnya jadi 255.7 cc atau dibulatkan jadi 256 cc.

Ubahannya antara lain :
(1.) Piston, pen & ring kepunyaan Honda CBR 250 R (CBR 1 Silinder)
(2.) Boring silinder diganti punya mesin diesel
(3.) Blok silnder dibubut
(4.) Ganti karbu punya P220 (32 mm) atau P200 NS (33 mm)
(5.) Lepas 1 lembar busa filter
(6.) Ganti silencer punya motor 250 macam Ninja 250 Karbu atau R25.
(7.) Gir depan naik 1 mata, gir belakang turun 2 - 3 mata biar nafas panjang
(8.) Estimasi biaya total : 3 - 4 juta-an

Pulsar 180 Pakai Piston Triple Spark (Pulsar NS 200) OS 50 + Rasio dan Kruk As PZZO (Pulsar 220 UG4)

Kita ngomongin sejenak Si Kebo. Si Kebo ini aslinya adalah Pulsar 200 DTS-i tahun 2008 (UG3) yang udah ganti segelondong mesin kepunyaan Pulsar 220 DTS-i UG4 tapi gara-gara telat ganti oli, jadilah dia Pulsar 260 DTS-i UG4 (cerita lengkapnya di sini). Si Kebo ini udah pakai piston kepunyaan Triple Spark alias Pulsar NS 200 oversize 50, plus kruk as dan gir rasio Pulsar 220 UG4 segelondong sehingga bore x stroke Si Kebo sekarang adalah 7,25 x 6,24 cm, kalau dihitung pakai rumus volume silinder jadi 257 cc atau digenapkan jadi 260 cc. Ini rumus volume silindernya : [0.785 x (bore x bore) x stroke = ... cc ]. Itung sendiri deh. 

Ubahannya antara lain :
(1.) Piston, pen & ring kepunyaan Triple Spark (Pulsar 200 NS) oversize 50
(2.) Kruk as & gir rasio kepunyaan PZZO (Pulsar 220 UG4)
(3.) Boring silinder diganti punya mesin diesel
(4.) Blok silnder dibubut
(5.) Ganti karbu punya P200 NS (33 mm)
(6.) Lepas 1 lembar busa filter
(7.) Knalpot standard custom
(8.) Gir depan 16 mata punya RX-Z, gir belakang 38 mata punya Ninja 150 RR mata biar nafas panjang
(9.) Estimasi biaya total : 3 - 4 juta-an

Inilah Si Kebo, Pulsar 260 cc punya Inyong

Yup sekian informasinya, semoga bermanfaat, wassalamu'alaikum.

Komentar

Postingan Lain

Jenis-Jenis Swing Arm pada Sepeda Motor

Chassis : Owh… Baru Tahu Jadi Ini Pengaruh Panjang-Pendek Swing Arm Terhadap Keausan Ban

10 Macam Perbedaan Antara Head Silinder Jamus 3 Klep dengan Punya Honda Supra

Cara Pasang Kampas Kopling Honda All New CB150R Streetfire yang Baik dan Benar

Keunggulan dan Kelemahan Mesin Jamus Klep 3

Honda Supra Masuk Gigi 1 Motor Loncat, Ini Sumber Masalahnya...