Keunggulan Swing Arm Ninja 150 RR Super KIPS yang Jarang Orang Tahu

Swing arm Ninja RR Super KIPS 2-tak itu lain dari yang lain, bahkan teknologinya lebih advance ketimbang adik-adiknya, sebut aja : Ninja RR Mono 250 & Ninja 250 Fi yang cenderung kotak doank. Kecuali arm gedang (banana-arm) milik Ninja ZX-25R ya. Oke ngomong-ngomong apa sih yang bikin swing arm Ninja RR itu Hi-Tech dan unggul ? Simak yokk...

KAWASAKI NINJA RR 150 Modified RX8 BULLS CARBON SERIES,
by : Kawasaki RR 150 Hunter, CC-BY

Yang bikin unggul dan Hi-Tech itu karena swing arm ini udah memakai tulangan bawah alias Under Brace, walaupun sokbrekernya nggak pakai link. Ditambah lagi punya bentuk oval di mana swing arm Ninja RR ini lebih kaku ke arah atas-bawah namun lebih lentur ke samping kiri-kanan. Karakter kayak gini mirip karakter swing arm karbon di MotoGP, di mana kekakuannya variatif, cuman kalau di Ninja RR kekakuan tersebut enggak bisa disetel layaknya di MotoGP.

Jadi bisa disimpulkan kalau swing arm Ninja RR punya 2 karakter :

(1.) Kaku ketika motor dipakai ngebut di trek lurus.
(2.) Lentur ketika motor dipakai belok / cornering.

SWING ARM NINJA 150 RR 2-TAK SUPER KIPS
Sekarang perhatikan baik - baik swing arm Ninja RR di bawah ini, Kangmas bisa lihat kalau bentuknya itu oval dan memiliki tulangan bawah. Tulangan bawah itu bikin swing arm kaku ke atas-bawah, sehingga bikin stabil saat tarikan / akslerasi dan top speed di trek lurus. Sedangkan bentukan ovalnya bikin swing arm ini lentur ke samping kiri-kanan, sehingga bikin stabil saat menikung / cornering.

Swing arm Ninja RR Gold, CBU Motoshop 

Bandingkan dengan swing arm punya Ninja 250 2-silinder, beda khaaannn....
O  iya untuk Ninja RR Mono 250 atau Ninja 250 SL bentuknya juga mirip-mirip kotak kaya gini cuma  beda dimensi aja.

Swing arm / lengan ayun copotan kawasaki ninja 250fiAmong Pamuji

KAKU KETIKA MELIBAS TREK LURUS
Ketika melibas trek lurus di kecepatan tinggi, motor nggak boleh sampai geal-geol, goyang dikit ya bisa mental ke tembok pembatas, sangat berbahaya. Hembusan angin samping sudah cukup buat melempar motorsport yang lagi melaju di kecepatan tinggi beserta pembalapnya. Untuk mengantisipasi motor goyang di kecepatan tinggi di trek lurus, salah satunya diperlukan swing arm yang kaku (stiff) saat melaju di trek lurus, nah tulangan di bawah swing arm Ninja RR ini mendukung untuk itu.

Dan tulangan tersebut bermanfaat saat motor melakukan start dari posisi diam, motor jadi enggak terasa "melendut". Kan pas tarikan awal, badan kita akan kedorong ke belakang, menekan sokbreker belakang dan juga swing arm. Ninja RR sudah tepat pakai monosok tanpa link + swing arm dengan bentuk oval dan memiliki tulangan bawah, itu nambah traksi roda belakang dan bikin stabil saat akselerasi.

Posisi ketika ditrek lurus perlu kaku

Jadi stabil nggak cuma di tikungan doang, di trek lurus juga kudu stabil, tull nggak Masbro.

LENTUR KETIKA MELIBAS TIKUNGAN
Yang doyan aksi tikung-menikung nih kudu tahu. Yang jelas bukan menikung si doi yaa, huahahaha. Menikung alias cornering, justru butuh kondisi yang agak "melendut".Tujuannya apa ? Tujuannya untuk menjaga traksi ban biar ban depan-belakang enggak sampai ngepot / sliding yang berujung crash alias kecelakaan. Kecuali ente punya style RWS (Rear Wheel Steering) ala-ala Casey Stoner atau Iker Lecuona yah.

Posisi ketika menikung perlu lentur

Intinya swing arm harus punya fungsi sebagai "suspensi" ketika motor dipakai menikung. Nah swing arm Ninja RR ini karena bentuknya oval, maka ketika ditekan dari sisi samping dengan gaya tertentu, maka ia akan "melendut" dan kembali ke bentuk semula, macam penggaris besi lah, ditekuk balik lagi ke semula.

KEKURANGAN SWING ARM NINJA RR
Di balik keunggulannya, tentu namanya buatan manusia pasti ada kurangnya. Yups, ketiadaan link pada suspensi belakang Ninja RR bikin motor ini kurang cocok buat melibas jalan rusak, getarannya kerasa banget karena dia kaku ke atas. Itu doank sih. Dan bisa dimaklumi kalau Ninja RR itu memang khusus buat jalanan rata macam aspal atau beton, bukan pasir dan bebatuan.

Sekian dari inyong, semoga bermanfaat, wassalamu'alaikum.


Komentar

Postingan Lain

Jenis-Jenis Swing Arm pada Sepeda Motor

Chassis : Owh… Baru Tahu Jadi Ini Pengaruh Panjang-Pendek Swing Arm Terhadap Keausan Ban

10 Macam Perbedaan Antara Head Silinder Jamus 3 Klep dengan Punya Honda Supra

Cara Pasang Kampas Kopling Honda All New CB150R Streetfire yang Baik dan Benar

Piston Alternatif Buat Pulsar 180, 200, 220 UG3/UG4 & NS200

Keunggulan dan Kelemahan Mesin Jamus Klep 3

Honda Supra Masuk Gigi 1 Motor Loncat, Ini Sumber Masalahnya...