Begini Nih Kalau Mobil Pickup Pakai Mesin Suzuki Hayabusa

Superrrrrr kreatif, ini ada mobil pickup pakai mesin inline-4 nya Suzuki Hayabusa, entah yang versi lama (1300 cc) atau yang versi baru (1350cc). Sebenernya enggak terlalu wow sih, lha wong Suzuki Carry juga pakai mesin 4 silinder segaris alias inline-4. Cuman unik aja Kangmas, mesin Hyperbike dipasang di sasis dan body mobil pickup, hmmm....

Mobil pickup pakai mesin Hayabusa
Hayabusa mini truck teaser, by : ScooterswapshopCC-BY

Terdengar di videonya suaranya mantebb banget, pas langsam dan jalan pelan suaranya sih yaaa masih mirip-mirip suara mobil Pick up Suzuki Carry yang udah ganti header dan muffler racing, tapi pas gasnya dibetot, zzziiiiingngngng.... mirip suara Ducati Panigale V4R-nya Chaz Daves. Bisa begitu karena bedanya dengan mesin mobil adalah kalau mesin motor, superbike / hyperbike sekalipun punya rpm yang lebih tinggi, jadi wajar kalau bisa meraung. Jadi penasaran kalau pakai mesin inline-4 nya Kawasaki H2R...

Wujud asli motor Suzuki Hayabusa. 
SuzukiHayabusa2008,by : ThermosCC-BY-SA

Namanya mobil, nggak proper kalau masih pakai rantai. Maka penerus daya diganti memakai gardan selayaknya mobil, biar lebih kuat. Soalnya kalau rantai 520 itu beban tariknya sekitar 2-4 ton aja.

Mekanisme rantai diganti jadi gardan
Hayabusa mini truck teaser, by : ScooterswapshopCC-BY

Suzuki Hayabusa sendiri ada 2 macem setahu inyong, yaitu 1300 cc (produksi 1999-2007) dan 1350 cc (produksi 2007 sampai postingan ini dibuat). Yang versi 1300 cc punya bore x stroke 81 x 63 mm, sedangkan versi 1350 cc bore x stroke-nya 81 x 65 mm, beda di stroknya aja 2 mm. Artinya lebih overstruk yang versi baru. Tapi...tapi....tapi.... diameter sehernya itu lhooohh, sama dengan diameter sehernya MotoGP jaman now, sebut aja Honda RC213V tunggangannya Marc Marquez.

3D Mesin Hayabusa, pict : GrabCADDaniel Clarke

Juga beberapa kali mesinnya mati-mati mulu, mungkin setelannya kebasahan kali yah. Presnelingnya sama kaya mobil, masukkin gigi pedal kopling diinjek terus gagang presneling dipindahkan sesuai posisi gigi, yaa persis mobil pickup aslinya.

Penasaran sama suara dan bentuknya ? Simak video di bawah ini, jangan lupa pakai headset atau earphone biar lebih jernih dengernya :


Sekian dan semoga bermanfaat, wassalmu'alaikum.

Komentar

Postingan Lain

Jenis-Jenis Swing Arm pada Sepeda Motor

Chassis : Owh… Baru Tahu Jadi Ini Pengaruh Panjang-Pendek Swing Arm Terhadap Keausan Ban

10 Macam Perbedaan Antara Head Silinder Jamus 3 Klep dengan Punya Honda Supra

Cara Pasang Kampas Kopling Honda All New CB150R Streetfire yang Baik dan Benar

Piston Alternatif Buat Pulsar 180, 200, 220 UG3/UG4 & NS200

Keunggulan dan Kelemahan Mesin Jamus Klep 3

Honda Supra Masuk Gigi 1 Motor Loncat, Ini Sumber Masalahnya...