Kesamaan Mesin Pulsar NS 200 dengan Kawasaki Ninja 250 SL & Honda CBR 250 R (CBR Silinder Jomblo)

Lhoh...lhoh..lhoohh. Sek,sek,sek... iki ora salah judul to ? Ah tenane (ah yang bener ?). Gimana ceritanya mesin Pulsar NS sama dengan punya Kawasaki Ninja 250 SL alias Ninja 1 silinder & Honda CBR 250 R (CBR Silinder Jomblo) ?. Bukannya beda jauh tuh, merknya udah beda, mounting-mounting beda, DOHC vs SOHC, dll di mana kesamaannya ?.

Mesin Pulsar NS yang lagi service sewaktu inyong main ke bengkel teman


Kalau diteliti lagi ada kesamaannya sobat, yaitu di pen pistonnya. Yupz baik Pulsar NS 200, Ninja 250 SL, dan CBR 250 R Jomblo pen pistonnya sama-sama 17 mm. Apa artinya ? Artinya ya bisa saling tukar tanpa perlu main overbosh pen piston yang beresiko mesin stall (macet).

BORE X STROKE

Pulsar NS 200 punya bore x stroke 7.2 x 4.9 cm, Ninja 250 SL 7.2 x 6.12, CBR 250 R 7.6 x 5.5 cm.

Jika kepepet Pulsar NS 200 bisa memakai piston Ninja 250 SL, diameter pistonnya sama-sama 7.2 cm, kapasitas tetap 200 cc. Namun jika dipasangi piston Honda CBR 250 R Silinder Jomblo, maka jika dihitung dengan rumus volume silinder, [0.785 x (bore x bore) x stroke] maka akan jadi [0.785 x (7.6 x 7.6) x 4.9] = 222.17 atau dibulatkan jadi 222 cc. Yupz ini sama dengan oversize 400. Tentu diikuti ubahan lain seperti ganti boring silinder, setting karbu, bobok / ganti knalpot yang nggak berisik tentunya.

Piston CBR 250 R 1 Silinder alias CBR 250 Silinder Jomblo, bukalapak


Kabar baik nih buat yang doyan akselerasi dan nikung mantan di kecepatan tinggi, eitsss... tetep safety riding di jalan ya Kangmas, Mbakyu, jangan kebut-kebutan.

Inyong nggak ngajari kebut-kebutan, cuman berbagi tips di kala kepepet. Semoga bermanfaat, wassalamu'alaikum

Komentar

Postingan Lain

Chassis : Owh… Baru Tahu Jadi Ini Pengaruh Panjang-Pendek Swing Arm Terhadap Keausan Ban

Jenis-Jenis Swing Arm pada Sepeda Motor

10 Macam Perbedaan Antara Head Silinder Jamus 3 Klep dengan Punya Honda Supra

Cara Pasang Kampas Kopling Honda All New CB150R Streetfire yang Baik dan Benar

Piston Alternatif Buat Pulsar 180, 200, 220 UG3/UG4 & NS200

Honda Supra Masuk Gigi 1 Motor Loncat, Ini Sumber Masalahnya...

Keunggulan dan Kelemahan Mesin Jamus Klep 3