Modifikasi : Kawasaki KZ-1000 4 Silinder Simpel Gagah

Kawan-kawan pemilik Binter Merzy ane yakin pasti familiar dengan motor ini. Inilah KZ-1000, motor sprot... eh motor sport racikan Kawasaki bermesin DOHC 4 silinder. Diproduksi sekitar tahun 1979-1980 dimana belom ada Youtube. KZ-1000 sendiri bisa dibilang "embahnya" Kawasaki KZ-200 Binter Merzy. Yap kode penamaannya sama-sama "KZ". Dan Kawasaki KZ-series sendiri sebenarnya cikal-bakal dari Kawasaki Z-series lho, Kangmas, Mbakyu.


Berikut ini ada sesosok sebuah Kawasaki KZ-1000 yang sepertinya udah direstorasi dan dimodif ringan sama ownernya. Dan modifikasinya selera ane banget nih, motor dengan tangki model klasik, buntut klasik, body tengah terpisah sama body belakang, lampu bulat, spidometer bulat, sokbreker belakang ganda dengan kaki-kaki dan mesin gambot, ngileeeerrr eeuuyyyy....


Oke Kangmas, Mbakyu, sekarang kita tengok apa aja sih ubahan di motor ganteng nan gagah ini, cekidot...

Kita mulai dari....

MESIN
Mesin KZ-1000 itu jenis Inline Four alias 4 silinder segaris DOHC 8 klep berpendingin udara.... Yup... DOHC tapi jumlah klep tiap silindernya cuma 2 biji, hehehe ga umum kan. Kapasitas aslinya 1015 cc didapat dari penggunaan bore x stroke 69.4 x 66 mm dikali empat. Mesin ini sanggup memuntahkan tenaga kuda sebesar 93 HP @8000 rpm dan torsi puncak sebesar 81 N.m @6500 rpm. Hmmm.... torqy banget.


Dari tampak luar, motor ini udah pakai karbu Mikuni TMR36 open filter dengan 4 biji velocity stack dan knalpot SATAKE model slip on, harusnya sih daleman mesin udah tune-up atau bahkan bore up juga mengingat karbu dan knalpotnya udah mendukung banget.



Mesin Inline Four-nya dilabur warna blekpink hitam dengan aksesoris pelindung gear depan warna emas. Beberapa komponen seperti hose dan oil cooler juga dilabur warna emas, ga tahu emas beneran apa bukan, hehehe.


Bak kopling kanan pakai aftermarket juga, kalo dilihat sih ini barang hasil CNC, merknya Wheelie. Dan harusnya kampas kopling, rumah kopling dan pegasnya juga diubah wong bak koplingnya udah keren gitu.


RANGKA & BODY
Rangka dan body kalo dilihat sih ga mengalami ubahan ya, mungkin lebih main ke grafis aja.


SUSPENSI, PENGEREMAN & KAKI-KAKI
Sokbreker depannya unik, awas jangan ketipu itu bukan upside down yah (sepintas mirip), tapi sok teleskopik dengan kelir yang mantap punya dan lagi dudukan kaliper depan udah model radial mount lho Kang.


Pengereman depan udah diupgrade dengan kaliper Brembo sepertinya monoblok radial mount dengan double floating disc. Untuk belakang pakai single disc dengan kaliper Brembo posisinya di bawah swing arm. Swing armnya sendiri juga custom modelnya gede nan keker, kayaknya aluminium dipadu dengan dual sokbreker tabung merk Ohlins.


Velg dan ban juga udah upgrade, ga tahu merknya apa. Dilihat sekilas sih cocok buat trackday atau miring-miring (cornering).

VIDEO
Oookraayyy, buat Kangmas dan Mbakyu yang pengen lihat secara full, monggo ditonton video Kawasaki KZ-1000 modifan ini, siapin kopi hitam dan cemilannya, cekidot.


Sekian, semoga bermanfaat, wassalamu'alaikum.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Development : Perancangan Yamaha FZ-25 - Sodaranya Scorpio tapi Bermesin 250 cc

Exhaust Sound : Suara Knalpot Yamaha R6 Lawas yang Makdezingng...

2 Stroke : "Embahnya" R15 VVA, Yamaha RZ 250