Overview : Gantengnya Honda CB 1300 Super Four Ini

Inilah dia Honda CB 1300 Streetfire Super Four. Sebuah motor sport turing 4 silinder DOHC 1300 cc racikan Honda. Motor CB 1300 ini memiliki garis desain yang mirip dengan Honda Megison Megapro Primus. Itu lho Megapro yang sokbreker belakangnya masih dua dan masih pakai Mesin GL 160 dengan bore x stroke 63.5 x 49.5 mm yang pistonnya laris dipakai di Honda Tiger karena jenong bisa naikin kompresi.


Coba perhatikan baik-baik screenshot di atas, mirip kan sama Megison Megapro lawas ? Ane yang lihat sepintas aja mikir kalau awalnya itu Megapro lawas, hehehe. Barangkali emang Megapro Primus desainya diturunkan dari CB 1300 ini, wong sama-sama Honda, cuma sayang kaki-kakinya Megapro Primus dibiarin kurus.

Honda CB 1300 ini aslinya emang udah ganteng sih menurut ane, apalagi ane penyuka desain everlasting kayak gini hehehe. Swing arm-nya itu lhoh, keker abis, rasanya pengen ane pasang buat si Kebo (Pulsar 260 cc ane). Motor ini dilihat dari ubahannya, minim banget, yang paling kentara adalah silincer slip-on nya, lalu handle rem dan kopling yang pakai warna emas, kemudian pemasangan stasiun charging di area dashboard, udah gitu doank, minimalis fungsional.


MESIN
Dapur pacunya berkapasitas asli 1284 cc didapat dari penggunaan bore x stroke 78 x 67.2 mm dikali 4 karena silindernya 4 biji. Power maksimumnya 114 HP di rpm yang rendah bingiitzz @7500 rpm juga torsi maksimumnya 117 N.m di rpm 6000 aza. Dari sini ketahuan karakter mesin CB 1300 ini, yaitu torqy. Kalo dibandingin sama motor dalam negeri, karakter bawaannya kurang lebih kaya motor 200 cc-an macam Scorpio, Tiger, Pulsar 220 atau Thunder 250.


Mesin CB 1300 ini udah pake radiator, jadi blok dan kepala silinder sudah mulus ga pake sirip-sirip pendingin lagi. Tenaga 114 HP dari mesinnya "cuman" ditransfer lewat transmisi 5-Speed yang artinya mirip V-Ixion lama tetapi harus diingat, CB 1300 ini top spit-nya 230 km/jam lhoh, hehehe.
Kapasitas tangkinya 21 liter dan harusnya bisa minum bensin pertalite, wong kompresinya cuman 9.6 : 1 kok. Dan termasuk irit di kelasnya dengan konsumsi bensin di kisaran 16 km/liter. Irit laaagh buat ukuran motor 4 silinder walaupun masih iritan Supra GTR sih, ya iyalaaaaaaghghgh..gubrak.....


CHASSIS
Tulangannya kayaknya model diamond dengan double cradle ditopang suspensi belakang dua biji dengan tabung dan suspensi depan teleskopik 43 mm. Konstruksinya mirip dengan chassis-nya Bajaj Pulsar 180-220 DTS-i nih. Seat heightnya 790 mm dari jok ke tanah, gak jinjit-jinjit amat, aman lah buat handle bobot basahnya yang mencapai 246 kg. Kaki-kakinya cukup gambot dengan balutan ban depan 130/70-17 dan belakang 190/60-17. Stabil dan empuk buat jalan jauh.


PENGEREMAN
Mesin torqy 117 N.m-nya dihentikan lajunya oleh perangkat rem depan dobel disc masing-masing 310 mm dengan kaliper 4 piston dan belakang single disc 256 mm, ciettt deh.

SUARA 
Buat yang penasaran sama suaranya CB 1300 ganteng ini, monggo cek video di bawah :


Sekian cerita singkat tentang Honda CB 1300 Super Four ini, semoga bermanfaat, wassalamu'alaikum.

GAMBAR
Oh iya, ini gambar-gambar Honda CB 1300, monggo dipantengin :











Komentar

Postingan Lain

Jenis-Jenis Swing Arm pada Sepeda Motor

Chassis : Owh… Baru Tahu Jadi Ini Pengaruh Panjang-Pendek Swing Arm Terhadap Keausan Ban

10 Macam Perbedaan Antara Head Silinder Jamus 3 Klep dengan Punya Honda Supra

Piston Alternatif Buat Pulsar 180, 200, 220 UG3/UG4 & NS200

Cara Pasang Kampas Kopling Honda All New CB150R Streetfire yang Baik dan Benar

Keunggulan dan Kelemahan Mesin Jamus Klep 3

Honda Supra Masuk Gigi 1 Motor Loncat, Ini Sumber Masalahnya...