Engine : Mesin Flat
Ini adalah mesin yang flat, padahal life is never flat. Weeelhaaaa....gubrak....
Ini adalah jenis mesin yang dipakai di BMW R 1200 GS. Kepala silindernya nyembul ke sisi kiri dan kanan. Mesin flat disebut-sebut juga dengan mesin V dengan sudut kemiringan 180 derajat, makanya disebutsebagai biang kerok Mesin Flat. Juga beken disebut sebagai mesin Boxer, yaitu mesin yang pola gerakannya nonjok bareng ke kiri dan ke kanan.
Keuntungan mesin Flat antara lain :
(1) Pendinginan maksimal, karena posisi kepala silinder yang nongol ke sisi kiri dan kanan motor.
(2) Keseimbangan terjaga (balance), nikung / cornering lebih stabil
(3) Ukuran mesin lebih pendek, memungkinkan di bagian atas mesin bisa dimanfaatkan, misalnya sebagai bagasi atau box filter udara.
(4) Center of Gravity yang lebih rendah, membuat motor dengan mesin Flat lebih "membumi", maksudnya traksinya selalu terjaga.
(5) Getaran lebih minim dibanding mesin Inline, mesin V
(6) Gampang perawatan & bongkar pasang.
(7) Lebih torqy dari mesin V & Inline
(8) Mendukung untuk dipasang gardan
Kekurangan mesin Flat antara lain :
(1) Mesin gampang membentur sesuatu, karena kepala silindernya yang nongol ke kiri dan kanan
(2) Nikung stabil sih, tapi untuk gerakan zig-zag terasa berat karena nongolnya kepala silinder bikin kaya "ada yang gondelin"
(3) Lebar, susah buat selap-selip di kemacetan, salah-salah itu kepala silinder bisa nampol kaki orang atau gasrak pintu mobil orang.
Sekian penjelasan singkat mengenai mesin Flar, semoga bermanfaat, wassalamu'alaikum.
Buat yang penasaran konstruksi mesin Flat / Boxer, berikut videonya :
Video SUBARU BOXER Engine by : Need for Speed Racers under the CC-BY License
Ini adalah jenis mesin yang dipakai di BMW R 1200 GS. Kepala silindernya nyembul ke sisi kiri dan kanan. Mesin flat disebut-sebut juga dengan mesin V dengan sudut kemiringan 180 derajat, makanya disebut
(Screenshot from video BMW R 1200 GS Air Water Cooled Boxer Engine With Vertical Flow by : CARSCRAZYS under the CC-BY License)
Keuntungan mesin Flat antara lain :
(1) Pendinginan maksimal, karena posisi kepala silinder yang nongol ke sisi kiri dan kanan motor.
(Screenshot from video BMW R 1200 GS Air Water Cooled Boxer Engine With Vertical Flow by : CARSCRAZYS under the CC-BY License)
(2) Keseimbangan terjaga (balance), nikung / cornering lebih stabil
(Screenshot from video SUBARU BOXER Engine by : Need for Speed Racers under the CC-BY License)
(3) Ukuran mesin lebih pendek, memungkinkan di bagian atas mesin bisa dimanfaatkan, misalnya sebagai bagasi atau box filter udara.
(Screenshot from video BMW R 1200 GS Air Water Cooled Boxer Engine With Vertical Flow by : CARSCRAZYS under the CC-BY License)
(4) Center of Gravity yang lebih rendah, membuat motor dengan mesin Flat lebih "membumi", maksudnya traksinya selalu terjaga.
(Screenshot from video BMW R 1200 GS Air Water Cooled Boxer Engine With Vertical Flow by : CARSCRAZYS under the CC-BY License)
(5) Getaran lebih minim dibanding mesin Inline, mesin V
(6) Gampang perawatan & bongkar pasang.
(Screenshot from video BMW R 1200 GS Air Water Cooled Boxer Engine With Vertical Flow by : CARSCRAZYS under the CC-BY License)
(7) Lebih torqy dari mesin V & Inline
(Screenshot from video BMW R 1200 GS Air Water Cooled Boxer Engine With Vertical Flow by : CARSCRAZYS under the CC-BY License)
(8) Mendukung untuk dipasang gardan
(Screenshot from video BMW R 1200 GS Air Water Cooled Boxer Engine With Vertical Flow by : CARSCRAZYS under the CC-BY License)
Kekurangan mesin Flat antara lain :
(1) Mesin gampang membentur sesuatu, karena kepala silindernya yang nongol ke kiri dan kanan
(Screenshot from video BMW R 1200 GS Air Water Cooled Boxer Engine With Vertical Flow by : CARSCRAZYS under the CC-BY License)
(2) Nikung stabil sih, tapi untuk gerakan zig-zag terasa berat karena nongolnya kepala silinder bikin kaya "ada yang gondelin"
(Screenshot from video BMW R 1200 GS Air Water Cooled Boxer Engine With Vertical Flow by : CARSCRAZYS under the CC-BY License)
(3) Lebar, susah buat selap-selip di kemacetan, salah-salah itu kepala silinder bisa nampol kaki orang atau gasrak pintu mobil orang.
(Screenshot from video BMW R 1200 GS Air Water Cooled Boxer Engine With Vertical Flow by : CARSCRAZYS under the CC-BY License)
Sekian penjelasan singkat mengenai mesin Flar, semoga bermanfaat, wassalamu'alaikum.
Buat yang penasaran konstruksi mesin Flat / Boxer, berikut videonya :
Video BMW R 1200 GS Air Water Cooled Boxer Engine With Vertical Flow by : CARSCRAZYS under the CC-BY License
Video SUBARU BOXER Engine by : Need for Speed Racers under the CC-BY License
Komentar
Posting Komentar