Engine : Minibike Bermesin Daytona Anima 190 cc

Mocil (sepeda motor kecil) alias minibike ini unyu-unyu banget, imut banget, rasanya pengen tak gendong kemana-mana. Weladalah....

Masbro, berikut ini ada sebuah Honda Monkey alias munyuk (bhs Jawa) yang sudah dimodifikasi sedemikian rupa, baik tampilan maupun mesinnya. Btw jok belakang ke mana yak ?


Minibike yang bisa dibilang versi miniaturnya Honda CB 200 ini sudah memakai segelondong mesin dari Daytona Anima 190 cc. Kalo mesin aslinya sih 50 cc SOHC 2 klep berpendingin udara identik dengan mesinnya Honda C70, Astrea Grand, dan kawan-kawan. So, mesinnya bisa saling tukar guling nih. Well karbu pakai Keihin PE 28 kayaknya dengan filter model jamur.


Mesin Daytona Anima 190 sendiri punya spesifikasi bore x stroke square = 62 x 62 mm, mampu menghasilkan tenaga dan torsi puncak sebesar : 20-24 HP @9500rpm onwheel dan 17-18 N.m @8000 rpm on wheel. Cukup sadis kalau dipasang di body-nya Honda Monkey ini atau di Astrea Grand. Alayer tukang bleyer sambil ngudut bisa melongo tuh hehehe. Oh iya mesin Daytona Anima ini udah pakai oil cooler lho.


Bandingkan dengan mesin aslinya yang berkapastas 50 cc, 3 speed dengan kode : Z50, mirip-mirip lah sama Honda C70. Tenaga puncaknya 4-5 HP doank. Tapi seat heightnya yang 560 mm sangat bersahabat buat anak kecil. Yup aslinya motor ini dirancang untuk kemudahan transportasi di gang-gang sempit atau buat anak kecil di bawah pengawasan orang tua.

Berikut bentuk asli Honda Monkey :


Ada juga yang pinky :


Untuk kaki-kaki juga sudah upgrade pakai ban metzeler tapak lebar, kayaknya sih ring 12 inch. Pengereman sudah double disc depan-belakang dengan swing arm aftermarket yang masih double shock.


Knalpot sendiri bertuliskan Yoshimura. Suaranya cukup adem, tapi ga tahu nih aman nggak kalo dipakai di sini, hehehe.


Spidometer memakai buatan Koso. Eh ada indikator suhunya, kayaknya sudah dilengkapi thermocouple ke mesinnya nih.


Berikut video Honda Monkey yang dipasangi mesin dari Daytona Anima 190 cc, cekidot :


Sekian, semoga bermanfaat, wassalamu'alaikum.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Development : Perancangan Yamaha FZ-25 - Sodaranya Scorpio tapi Bermesin 250 cc

Exhaust Sound : Suara Knalpot Yamaha R6 Lawas yang Makdezingng...

2 Stroke : "Embahnya" R15 VVA, Yamaha RZ 250