Overview : Honda Gue Banget

Motor GB, yaitu motor yang Gue Banget, Ganteng Bentul, Gahar Bro, tapi nggak GaBut.....

Becanda...
Ini selah,,, eh salah satu motor hasil karya pabrikan Honda. Yaitu Honda GB 250 Clubman. Sebuah motor dengan gaya CB klasik dipersenjatai mesin DOHC 250 cc segede gaban dengan 2 karburator & 2 knalpot yang mampu mengeluarkan tenaga puncak diklaim hingga 30 HP @9500 rpm dan top speed hingga 152 km/jam.

Dan sebenarnya ini satu silinder ajah lho...

Iya....

Satu aja silindernya.......

Ga pake dua....

Kalo dua itu Kawasaki Ninja ZX25R...

Eh... itu 4 silinder ding...

Motor ini hanya satu silinder aja masbro, Kalau umumnya motor DOHC 4 klep itu kan portnya model 2-1 baik untuk inlet maupun exhaust. tapi di Honda GB 250 ini jalur inlet port dan exhaust port dipisah, masing-masing 2-2, sehingga memungknkan untuk pakai 2 karbu dan 2 knalpot. Fungsinya agar gas masuk banyak dan padat, gas buang cepet ngeluarinnya. Kenapa ga dibikin 2 silinder aja sekalian yah, hmmm... mungkin ngejar jambakan torsi segede gaban ? Tahu deh....


Tapi bukan berarti ga ada kelemahan, mesin GB 250 berpendingin udara ini ada kelemahannya, yaitu bensin lebih boros untuk ukuran kapasitasnya, karena 1 silinder tapi pakai 2 karbu. Dan ukuran mesin jadi gede dan berat alias tidak compact. Tapi uini malah bagus buat ane, kenapa ? Karena motor malah kelihatan jadi keker banget macam Deddy Corbuzier atau Ade Rai, hehehe.
Sepintas kalau kita lihat ini adalah motor berkapasitas 400 atau 750 cc mengingat guedeeeenya ukuran mesin berpendingin udaranya. Padahal 250 cc 1 silinder alias big single. Motor berbobot 127 kg ini memiliki ukuran bore x stroke sebesar = 72 x 61.3 mm, mirip bore x stroke - nya Kawasaki Ninja 250 SL alias Ninja Mono atau Kawasaki KLX 250 atau Suzuki Thunder 250 atau Bajaj Pulsar 260 cc ane yang udah bore up + stroke up pakai piston Kawasaki Pulsar NS os 50 plus karbunya & Kruk as Pulsar 220, (jadinya 72.5 x 62.4 mm) huehehehe.
Honda GB 250 ini awal diproduksi pada awal tahun 1983-an. Motor dengan 2 buah karbu Keihin 28.5 mm ini hanya dijual di Jepang saja, masbro. Bagi biker di luar Jepang yang memiliki motor ini sangat jarang banget mau jual kembali GB 250 nya. Lha wong populasinya langka banget.
Mengenai teknologi DOHC nya menurut ane cukup unik tapi ribet. Motor 4 klep umumnya entah itu SOHC entah itu DOHC memiliki batang klep yang sejajar satu sama lain. Tetapi mekanisme DOHC nya Honda GB 250 ini klepnya tidak sejajar satu sama lain, melainkan membentuk sudut, kalau dilihat dari atas, polanya radial menjauh satu sama lain tapi "wajah" keempat klepnya terfokus di ruang bakar. Maka noken as nya pun juga unik, lobe nya terpisah menjauh antara satu sama lain.


Tapi dengan layout seperti itu punya keuntungan lain, yaitu padatnya dan tingginya laju gas masuk dari karbu ke ruang bakar. Jadi gas berupa campuran bbm + udara berasa kaya dipadatin di ruang bakar. Jadi ada sedikit "supercharger effect" kalo menurut bahasa ane.

Yup itulah overview singkat mengenai Honda GB 250. Motor Honda lawas dengan style CB klasik yang dipersenjatai mesin big single 250 cc dengan 2 karbu & 2 knalpot.  Bagi yang penasaran tentang gimana wujudnya, monggo dipantengin video di bawah ini, sekian semoga bermanfaat, wassalamu'alaikum.






Komentar

Postingan Lain

Jenis-Jenis Swing Arm pada Sepeda Motor

Chassis : Owh… Baru Tahu Jadi Ini Pengaruh Panjang-Pendek Swing Arm Terhadap Keausan Ban

10 Macam Perbedaan Antara Head Silinder Jamus 3 Klep dengan Punya Honda Supra

Piston Alternatif Buat Pulsar 180, 200, 220 UG3/UG4 & NS200

Cara Pasang Kampas Kopling Honda All New CB150R Streetfire yang Baik dan Benar

Keunggulan dan Kelemahan Mesin Jamus Klep 3

Honda Supra Masuk Gigi 1 Motor Loncat, Ini Sumber Masalahnya...