Robot : Toro, Robot Berbentuk Mirip Manusia oleh DLR

Humanoid, bisa disebut robot berbentuk mirip manusia, punya 2 tangan, 2 kaki, & 1 kepala. Dilihat dari penamaan dan area kerjanya, robot ini masuk kategori collaborative karena tidak memerlukan pagar pelindung (safety fence) maupun medan pelindung (workzone), yang artinya robot ini tidak akan melukai perasaan manusia.


Robot yang akan kita bahas adalah COMANOID : Multi-contact Collaborative Humanoids in Aircraft Manufacturing. Btw sepintas robot ini mengingatkan ane akan robot Asimo buatan Honda.


COMANOID sendiri istilah dari DLR - Institute of Robotics and Mechatronics. Yaitu sebuah institusi dari Jerman yang men-develop bermacam-macam robot untuk memudahkan tugas manusa dan bisa berinteraksi dengan aman dengan manusia. Robot yang di-develop oleh DLR dirancang untuk bisa melakukan tugas yang berbahaya kalau dilakukan manusia.

Robot COMANOID yang kita bahas bernama "Toro" yang di-develop oleh DLR. Toro ditugasi untuk merakit komponen badan pesawat di dalam kabin pesawat di mana sulit jika dilakukan oleh manusia ataupun jenis robot yang pakai roda ataupun pakai rel. Toro bekerja secara autonomous (tidak ada campur tangan manusia). Toro dikendalikan secara torque-controlled. Toro mendeteksi barang / komponen badan pesawat menggunakan kamera sebagai mata dan depth map sebagai ingatan lokasi.

Berikut ini adalah demonstrasi Toro bekerja memasang sebuah komponen badan pesawat ke jendela pesawat :

Pertama, Toro "melihat" komponen badan pesawat di sebuah meja.


Kedua, setelah memutuskan komponen badan pesawat mana yang mau diambil, lalu Toro mengambilnya (yaah harusnya pake tangan kanan, gan, hehehe).


Ketiga, Toro berjalan menuju komponen kabin pesawat.


Keempat, Toro pegangan tiang. Ehem... unik juga yak, pake acara pegangan tiang segala. Mungkin maksudnya memegang tiang tersebut untuk referensinya Toro.


Kelima, Toro memasang komponen badan pesawat-nya. Selesai.


Yup demikianlah penjelasan singkat dan demonstrasi Toro, robot COMANOID yang ditugasi untuk memasang komponen badan pesawat. Dan buat masbro yang penasaran demonstrasi lengkapnya, berikut video demonstrasi Toro memasang komponen badan pesawat :


Semoga bermanfaat, wassalamu'alaikum.


Komentar

Postingan Lain

Jenis-Jenis Swing Arm pada Sepeda Motor

Chassis : Owh… Baru Tahu Jadi Ini Pengaruh Panjang-Pendek Swing Arm Terhadap Keausan Ban

10 Macam Perbedaan Antara Head Silinder Jamus 3 Klep dengan Punya Honda Supra

Piston Alternatif Buat Pulsar 180, 200, 220 UG3/UG4 & NS200

Cara Pasang Kampas Kopling Honda All New CB150R Streetfire yang Baik dan Benar

Keunggulan dan Kelemahan Mesin Jamus Klep 3

Honda Supra Masuk Gigi 1 Motor Loncat, Ini Sumber Masalahnya...