Mesin CB

Coba lihat mesin ini :

"Exhaust pipes and right side - 1976 Honda CB 750 motorcycle 030" oleh Joe Ross dengan lisensi Creative Common


Dilihat dari bentuk kepala silindernya, blok silindernya,sepintas kaya mesin Honda Verza, tapi 4 silinder segaris. Hmmm... kalo lihat di judul postingan ini mesin CB, CB apaan yah ? (Biar penasaran gitu hahaha) Kok sangar gini, nganti patang silinder (sampai empat silinder).

"1976 Honda CB 750 motorcycle 018" oleh Joe Ross dengan lisensi Creative Common

Dilihat dari bentuk intake-nya yang lurus ke belakang ini belum downdraft. Dan dilihat dari lubang setelan klep di kop silindernya, ini mesin masih SOHC alias satu noken as, soalnya lubang setelan klepnya cuma 2 di tiap silinder. Ala - ala GL-Pro / CB /Tiger gitu.

Well.... masbro dan mbaksist tahu ini mesin apa hayoo ?

Ini tidak lain dan tidak bukan adalah mesin Honda CB 750 Four. Atau disebut juga Honda Dream CB 750 Four.

"Honda CB750 Four K1 1971" oleh Khaosaming
dengan lisensi Creative Common


SEJARAH SINGKAT

Sedikit cerita mengenai motor yang mungkin bisa dibilang "simbah-e" semua clan CB di tanah air.

CB 750 ini awalnya diproduksi untuk pasar Amerika kala itu dan merupakan superbike pertama di dunia. Motor ini diproduksi pada rentang tahun 1969 - 2003 dan 2007. Dirakit di kotanya One Punch-Man alias Saitama, Jepang.

Model ini disebut juga motor UJM (Universal Japanese Model). UJM itu yang ane tahu gampangnya gini, desain motor harian yang pernah beken di tahun 1970-1990 awal. Kalau di tanah air, pernah diterapkan di motor - motor berikut :

(1) Semua Honda CB dengan mesin berpendingin udara dari 100 cc sampai 200 cc.
(2) Honda GL 100, 125, Max, Pro
(3) Kawasaki Binter Merzy KZ 200
(4) Suzuki Thunder 250 & 125
(5) Yamaha Scorpio versi tanki kotak
(6) Yamaha RX-King

Format mesin Inline Four sebenarnya sudah banyak diproduksi sebelum era PD II. Tetapi Honda bikin format inline-four populer lewat CB 750 nya. Dan format mesin ini jadi dominan di pasaran kala itu.

Honda Jepang memperkenalkan CB 750 ini di Amerika pada 1969 setelah sukses dengan cc kecilnya macam bebek C-Series dan kawan-kawannya. Honda CB 750 memang dikhususkan untuk pasar Amerika setelah pendiri Honda, bapak Soichiro Honda sering ketemuan dengan dealer-dealer di Amerika dan melihat peluang bisnis untuk memasarkan motor dengan cc besar di sana.

SPESIFIKASI

Di era 1970-1990 an awal, teknologi OHC (Overhead Camshaft)  merupakan teknologi yang "sesuatu" banget, kalo jaman now sama hebohnya dengan VVA, VTEC, Supercharger, Slupper Clutch, Launch Control, Traction Control, 6-Axis IMU, dkk.

Karena pada rantang, eh... rentang tahun itu motor-motor 4 tak masih pakai penggerak klep model push rod (OHV - Overhead Valve) kaya di Honda CG 125 atau mesin-mesin Harley.


(Mekanisme OHV pada "Honda CG 125", oleh : 88EIGHTY88EIGHT88)

OHV ini lebih jadul ketimbang OHC / SOHC. Keunggulan mesin OHC dibanding OHV adalah suplai udara-bbm lebih akurat, gesekan lebih rendah, mesin lebih ringan, tidak seberisik mesin OHV.

CB 750 yang nearly square ini (karena bore x strokenya : 61 x 63 mm) menganut teknologi mesin yang sudah kita kenal di motor-motor macam CB 100, CB 125, GL 100, GL 125, GL Pro, Tiger, Scorpio, bahkan beberapa motor jaman now macam : Verza, KLX 150, CRF150L, Mega Pro, Byson, Apache 160 & 180, Pulsar 180 & 220, bahkan Suzuki V-Storm 250. Yup teknologi mesin yang dimaksud adalah SOHC 2 valve berpendingin udara. Teknologi yang wow banget di jaman old 1970-1990 awal.

Cuma bedanya kalau CB 750 ini silindernya 4.

Berikut adalah spesifikasi BC, eh.... CB 750 Four :

Tahun produksi : 1969 - 2003 & 2007
Kapasitas : 736 cc, SOHC pendingin udara, 2 valve per silinder
Bore x Stroke : 61 x 63 mm
Top speed : 201 km/jam
Tenaga puncak : 68 HP @8500 rpm
Torsi puncak : 60 N.m @7000 rpm
Transmisi : 5-speed kopling manual
Suspensi depan : garpu teleskopik
Suspensi belakang : dobel sok
Rem depan : cakram
Rem belakang : tromol
Ukuran roda depan : 3.25 inch, velg ring 19
Ukuran roda belakang : 4.00 inch, velg ring 18
Wheelbase : 1460 mm
Tinggi jok ke tanah : 790 mm
Berat basah : 233 kg
Kapasitas tanki bbm : 19 liter bensin pertamax, hehehe

Yup demikian pembahasan singkat tentang mesin CB 750, semoga bermanfaat.

"Honda CB 750 Four, redoleh Cjp24 dengan lisensi Creative Common




Komentar

Postingan Lain

Jenis-Jenis Swing Arm pada Sepeda Motor

Chassis : Owh… Baru Tahu Jadi Ini Pengaruh Panjang-Pendek Swing Arm Terhadap Keausan Ban

10 Macam Perbedaan Antara Head Silinder Jamus 3 Klep dengan Punya Honda Supra

Cara Pasang Kampas Kopling Honda All New CB150R Streetfire yang Baik dan Benar

Piston Alternatif Buat Pulsar 180, 200, 220 UG3/UG4 & NS200

Keunggulan dan Kelemahan Mesin Jamus Klep 3

Honda Supra Masuk Gigi 1 Motor Loncat, Ini Sumber Masalahnya...