Honda CB Jahat Bermesin V4, Udah Kaya Ducati Aja Nih

WARKOPSPEED.BLOGSPOT.COM - Satu kata : Mantap. Mantap betul lihat bongkahan mesin Honda CB satu ini, mesinnya V4 alias 4 silinder berkonfigutasi V, udah kayak motornya Marquez atau Dovi aja nih hehehe. Ya iyalah Marquez naik Honda RC213V, Dovi naik Ducati Desmosedici yang mana keduanya pakai mesin V4 1000 cc. Kalau Rossi beda, dia naik YZR-M1 yang mana mesinnya Inline-4 1000 cc.

Baca juga : Perlukah Ganti Knalpot Setelah Bore Up / Stroke Up ?

CB Jahat Bermesin V4
Credit : Cb jahat 4 silinder jadi jadi satu || suaranya ngeri,
by : Dicky Concept2, under the CC-BY License

CB jahat bermesin V4 ini diposting oleh akun youtube Dicky Concept2. Kalau dilihat di videonya CB jahat bermesin V4 ini pakai kop dan blok kepunyaan Honda Tiger. Kalau beneran maka kapasitasnya adalah sekitar 800cc, Tiger itu cc nya 200 cc (196 ding, hehehe). Tiger dalam kondisi standaran punya tenaga kisaran 17 tenaga kuda dan torsi kisaran 16 N.m. maka kalau dibikin V4 800 cc tenaganya sekitar 70-an tenaga kuda, torsinya sekitaran 64 N.m dengan top speed estimasi 200-an km/jam. Maklum ini masih 2 klep per silinder. Sementara kalau pakai blok dan kop kepunyaan Honda Megapro yang 157 cc, maka kapasatias mesin V4 nya jadi sekitar 640 cc. Yah ini cuman analisa ngawur saya aja kok, mungkin aktualnya lebih kenceng. Tapi jadi penasaran bentuk poros engkolnya.

CB 4 silinder
Credit : Cb jahat 4 silinder jadi jadi satu || suaranya ngeri
by : Dicky Concept2, under the CC-BY License

Karena mesinnya udah V4, maka rangka perlu digedein dan diperkuat, sekarang sudah pakai tulangan ganda di depan menyambung dari bawah komstir hingga bawah poros swing arm. Rangka model gini sebutannya double cradle frame, jenis rangka yang juga diaplikasikan ke Yamaha Scorpio atau Bajaj Pulsar. Urusan pembuangan andalkan knalpot racing dalam negeri, siapa lagi kalau bukan CLD. Untuk menghentikan laju mesin V4-nya yang jahat, cakram depan pakai double biar bisa imbangin tenaga gedenya. Oh iya meskipun mesinnya udah V4, tapi nyalainnya masih bisa pakai selah (kick starter) lho, keren.

Dan masukan aja sih, baiknya dipasangin oil cooler, mengingat mesinnya udah jadi V4 jahat gitu biar nggak overheat. Suaranya sangar pokoknya mirip suara motor MotoGP lah, penasaran ? Dengerin di video di bawah ini, pakai headset biar lebih merdu :

Sekian, semoga bermanfaat, wassalamu'alaikum.

Artikel sebelumnya : Detail Bener Nih Miniatur Die Cast Ducati Panigale 1199 Satu Ini...

Komentar

Postingan Lain

Jenis-Jenis Swing Arm pada Sepeda Motor

Chassis : Owh… Baru Tahu Jadi Ini Pengaruh Panjang-Pendek Swing Arm Terhadap Keausan Ban

10 Macam Perbedaan Antara Head Silinder Jamus 3 Klep dengan Punya Honda Supra

Cara Pasang Kampas Kopling Honda All New CB150R Streetfire yang Baik dan Benar

Piston Alternatif Buat Pulsar 180, 200, 220 UG3/UG4 & NS200

Keunggulan dan Kelemahan Mesin Jamus Klep 3

Honda Supra Masuk Gigi 1 Motor Loncat, Ini Sumber Masalahnya...