Begini Tampilan Kawasaki Ninja ZX-RR 2002, Mirip Robot

ZX-RR adalah motor yang memiliki dua roda (ya iyalah, kalau rodanya tiga bemo atuh). Maksudnya ZX-RR ini motor bikinan Kawasaki yang dipakai di ajang balap MotoGP. Sebenernya aku yang ketinggalan berita sih, baru tahu belakangan kalau ZX-RR yang versi awal (2002) punya bentuk yang unik, kayak robot menurut inyong.


Kawasaki ZX-RR ini eksis di MotoGP selama delapan musim saja, yaitu dari tahun 2002 - 2009. Musim 2009 tim pabrikan Kawasaki sudah nggak main lagi di MotoGP, yang turun adalah tim privateer Hayate Racing yang pakai ZX-RR dengan jokinya Marco Melandri.

Mesin inline-4 punya Kawasaki ZX-RR waktu masih menganut pola pengapian SCREAMER flat plane crankshaft 180 derajat, termasuk mesin inline-4 yang sangat brutal tenaganya. Mesin ini nggak mencerminkan karakter inline-4 sama sekali yang kita kenal. Mesin inline-4 ZX-RR bisa ngimbangin mesin V5-nya Honda RC211V pada masanya, powernya sama-sama di sekitaran 240 HP, sedangkan YZR-M1 saat itu 230-an HP, Ducati Desmosedici 250-an HP. Mesin inline-4 yang unik, di mana temen-temennya berkarakter "lembut", lha ini ZX-RR malah "begajulan", boleh nih dibilang mesin inline-4 rasa V4, hahaha.

Kelemahan dari ZX-RR adalah sasisnya yang nggak sanggup ngimbangin mesin inline-4 rasa V4-nya itu. Geterrrrr (chatter) mulu, ban belakang juga spin melulu di corner exit. Tapi di trek lurus bejaban lawan Honda RC211V lhoh.

Okre, berikut ini ada beberapa foto Kawasaki ZX-RR 2002 yang seingat inyong sasis dan bodywork-nya masih bikinan Kawasaki, belum divendorin ke Suter, cekidot : 










Credit : 

Kawasaki Ninja ZX-RR(2002)  Ninja ZX-RR(柳川仕様) 元MotoGP・世界GPライダーの中野真矢 Kawasaki Good Times World, by : 一二三渡辺, CC-BY


Kawasaki Ninja ZX-RR 2002, by : RikitaCC-BY-SA

Komentar

Postingan Lain

Chassis : Owh… Baru Tahu Jadi Ini Pengaruh Panjang-Pendek Swing Arm Terhadap Keausan Ban

Jenis-Jenis Swing Arm pada Sepeda Motor

10 Macam Perbedaan Antara Head Silinder Jamus 3 Klep dengan Punya Honda Supra

Cara Pasang Kampas Kopling Honda All New CB150R Streetfire yang Baik dan Benar

Piston Alternatif Buat Pulsar 180, 200, 220 UG3/UG4 & NS200

Honda Supra Masuk Gigi 1 Motor Loncat, Ini Sumber Masalahnya...

Keunggulan dan Kelemahan Mesin Jamus Klep 3