Begini Tampilan Kawasaki Ninja ZX-RR 2002, Mirip Robot
ZX-RR adalah motor yang memiliki dua roda (ya iyalah, kalau rodanya tiga bemo atuh). Maksudnya ZX-RR ini motor bikinan Kawasaki yang dipakai di ajang balap MotoGP. Sebenernya aku yang ketinggalan berita sih, baru tahu belakangan kalau ZX-RR yang versi awal (2002) punya bentuk yang unik, kayak robot menurut inyong.
Kawasaki ZX-RR ini eksis di MotoGP selama delapan musim saja, yaitu dari tahun 2002 - 2009. Musim 2009 tim pabrikan Kawasaki sudah nggak main lagi di MotoGP, yang turun adalah tim privateer Hayate Racing yang pakai ZX-RR dengan jokinya Marco Melandri.
Mesin inline-4 punya Kawasaki ZX-RR waktu masih menganut pola pengapian SCREAMER flat plane crankshaft 180 derajat, termasuk mesin inline-4 yang sangat brutal tenaganya. Mesin ini nggak mencerminkan karakter inline-4 sama sekali yang kita kenal. Mesin inline-4 ZX-RR bisa ngimbangin mesin V5-nya Honda RC211V pada masanya, powernya sama-sama di sekitaran 240 HP, sedangkan YZR-M1 saat itu 230-an HP, Ducati Desmosedici 250-an HP. Mesin inline-4 yang unik, di mana temen-temennya berkarakter "lembut", lha ini ZX-RR malah "begajulan", boleh nih dibilang mesin inline-4 rasa V4, hahaha.
Kelemahan dari ZX-RR adalah sasisnya yang nggak sanggup ngimbangin mesin inline-4 rasa V4-nya itu. Geterrrrr (chatter) mulu, ban belakang juga spin melulu di corner exit. Tapi di trek lurus bejaban lawan Honda RC211V lhoh.
Okre, berikut ini ada beberapa foto Kawasaki ZX-RR 2002 yang seingat inyong sasis dan bodywork-nya masih bikinan Kawasaki, belum divendorin ke Suter, cekidot :
Credit :
Kawasaki Ninja ZX-RR(2002) Ninja ZX-RR(柳川仕様) 元MotoGP・世界GPライダーの中野真矢 Kawasaki Good Times World, by : 一二三渡辺, CC-BY
Komentar
Posting Komentar