2 Stroke : Suara RGV 250 yang Garing-Garing Merdu

Salah satu motor favorit ane jaman masih muda...lho...emange saiki wes tuwo yaa...hayooo konangan kowee...hehehe.... yoo masih merasa muda, wong hingga artikel ini terbit ane masih balita (bawah tiga puluh lima tahun), huehehehe....

Screenshot from Video NEW SUZUKI RGV-Γ250SP(VJ23A) by : arajin7023 under the CC-BY License

MESIN
Sebelum kita dengerin suara raungan mesinnya yang eksotis itu, kita bahas dikit si RGV, motorsport 2 tak Suzuki bermesin V2 ini. RGV 250 yang ane bahas kali ini yang keluaran 1996, jenis SP (Sport Production).

Screenshot from Video NEW SUZUKI RGV-Γ250SP(VJ23A) by : arajin7023 under the CC-BY License

Mesin V2 70 derajatnya yang versi full power (non restricted) bisa memuntahkan tenaga maksimal hingga 70 tenaga kuda di 11000 rpm. Banter lek, ini mah bejaban lawan Kawasaki ER-6n atau Z650 yang mesinnya 4 tak DOHC Parallel Twin (2 silinder segaris) yang tenaga puncaknya kisaran 67 HP di 8000 rpm, lebih torqy sih si Z650 / ER-6n. Tapi kalo betot-betotan (tarik-tarikan) harusnya menang si RGV 250 SP dengan catatan mesin masih sehat bugar.

Screenshot from Video NEW SUZUKI RGV-Γ250SP(VJ23A) by : arajin7023 under the CC-BY License

Motor yang merupakan saingannya Kawasaki KR-1S ini di versi tahun 1996 ini malah dibatasi tenaganya (restricted), jadinya tenaga maksimalnya "cuman" 39 HP di 9500 rpm... weleh-weleh... lha koq sami mawon sama Ninja 250 Fi & CBR 250 RR. Tapi ingat... itu tenaga versi dibatasi (restricted) yah...

Screenshot from Video NEW SUZUKI RGV-Γ250SP(VJ23A) by : arajin7023 under the CC-BY License

Dan di versi 1996 ini, mesinnya lebih overstruk dengan bore x stroke 54 x 54 mm. Kalau versi sebelumnya overbore dengan bore x stroke 56 x 50.6 mm. Karbunya juga lebih kecil, 32 mm dibanding versi sebelumnya yang 34 mm.

Screenshot from Video NEW SUZUKI RGV-Γ250SP(VJ23A) by : arajin7023 under the CC-BY License

RGV 250 SP ini menganut konfigurasi mesin V-Twin 70 derajat, mesinnya V2, Kang dan engga menganut SOHC maupun DOHC, lha iyalaaaaaghgh.... wong ini motor 2 tak. Mesin 2 tak mah ga perlu DOHC-DOHC-an, dia udah kenceng dari lahir, hehehe becanda, Kang.

Screenshot from Video NEW SUZUKI RGV-Γ250SP(VJ23A) by : arajin7023 under the CC-BY License

Mesin V-Twinnya RGV ini menganut teknologi SAPC (Suzuki Advanced Power Controller), yaa semacam SuperKIPS di Ninja RR, RC Valve di NSR, atau YPVS di RZV. SAPC adalah katup tambahan yang berfungsi semacam booster, tenaganya jadi serasa 2x lebih nonjok, yaa efeknya kaya pas katup SuperKIPS membuka lah.

Screenshot from Video NEW SUZUKI RGV-Γ250SP(VJ23A) by : arajin7023 under the CC-BY License

SAPC ini sendiri beda dari Super KIPS yang mekanis, SAPC ini dikendalikan secara electronik dan punya fungsi mengatur waktu pengapian. SAPC ini ada modulnya / otaknya. Otaknya lokasinya ada di bawah jok belakang sebelah kiri kalau ga salah, bentuknya kotak item kaya CDI.

CHASSIS
Sasisnya model twin spar berbahan aluminium yang keker (orang kite nyebutnya "sasis deltabox").

Screenshot from Video NEW SUZUKI RGV-Γ250SP(VJ23A) by : arajin7023 under the CC-BY License

Swing armnya sendiri termasuk advance di zamannya. Model semi banana yang asimetris. Banana-nya di sisi kanan, sementara sisi kirinya model balok dengan penguat dibatasnya (upper brace).

Sisi kanan model banana :
Screenshot from Video NEW SUZUKI RGV-Γ250SP(VJ23A) by : arajin7023 under the CC-BY License

Sisi kiri model upper brace :
Screenshot from Video NEW SUZUKI RGV-Γ250SP(VJ23A) by : arajin7023 under the CC-BY License

Dan teknologi rangka dan swing arm ini "diwariskan" ke Suzuki FXR 150 lhoh. Tapi sayangnya ga "diwariskan" ke GSX-R 150 (yaaaaghgh...). Faktor harga kayaknya. Soale biaya produksi sasis twin spar aluminium plus swing arm banana-nya itu lebih mahal ketimbang sasis model steel diamond yang pakai pipa besi kotak maupun bulet.

Screenshot from Video NEW SUZUKI RGV-Γ250SP(VJ23A) by : arajin7023 under the CC-BY License

Untuk suspensi depan udah pake asepdon (upside-down) dengan pengereman depan double disc 290 mm dengan kaliper 4 piston. Sementara suspensi belakang monosok Full Floater (kayaknya semacam teknologi monosok dengan link) dengan pengereman belakang cakram tunggal kaliper 1 piston.

Screenshot from Video NEW SUZUKI RGV-Γ250SP(VJ23A) by : arajin7023 under the CC-BY License

Screenshot from Video NEW SUZUKI RGV-Γ250SP(VJ23A) by : arajin7023 under the CC-BY License

RAUNGAN SUARA
Ini dia yang ditunggu-tunggu, kita mau dengerin suara dari sebuah mesin 2 stroke V-Twin 250 cc dengan powervalve. Wuiiihhh konplit ibarat mie ayam bakso ada topping cumi sama udang... lhooohhh ??? Hehehe...

Screenshot from Video NEW SUZUKI RGV-Γ250SP(VJ23A) by : arajin7023 under the CC-BY License

Suara dari mesin 2 tak multi silinder itu garing-garing serak gimana gitu, beda dari yang 1 silinder, apalagi suara mesin 2 tak V4, oke penasaran ama raungan suara standar dari Suzuki RGV 250 SP ? Monggo disimak video di bawah ini, eh pakai head set ya biar lebih meresapi, hehehe.


Oke sekian pembahasan singkat gimana sih raungan suara dan sedikit spek Suzuki RGV 250 versi Sport Production ini. Kalau mau lengkap sih bisa ke blognya Kang Eno (EA's Blog). Kalau di blog ane cuma pembahasan singkat dan suaranya aja. Semoga bermanfaat, wassalamu'alaikum.

Screenshot from Video NEW SUZUKI RGV-Γ250SP(VJ23A) by : arajin7023 under the CC-BY License





Komentar

Postingan Lain

Jenis-Jenis Swing Arm pada Sepeda Motor

Chassis : Owh… Baru Tahu Jadi Ini Pengaruh Panjang-Pendek Swing Arm Terhadap Keausan Ban

10 Macam Perbedaan Antara Head Silinder Jamus 3 Klep dengan Punya Honda Supra

Piston Alternatif Buat Pulsar 180, 200, 220 UG3/UG4 & NS200

Cara Pasang Kampas Kopling Honda All New CB150R Streetfire yang Baik dan Benar

Keunggulan dan Kelemahan Mesin Jamus Klep 3

Honda Supra Masuk Gigi 1 Motor Loncat, Ini Sumber Masalahnya...