Robot : Kawasaki "duAro"

Salah satu robot bikinan Kawasaki yang sebenernya udah dilaunching dari 2015, udah lamaaa bener tapi baru ane bahas, kemana aja eike yah ? Yup Kawasaki juga bikin robot, ga cuma bikin Ninja dimana ga Ninja ga cinta. Robot yang ane bahas ini punya nama "duAro" yang artinya "dual arm robot". (Dan selanjutnya kita sebut aja duAro).

duAro ini sebenernya gabungan dari 2 buah robot SCARA (Selective Compliance Articulated Robot Arm)  sehingga seolah-olah duAro berbentuk seperti setengah badan orang dengan 2 tangan. duAro punya 2 x 4 axis (atau 8 axis / sendi). Tujuan dirancangnya robot ini adalah buat nambah "cuan" sebuah perusahaan (ya iyalah....). Ehem.... meningkatkan output produksi dan keuntungan perusahaan maksudnya.

Screenshot from Video KAWASAKI duAro의 제품검사 by : 

Robot ini termasuk jenis robot kolaboratif, maksudnya bisa bekerjasama dengan manusia. Dan memang dirancang untuk kolaborasi dengan orang. Ciri khas robot kolaboratif adalah :

(1) Robot ini akan nunggu kita kalau kitanya belum selesai merakit suatu produk (bahkan mungkin bisa diprogram buat nyolek atau nampol kita kalau dalam waktu tertentu kita ga selesai-selesai ngerjain sesuatu, huehehehe....).

Screenshot from Video KAWASAKI duAro의 제품검사 by : 

(2) Kalau robot ini nyenggol kita atau kita yang nyenggol robot, maka robot akan berhenti atau melemaskan sendinya supaya ga melukai kita.

Screenshot from Video KAWASAKI duAro의 제품검사 by : 

Oke, berikut ini ada sebuah pameran yang mendemonstrasikan duAro. Di situ duAro mendemonstrasikan kemampuannya memindah-mindahkan laptop, tablet, dan barang-barang di sekitarnya serta memainkan sebuah tablet, cekidot video di bawah :


duAro yang memiliki model name WD002N ini memiliki payload atau kekuatan megang benda sebesar 2 kg tiap lengannya, cukuplah buat mindah-mindahin HP dan Laptop. Radius jangkauannya adalah 760 mm dengan tingkat kepresisian pengulangan (repeatability) sebesar 0.05 mm +/-.

Screenshot from Video KAWASAKI duAro의 제품검사 by : 

duAro ini cocok diterapkan untuk assembly produk yang life-cyclenya cepet banget, atau yang trend gonta-gantinya cepet banget dimana kalau bangun mesin malah bakal bengkak biayanya dan susah balik modal.

Mungkin segitu saja penjelasan singkat mengenai robot 2 lengan dari Kawasaki ini, semoga bermanfaat, wassalamu'alaikum.

Komentar

Postingan Lain

Jenis-Jenis Swing Arm pada Sepeda Motor

Chassis : Owh… Baru Tahu Jadi Ini Pengaruh Panjang-Pendek Swing Arm Terhadap Keausan Ban

10 Macam Perbedaan Antara Head Silinder Jamus 3 Klep dengan Punya Honda Supra

Cara Pasang Kampas Kopling Honda All New CB150R Streetfire yang Baik dan Benar

Piston Alternatif Buat Pulsar 180, 200, 220 UG3/UG4 & NS200

Keunggulan dan Kelemahan Mesin Jamus Klep 3

Honda Supra Masuk Gigi 1 Motor Loncat, Ini Sumber Masalahnya...