Overview : Suzuki Katana GSX250S

Pengennya sih Suzuki Indonesia ngeluarin model gini, pake mesin GSX-R 150 aja deh buat nyaingin Yamaha XSR 155 dan Kawasaki WR 175. Toh basis frame bisa adaptasi dari Suzuki Thunder, wong mirip, hehe. Yup inilah Suzuki Katana GSX250S yang kalau Kangmas dan Mbakyu perhatikan mesinnya pakai mesin DOHC 4 silinder 16 valve segaris dengan pendinginan udara, kelihatan kan keker abis mesin Inline-Four nya. Katana 250 ini diproduksi tahun 1991-1992 sejauh yang ane tahu.



Katana 250 ini pakai kode GSX lalu disusul angka 250 dan belakangnya adalah huruf S. Yang ane tahu, itu menandakan kalau Katana ini jenis sport turing, sama halnya dengan Suzuki Thunder GSX 250. So bukan track oriented ya, Katana 250 ini karakternya mirip Yamaha Scorpio dituning tapi dengan power yang lebih gede.



MESIN

Mesin 4 silinder dengan bore x stroke 49 x 33 mm dikali 4 silinder sanggup menyemburkan tenaga puncak 40 HP @13500 rpm dan torsi puncak di 26,4 N.m @10000 rpm. Tuh kan, bore x stroke-nya identik dengan Suzuki GSX-R 250 SP cuma beda karakter. Di mana Suzuki GSX-R 250 SP sanggup menyemburkan power sebesar 45 HP @14000 rpm dan torsi puncak 24 N.m @10500 rpm.


Kalau Suzuki Katana GSX250S karakternya lebih ke torsi, kalau Suzuki GSX-R 250 SP lebih ke power. Yup karena kedua motor tersebut orientasinya beda, Katana buat touring dan berangkat ke sekolah atau ke kantor, sementara GSX R 250 SP buat sunmori atau nyentul, hehe. So beda.


Untuk karburatornya pakai Mikuni 29 mm x 4 biji. Ukuran ini sama dengan venturi karbu-nya Suzuki FXR 150 dan Bajaj Pulsar 180 & 200 DTS-i yang mana sama-sama 29 mm.

CHASSIS

Berpindah ke chassis. Frame-nya pakai model double cradle, kalau yang belum paham apa itu rangka double cradle, bisa sobat lihat rangkanya Bajaj Pulsar yang bukan NS, Yamaha RX-King, Yamaha Scorpio. Di situ menjulur 2 pipa di depan mesin, itulah yang dinamakan double cradle. Rangka jenis ini memeluk mesin dengan erat seperti ga mau dipisahkan bak 2 sejoli yang dimabuk cinta, haiyyyahhhh....

Rangka jenis double cradle juga banyak diterapkan di motor-motor enduro atau SE model lawas. Memang cukup kuat dan "badak" sih rangka jenis ini. Bobot kering Katana 250 sendiri adalah 160 kg. Abott Kang.


KAKI-KAKI & PENGEREMAN

Suspensi depan model teleskopik 37 mm sama dengan punya Ninja 250 Fi yang 2017 ke bawah. Velg menganut palang 3 dengan single disc depan berdiameter 300 mm berkaliper piston ganda dan single disc belakang 240 mm berkaliper piston tunggal sepertinya. O iya cakram depan posisinya di sebelah kiri kaya di Thunder 125. Untuk sok belakang masih pakai double shock dengan tabung gas, nah ini identik dengan Bajaj Pulsar 180, 200, 220 DTS-i. Ban depan pakai ukuran 110/70-17 dan belakang 140/70-17. Enaknya ganti aja pakai Zeneos Turino, hehe.




VIDEO

Berikut video overview Suzuki Katana GSX 250 S, cekidot :


KESIMPULAN

Kesimpulannya ya ini motor bagusnya dibikin versi 150 cc-nya dengan mesin GSX-R 150, hehe.
Sekian dari ane, kurang lebihnya mohon maaf, semoga bermanfaat, wassalamu'alaikum.


Komentar

Postingan Lain

Cara Pasang Kampas Kopling Honda All New CB150R Streetfire yang Baik dan Benar

Chassis : Owh… Baru Tahu Jadi Ini Pengaruh Panjang-Pendek Swing Arm Terhadap Keausan Ban

10 Macam Perbedaan Antara Head Silinder Jamus 3 Klep dengan Punya Honda Supra

Jenis-Jenis Swing Arm pada Sepeda Motor

Honda Supra Masuk Gigi 1 Motor Loncat, Ini Sumber Masalahnya...

Bore Up & Stroke Up Si Kebo Jadi 260 cc (Bajaj Pulsar 260 cc)

Piston Alternatif Buat Pulsar 180, 200, 220 UG3/UG4 & NS200