Modifikasi : Honda CB 6-Silinder Modif jadi Ganteng

Ini dia si ganteng nan tampan yaitu guee,,, (dan sandal-sandal bermerk swallow pun melayang bebas ke arah guee...). Yup ane alias gue yaitu saya atau bisa juga disebut aku mau nunjukkin sebuah Honda CB modifikasi. CB ini bukan CB biasa, bukan pula CB blarrr...blarrr..., akan tetapi CB zing...zing... nguiing...nguiing, karena ini tidak bukan dan tidak lain adalah Honda CBX 1000 yang bermesin DOHC 24 valve 6 silinder segaris atau Inline Six yang mana pernah ane bahas singkat di artikel ini.

by : Misterhelmet under the CC-BY License

CBX 1000 ini masuk kategori Hyperbike (levelnya di atas Superbike), sekelas dengan Kawasaki Ninja H2R atau Suzuki Hayabusa kalau di zaman now. Akan tetapi CBX 1000 ini lahir di zaman old, tahun 1980-an (saya belum lahir, dan belum ada instagram waktu itu). Honda bikin motor ini sebagai produk flagshipnya kala itu dan dirancang bisa digunakan di berbagai belahan bumi, akan tetapi tidak bisa digunakan di atas permukaan air laut ya.

by : Misterhelmet under the CC-BY License

O iya ane lupa kalau gambar yang ane posting di atas gambar CBX yang udah dimodif, nah di bawah ini gambar Honda CBX 1000 yang kira-kira masih 98% asli standard jeglek pabrik. Nih....


Oke kangmas dan mbakyu, kali ini kita akan tengok hasil modifikasi Honda CBX 1000 yang dishare oleh akun Youtube Misterhelmet

Kita mulai dari...

MESIN
Ssssttt, walaupun DOHC 24 valve 6 silinder segaris tapi masih bisa minum Pertalite lhoh, soale kompresinya mirip kaya Honda Tiger, cuman 9.3 : 1 (Tiger 9.0 : 1). Blok mesin udah dilabur warna hitam dan keenam karbu aslinya diganti dengan 6 deret karbu Keihin FCR 33. FCR ini jenis karbu skep kawat yang dilengkapi pompa akselerasi, yang fungsinya ngasih "booster" waktu putaran bawah atau pas stop n go. Yaaa kayak ada efek Super KIPS tapi di putaran bawah gitu kurang lebih.

by : Misterhelmet under the CC-BY License

Untuk jeroannya ane ga dapat info, tapi harusnya sih udah dioprek. Lha wong karbunya aja udah pakai karbu road race. Bisa jadi udah porting-polish, modif lobe di noken as, naikin kompresi, pakai pengapian programmable, bahkan mungkin bore up, hehehe. CBX 1000 ini tenaga maksimum standarnya 105 HP di 9000 rpm, mungkin setelah dioprek jadi 130-150 an tenaga kuda, bukan tenaga kucing lho yaa.

by : Misterhelmet under the CC-BY License

Satu yang istimewa dari CB 6 silinder ini adalah panjang mesinnya, tengok gambar di bawah. Mesin Inline-Six nya punya panjang 1 meteran, jadi silinder nomor 1 dan 6 masing-masing nyembul keluar. Sehingga kalau kangmas dan mbakyu naik CB ini, maka betis depan dan betis belakang nyaris ketutup sama blok mesin. Posisi kaya gini bikin kaki kita bisa merasakan "kehangatan" apalagi mesin CB DOHC 24 klep ini masih pakai pendinginan angin sepoi-sepoi, hehehe.

by : Misterhelmet under the CC-BY License


KNALPOT
Karbunya udah pakai Keihin FCR 33, knalpotnya pun ganti. Sepertinya pakai format 3-2 untuk masing-masing 3 silinder kiri dan 3 silinder kanannya. Dan knalpotnya punya tampilan pelangi kaya knalpot R9. Tapi yang ini merknya Ajko, dan full system. 

by : Misterhelmet under the CC-BY License

Silincernya 2 lubang dimunculin di sisi kanan. Salah satu silencer dibentuk model bambu runcing. Penasaran suaranya ? Bisa tengok videonya di artikel ini di paling bawah.

by : Misterhelmet under the CC-BY License

PENGEREMAN DAN KAKI-KAKI
Sok depan dari CBX 1000 yang punya sudut rake sebesar 27,25 derajat ini udah diganti model uside-down dari aslinya yang teleskopik. Warnanya hitam dengan pre-load adjuster kayaknya. Merknya sepertinya Ohlins dipadu dengan kaliper Brembo model radial mount dan seprtinya Euro spec kalau dilihat dari jarak antar bautnya.

by : Misterhelmet under the CC-BY License

Kaliper belakang dipasang rapi di bagian bawah swing arm monosoknya (aslinya dua sok). Merknya Nissin.

by : Misterhelmet under the CC-BY License

Sok belakang yang stereo ditanggalkan dan diganti dengan sok belakang jomblo mono. Untuk ban-nya pakai ECU Pirelli Supercorsa.
by : Misterhelmet under the CC-BY License

SPIDOMETER DAN AREA SETANG

Speedometer mempertahankan aslinya. Tampilannya mengingatkan ane akan motor sport 200 cc-an di tahun 1990-2010 (weeh inyong wes tuwoooo yaaaa). Stang pakai setang lebar merk Accossato.

by : Misterhelmet under the CC-BY License

Ada satu hal yang unik juga nih, coba lihat gantungan kuncinya, lucu bentuknya berupa miniatur ban tapak lebar. Tapi bukan ban vulkanisir yah, hehehe.

by : Misterhelmet under the CC-BY License

FOOTSTEP
Footstep yang aslinya model nyantai  udah diganti model ngga nyantai, alias model-model yang juga dipakai di tracday. Jadi posisi riding sigap gitu.
by : Misterhelmet under the CC-BY License


by : Misterhelmet under the CC-BY License

JOK
Kalau joknya sih bentuknya masih mirip dengan standarnya, bahkan kayaknya lampu belakang, tangki dan body cuma main di kelir dan grafis aja. Standaran tapi gagah.

by : Misterhelmet under the CC-BY License


VIDEO CBX 1000 Modif
Nah ini dia videonya. Buat kangmas yang penasaran terutama sama suaranya bisa tengok video ini. Oke mungkin segitu aja semoga bermanfaat, wassalamu'alaikum.

by : Misterhelmet under the CC-BY License


Komentar

Postingan Lain

Jenis-Jenis Swing Arm pada Sepeda Motor

Chassis : Owh… Baru Tahu Jadi Ini Pengaruh Panjang-Pendek Swing Arm Terhadap Keausan Ban

10 Macam Perbedaan Antara Head Silinder Jamus 3 Klep dengan Punya Honda Supra

Cara Pasang Kampas Kopling Honda All New CB150R Streetfire yang Baik dan Benar

Piston Alternatif Buat Pulsar 180, 200, 220 UG3/UG4 & NS200

Keunggulan dan Kelemahan Mesin Jamus Klep 3

Honda Supra Masuk Gigi 1 Motor Loncat, Ini Sumber Masalahnya...