Exhaust Sound : Suara Knalpot Suzuki GSX-R 250 SP 4 Silinder

Mesin 4 tak 250 cc 4 silinder emang selalu menarik untuk dibahas buat ane. Mesin jenis ini adalah salah satu jenis mesin yang bisa ngimbangin mesin 2 tak 125-180 cc 1 silinder. Karakter 4-tak 4 silinder lebih mendekati karakter 2-tak ketimbang karakter 4-tak 2 silinder.


Kalau motor 4-tak 2 silinder macam Ninja 250 Fi, CBR 250 RR, atau R25 mungkin bisa imbangin dari segi power 2-tak tapi masih belum bisa imbangin dari segi karakter 2-tak. Yang bisa ngimbangin atau mendekati ya 4-tak 4 silinder.

Oke gaes, sekarang kita akan sedikit bahas tentang Suzuki GSX-R 250 SP dengan kode GJ72A. Atau bisa dibilang "embahnya" Suzuki FXR 150, GSX-R 150, Satria Karbu 150, dan Satria FU Fi 150. GSX-R 250 SP adalah jenis super-sport 250 cc sama halnya dengan Kawasaki ZXR 250, Yamaha FZR 250, atau Honda CBR 250 RR MC22. Dibekali dengan mesin 4-tak Inline Four dengan bore x stroke 49 x 33 mm. Well... welll.... dengan stroke seuprit dikali 4 tersebut, wajar kalau GSX-R 250 SP bisa meraung hingga 14000 rpm dengan memuntahkan tenaga maksimal 45 HP di rpm tersebut dan torsi maksimal 24 N.m di rpm 10500.

Gj72ajpg by : ukki under the CC-BY License

Ngomongin soal torsi, GSX-R 250 SP ini satu-satunya yang meraihnya di putaran mesin lebih awal dari ketiga kawannya, yaitu : Kawasaki ZXR 250Yamaha FZR 250, atau Honda CBR 250 RR MC22. Semakin gede torsi dan semakin cepat rpm-nya naik, maka tarikan bawah / awalan paling cepat. Sekarang kita compare torsi puncak dari keempat super-sport 250 cc ini, kita cari tahu siapa si raja akselerasi :

Kawasaki ZXR 250

Bore x stroke : 49 X 33.1 mm
Torsi puncak : 24.5 N.m @11500 rpm

Yamaha FZR 250

Bore x stroke : 48 x 34.5 mm
Torsi puncak : 25 N.m @11500 rpm

Honda CBR 250 RR MC22

Bore x stroke : 48.5 x 33.8 mm
Torsi puncak : 23.5 N.m @11500 rpm

Suzuki GSX-R 250 SP

Bore x stroke : 49 x 33 mm
Torsi puncak : 24 N.m @10500 rpm

Dari data di atas, pemilik torsi paling gede adalah Yamaha FZR 250, yaitu 25 N.m, langkah piston atau stroke-nya juga paling panjang. Semakin panjang angan-angan langkah piston, semakin besar torsi yang didapat, tapiii rpm naiknya juga agak lambat. Ciri-cirinya adalah 25 N.m tersebut diraih di rpm 11500. Ibarat kita ngayuh sepeda dengan gigi ringan pasti beda dengan gigi berat.


Untuk melesat cepat saat start, selain dibutuhkan torsi yang gede, rpm naiknya juga kudu cepet. Gas dicolek dikit mesin udah menjerit gitu. Supaya mesin gampang menjerit, maka mesin tersebut harus punya langkah piston yang sangat pendek. Nah dari keempat super-sport yang udah disebut di atas, Suzuki GSX-R 250 SP lah yang punya langkah piston paling pendek, yaitu 33 mm tapi torsi 24 N.m-nya diraih di rpm yang paling rendah dari yang lain, yaitu 10500.


Hmmm... stroke-nya paling pendek tapi bisa dapet 24 N.m di rpm segitu, pasti ada yang spesial nih, bisa jadi flow gas speed nya paling tinggi, atau kompresi dinamis paling tinggi, atau faktor penerapan teknologi TSCC (Twin Swirl Combustion Chamber), atau yang lain. Karena umumnya motor dengan stroke pendek, torsinya lemah di putaran bawah, lha ini GSX-R 250 SP malah paling jengat (torsi 24 N.m tapi diraih di 1000 rpm lebih awal dari temen-temennya).


So dari sini ketahuan bahwa raja akselerasi adalah Suzuki GSX-R 250 SP.

Tapi perlu diketahui, komparasi ini hanya sebatas data di atas kertas walaupun kertasnya ga ada karena ane ngetiknya di blog, hehehe. Dan sebatas analisa ane saja, bisa salah bisa bener. Karena ane juga belum pernah naik salah satu dari keempat super sport 250 cc ini hingga artikel ini terbit.


Well,,, mungkin itu saja penjelasan singkat GSX-R 250 SP dari ane. Masih banyak sektor lain yang menarik untuk dibahas seperti sasis, kaki-kaki, body, kelistrikan, dan lain-lain. Buat masbro dan mbaksist yang penasaran sama suara nyaringnya Suzuki GSX-R 250 SP, monggo bisa didengar dan diresapi pada video di bawah ini :



Sekian, semoga bermanfaat. wassalamu'alaikum.

Komentar

Postingan Lain

Jenis-Jenis Swing Arm pada Sepeda Motor

Chassis : Owh… Baru Tahu Jadi Ini Pengaruh Panjang-Pendek Swing Arm Terhadap Keausan Ban

10 Macam Perbedaan Antara Head Silinder Jamus 3 Klep dengan Punya Honda Supra

Cara Pasang Kampas Kopling Honda All New CB150R Streetfire yang Baik dan Benar

Piston Alternatif Buat Pulsar 180, 200, 220 UG3/UG4 & NS200

Keunggulan dan Kelemahan Mesin Jamus Klep 3

Honda Supra Masuk Gigi 1 Motor Loncat, Ini Sumber Masalahnya...