Exhaust Sound : Suzuki Katana GSX 1100 SX

Well... artikel dibikin jam makan siang tapi postingnya pas pulang kerja wakakaka. Oookreeeee Masbro, berikut ini ada sesosok mongtor bongsor berotot legendaris DOHC 16 valve 4 silinder segaris. Dialah Suzuki Katana GSX 1100.


Motor ini ganteng bingitss kaya saya, huehehehe. Walaupun udah ada Katana 1000 reborn tapi mesinnya pake radiator. Ane pribadi sih lebih suka mesin berpendingin udara. Soalnya simple dan ukuran mesin kelihatan keker nan padet.


GSX 1100 SX ini diproduksi sekitar tahun 1980 an awal. Kapasitas aslinya 1074 cc didapat dari penggunaan bore x stroke sebesar : 72 x 66 mm di tiap silindernya. Jika kita hitung menggunakan rumus volume silinder motor bakar, yaitu :

0.785 x bore^2 (cm) x stroke (cm) =
0.785 x 7.2^2 x 6.6 = 268.6 cc

Yup, Suzuki Katana GSX 1100 ini punya volume silinder 268.6 cc di tiap silindernya. Tinggal dikaliin 4 aja jadilah 1074 cc. Well... diameter piston Katana 1100 ternyata sama dengan diameter pistonnya Suzuki Thunder 250, Kawasaki Ninja 250 SL, Kawasaki KLX / D-Tracker 250, KTM Duke/RC 250, husqvarna Svartpilen 250, Bajaj Pulsar NS 200, dan Bajaj Pulsar ane yang udah bore up pakai piston NS dan stroke up pakai kruk as Pulsar 220 cc,  Kangmas. Bedanya hanya di panjang langkah piston dan jumlah silindernya aja. Janjian kali ya hehehe....

Untuk kepala silindernya udah DOHC 16 valve, 1 silindernya udah 4 klep dengan kubah kepala silinder model TSCC (Twin Swirl Combustion Chamber). TSCC itu teknologi patennya Suzuki, sebenernya berupa bentuk geometri kepala silinder yang bisa menghasilkan pusaran angin vertikal ganda.

Prinsip TSCC itu campuran udara + bbm yang udah masuk ke ruang bakar "diblender" supaya lebih padat dan homogen. Sehingga muaranya adalah tenaga dan torsi yang guede tapi irit bbm.
Lebih nendang tapi ga boros istilahnya.

Katana 1100 ini termasuk motor overbore tapi langkahnya panjang (72 x 66 mm). Motor-motor model gini biasanya karakter tenaganya linear merata dari putaran bawah sampai atas. Ngisi terus tapi mudah dikontrol. Tenaga maksimum 111 HP @9500 rpm dan torsi maksimum 97,1 N.m @6500 rpm disalurkan melalui girboks 5-speed buat menarik bobot basahnya yang 243 kg plus bobot rider & boncenger.

5-speed ?? Wuttt ?? Bebek aja ada yang 6-speed. Eitsss... ntar dulu, jangan pernah ngeremehin motor 5-speed, apalagi ini 1100 cc 4 silinder DOHC 16 valve, buat alayer yang naik matic berknalpot bobokan jangan coba-coba nantangin ya, Katana 1100 punya top speed 220 km/jam, tahu sendiri akibatnya kalo nantangin, huehehehe.


Motor era 1980-an itu masih pake karburator. Katana 1100 ini pakai karbu Mikuni BS34SS. Weh, seukuran sama Keihin PWK 34 nih, cuma kalo Katana tipenya karbu vakum. Sssttt..... karbunya Katana 1100 sebenernya identik lho dengan karbunya Thunder 125, sama-sama kode BS-xx-SS, hanya saja Thunder venturinya lebih kecil, yaitu 26 mm (Mikuni BS26SS).

Untuk rangkanya pakai model berlian - double cradle dengan suspensi belakang dobel sok dilengkapi dengan tabung oli untuk peredaman, teknologi ini juga diterapin di Honda Tiger Revo lhoh, Mbakyu.Suspensi depan masih teleskopik tapi bisa disetel keempukannya sebanyak 4 tingkat.


Pindah ke kaki-kaki, ban depan berukuran 3.5 inch ring 19, belakang 4.5 inch ring 17 dengan sudut rake 30 derajat dengan wheelbase 1520 mm dan seat height 775 mm ke tanah. Well... stabil buat jalan jauh atau sunmori, ga terlalu jinjit, tapi ga rekomen buat selip-selipan di ibukota yah.

Untuk kapasitas tangki bbm 22 liter plus cadangannya 5 liter dan bisa minum Pertalite, lha wong rasio kompresinya cuma 9.5 : 1 kok. Mirip kaya Yamaha Scorpio nih. Konsumsi bbm nya sendiri sekitar 15 km/liter. Iritlah kalo lihat cc dan jumlah silindernya, hehe.


Oke Kangmas dan Mbakyu, mungkin itu aja sekilas tentang Suzuki Katana GSX 1100 SX, kalau penasaran sama suara mesinnya, bisa cek di video di bawah ini, suaranya sangar lhoh, zingg...zingg...zwingngngng... gitu.










Komentar

Postingan Lain

Jenis-Jenis Swing Arm pada Sepeda Motor

Chassis : Owh… Baru Tahu Jadi Ini Pengaruh Panjang-Pendek Swing Arm Terhadap Keausan Ban

10 Macam Perbedaan Antara Head Silinder Jamus 3 Klep dengan Punya Honda Supra

Cara Pasang Kampas Kopling Honda All New CB150R Streetfire yang Baik dan Benar

Piston Alternatif Buat Pulsar 180, 200, 220 UG3/UG4 & NS200

Keunggulan dan Kelemahan Mesin Jamus Klep 3

Honda Supra Masuk Gigi 1 Motor Loncat, Ini Sumber Masalahnya...