Robot : Robot Laundry

Pembantu adalah salah satu profesi yang mulia. Mereka mendedikasikan diri mereka untuk mempermudah urusan orang lain. Kita harus berterima kasih atas jasa-jasa mereka dan menghormati mereka. Tapi sekarang pertanyaannya... gimana dengan robot pembantu ?


Pernah to kita denger istilah "robot pembantu", ya itu emang bener adanya. Kenalin, ini dia robot pembantu tersebut, namanya : HoLLiE (House of Living Labs Intelligent Escort). Di-develop oleh FZI.

Anyway doi (HoLLiE) ga akan bersedia disuruh pergi belanja beli ayam dan sayur. Doi hanya bersedia kerja ngurusin rumah tangga. Kurang baik apa tuh robot. Btw jadi keenakan nih buat yang punya kebiasaan males naroh baju kotor di keranjang, wakakaka....


Sayangnya robot ini lumayan berisik pas dia lagi keliling, bisa ganggu orang tidur. Harusnya sih volume suaranya bisa dikecilin atau di-silent.

HoLLiE ini setengah humanoid, punya kepala, badan, dan 2 lengan kiri-kanan dan kepalan tangan 5 jari selayaknya manusia, tetapi kakinya pakai konstruksi semacam mobile AGV, khusus buat HoLLiE punya sebutan Mecanum Wheels. Mecanum Wheels itu semacam roda yang bisa manuver ke segala arah, kurang lebih kaya gini. Anyway HoLLiE Beda sama TORO yang full humanoid.


Robot ini punya tinggi badan 142 cm dan berat badan termasuk baterai 160 kg, abott tenan. Tapi mungkin buat penyeimbang kali yah.

Kepalanya dilengkapi dengan robot camera selayaknya mata manusia. Diprogram khusus untuk mendeteksi benda-benda di sekelilingnya, termasuk baju kotor di lantai, tenang aja, dia ga akan peduli sama duit yang jatuh, and dia juga ga mau dibayar, ya iyalah robot getooh.

Robot camera akan memberikan sinyal ke modul controller yang berfungsi sebagai otak. Lalu dari controller ini akan memerintahkan servo-servo di tubuhnya (selayaknya otot-otot kalau di tubuh manusia) untuk menggerakkan HoLLiE ngambil baju kotor di lantai.


HoLLiE akan merunduk menghadap lantai, lalu tangannya ngambil baju kotor yang berserakan, selanjutnya dimasukkin ke mesin cuci. Btw ane ga tahu dia bisa ngucek baju apa kagak, hehe.


Tapi ane belom tahu si HoLLiE ini udah diinstall AI (Artificial Intelligence) atau belum. Maksudnya semua pergerakan dia itu emang full diprogram oleh manusia atau emang udah pakai AI (Artificial Intelligence), jadi dia bisa pergi kemanapun dia suka. Ane perlu pelajari lagi.

Oke masbro dan mbaksist, berikut ini video demonstrasi si HoLLiE ketika bertugas, cekidot :


Yup sekian pembahasan singkat tentang robot pembantu, robot laundry, HoLLiE. Semoga bermanfaat, wassalamu'alaikum.

Komentar

Postingan Lain

Jenis-Jenis Swing Arm pada Sepeda Motor

Chassis : Owh… Baru Tahu Jadi Ini Pengaruh Panjang-Pendek Swing Arm Terhadap Keausan Ban

10 Macam Perbedaan Antara Head Silinder Jamus 3 Klep dengan Punya Honda Supra

Cara Pasang Kampas Kopling Honda All New CB150R Streetfire yang Baik dan Benar

Piston Alternatif Buat Pulsar 180, 200, 220 UG3/UG4 & NS200

Keunggulan dan Kelemahan Mesin Jamus Klep 3

Honda Supra Masuk Gigi 1 Motor Loncat, Ini Sumber Masalahnya...