Exhaust Sound : Begini Nih Suara Knalpot Kawasaki ZXR 250 4 Silinder

Eitss ini bukan ZX25R, melainkan ZXR 250. Atau bisa dibilang "simbahe" ZX25R 4 silinder 16 valve yang di-launching bareng ZH2 Streetfighter.

Kawasaki ZXR 250(C3).jpg by : Mutec00 under the CC-BY-SA License


Baik ZX25R maupun ZXR 250 sama-sama dibekali mesin 4 tak 16 valve-Inline Four yang formatnya sama aja alias sami mawon dengan format mesinya Suzuki GSX-RR dan Yamaha YZR-M1.

Oke masbro, ZXR 250 diproduksi pertama kali tahun 1989, alias motornya kaum Gen-Why Y. Ini adalah generasi yang lahir di tahun 1980-2000, kaum pengguna teknologi digital atau era Industry 3.0. Kalau generasi yang lahir mulai 2001 hingga 2010 adalah Genset, eh Gen-Z alias kaum millenial, selanjutnya disebut Gen-Alpha. Kalo ngadimin (admin) sih ngaku termasuk Gen-Y tapi udah terkontaminasi budaya selfie, haha.

ZXR250R D1.JPG by : K e48 under the CC-BY-SA License


Kalo dilihat dari tingkat kebahagiaan, jujur aja dari kacamata pribadi ane yang ane beli di sebuah toko optik di sebuah kota, biker penyuka kecepatan Gen-Y lebih bahagia soalnya motor-motor di era itu masih "performance oriented", yang didominasi oleh 2-tak, sebut saja : Honda NSR-RR & SP, Yamaha TZM 150, Yamaha RX-King, RX-Z, RZR, Suzuki RGR 150, Kawasaki AR 125, Kawasaki Ninja KRR 150, bebeknya sendiri ada : Suzuki Satria 2 tak 120 cc yang legendaris, Suzuki Tornado, Suzuki Crystal, Suzuki RK-Cool, Yamaha Force-1, Yamaha F1ZR, Yamaha Champ. Motor-motor yang stdnya udah kenceng semua tuh.


Untuk 4 tak nya ada 4 jenis yang terkenal kenceng, siapa lagi kalo 4 merk 4 silinder :  Honda CBR250RR, Yamaha FZR250, Suzuki Bandit 250, dan tentunya yang sekarang lagi diomongin : Kawasaki ZXR 250. Yup semuanya Inline-4 DOHC 16 valve beringas.

Well, aku iki ngomong opo to malah ngalor ngidul bahas Generasi XYZ, hehehe.


Oke balik ke ZXR 250. Ninja jenis ini dibekali mesin Inline-4 DOHC 16 valve dengan bore x strokenya seuprit cuman 49 x 33.1 mm, tapi mampu menyemburkan tenaga puncak hingga 45 HP @15000 rpm dan torsi puncak 24.5 N.m @11500 rpm. Untuk torsi jangan berharap banyak, torsinya lembut di rpm rendah tapi begitu masuk 5000 rpm ++ tenaga dan torsi langsung naik melejit,  langsung berasa dilempar. Namanya juga Inline-4.


Penasaran sama bunyi sndalpotnya ?

Cek video berikut :



Sekian review singkat tentang ZXR 250, "simbahnya" Kawasaki ZX25R, walaupun isinya rada melenceng dari judulnya, hehehe.

Wassalamu'alaikum.

Komentar

Posting Komentar

Postingan Lain

Jenis-Jenis Swing Arm pada Sepeda Motor

Chassis : Owh… Baru Tahu Jadi Ini Pengaruh Panjang-Pendek Swing Arm Terhadap Keausan Ban

10 Macam Perbedaan Antara Head Silinder Jamus 3 Klep dengan Punya Honda Supra

Cara Pasang Kampas Kopling Honda All New CB150R Streetfire yang Baik dan Benar

Piston Alternatif Buat Pulsar 180, 200, 220 UG3/UG4 & NS200

Keunggulan dan Kelemahan Mesin Jamus Klep 3

Honda Supra Masuk Gigi 1 Motor Loncat, Ini Sumber Masalahnya...