Exhaust Sound : Begini Nih Suara Knalpot Kawasaki ZXR 250 4 Silinder

Eitss ini bukan ZX25R, melainkan ZXR 250. Atau bisa dibilang "simbahe" ZX25R 4 silinder 16 valve yang di-launching bareng ZH2 Streetfighter.

Kawasaki ZXR 250(C3).jpg by : Mutec00 under the CC-BY-SA License


Baik ZX25R maupun ZXR 250 sama-sama dibekali mesin 4 tak 16 valve-Inline Four yang formatnya sama aja alias sami mawon dengan format mesinya Suzuki GSX-RR dan Yamaha YZR-M1.

Oke masbro, ZXR 250 diproduksi pertama kali tahun 1989, alias motornya kaum Gen-Why Y. Ini adalah generasi yang lahir di tahun 1980-2000, kaum pengguna teknologi digital atau era Industry 3.0. Kalau generasi yang lahir mulai 2001 hingga 2010 adalah Genset, eh Gen-Z alias kaum millenial, selanjutnya disebut Gen-Alpha. Kalo ngadimin (admin) sih ngaku termasuk Gen-Y tapi udah terkontaminasi budaya selfie, haha.

ZXR250R D1.JPG by : K e48 under the CC-BY-SA License


Kalo dilihat dari tingkat kebahagiaan, jujur aja dari kacamata pribadi ane yang ane beli di sebuah toko optik di sebuah kota, biker penyuka kecepatan Gen-Y lebih bahagia soalnya motor-motor di era itu masih "performance oriented", yang didominasi oleh 2-tak, sebut saja : Honda NSR-RR & SP, Yamaha TZM 150, Yamaha RX-King, RX-Z, RZR, Suzuki RGR 150, Kawasaki AR 125, Kawasaki Ninja KRR 150, bebeknya sendiri ada : Suzuki Satria 2 tak 120 cc yang legendaris, Suzuki Tornado, Suzuki Crystal, Suzuki RK-Cool, Yamaha Force-1, Yamaha F1ZR, Yamaha Champ. Motor-motor yang stdnya udah kenceng semua tuh.


Untuk 4 tak nya ada 4 jenis yang terkenal kenceng, siapa lagi kalo 4 merk 4 silinder :  Honda CBR250RR, Yamaha FZR250, Suzuki Bandit 250, dan tentunya yang sekarang lagi diomongin : Kawasaki ZXR 250. Yup semuanya Inline-4 DOHC 16 valve beringas.

Well, aku iki ngomong opo to malah ngalor ngidul bahas Generasi XYZ, hehehe.


Oke balik ke ZXR 250. Ninja jenis ini dibekali mesin Inline-4 DOHC 16 valve dengan bore x strokenya seuprit cuman 49 x 33.1 mm, tapi mampu menyemburkan tenaga puncak hingga 45 HP @15000 rpm dan torsi puncak 24.5 N.m @11500 rpm. Untuk torsi jangan berharap banyak, torsinya lembut di rpm rendah tapi begitu masuk 5000 rpm ++ tenaga dan torsi langsung naik melejit,  langsung berasa dilempar. Namanya juga Inline-4.


Penasaran sama bunyi sndalpotnya ?

Cek video berikut :



Sekian review singkat tentang ZXR 250, "simbahnya" Kawasaki ZX25R, walaupun isinya rada melenceng dari judulnya, hehehe.

Wassalamu'alaikum.

Komentar

Posting Komentar

Postingan Lain

Cara Pasang Kampas Kopling Honda All New CB150R Streetfire yang Baik dan Benar

Chassis : Owh… Baru Tahu Jadi Ini Pengaruh Panjang-Pendek Swing Arm Terhadap Keausan Ban

10 Macam Perbedaan Antara Head Silinder Jamus 3 Klep dengan Punya Honda Supra

Jenis-Jenis Swing Arm pada Sepeda Motor

Honda Supra Masuk Gigi 1 Motor Loncat, Ini Sumber Masalahnya...

Bore Up & Stroke Up Si Kebo Jadi 260 cc (Bajaj Pulsar 260 cc)

Piston Alternatif Buat Pulsar 180, 200, 220 UG3/UG4 & NS200