Exhaust : Inilah Yang Terjadi di Dalam Knalpot Sobat, Monggo Disimak
WARKOPSPEED.BLOGSPOT.COM - Hai sobat, kecuali kendaraan listrik, mesin dengan bahan bakar bensin baik 4-tak maupun 2-tak pastinya punya knalpot. Knalpot berfungsi sebagai pintu pembuangan gas dan sisa-sisa pembakaran, ya kali buat talang air, hehe. Di dalam knalpot terjadi pelepasan gas buang dari ruang bakar melalui lubang porting buang. Apa itu lubang porting biang, eh…. Buang ? Itu lubang tempat klep buang membuka dan menutup atau bisa juga disebut gerbang buang / exhaust port. Gas panas super kotor yang bertekanan tinggi itu mengalir ke dalam leher knalpot, kemudian ke silencer, kemudian ke udara bebas, dan sampailah ke paru-paru kita (gubrak…) Lha bener kan ya ?
Baca juga : Exhaust Sound : Suara Knalpot Mesin 6-Silinder
Ilustrasi knalpot motor, (sumber : dokumen pribadi) |
Di sini diameter leher knalpot, panjang knalpot, panjang
silencer, jumlah sekat di dalam silencer, jumlah lapisan plat di dalam leher
knalpot, ketebalan dan jenis material plat knalpot sangat berpengaruh terhadap temperature
mesin. Semakin plong knalpot semakin dingin blok dan head mesin. Makanya knalpot
itu secara tidak langsung juga berfungsi sebagai pendingin mesin pihak ke-3
selain radiator atau sirip-sirip pada head & blok silinder.
Baca juga : Exhaust Sound : Suzuki Katana GSX 1100 SX
Dengan kondisi seperti ini, maka mesin jenis Inline entah
itu 2, 3, 4 silinder atau lebih, lebih diuntungkan karena keempat header /
leher knalpot langsung terpapar angin dari depan. Beda dengan mesin jenis V
berapapun sudut kemiringannya maupun jumlah silindernya, tetep aja blok dan
head silinder sisi belakang kurang dapat asupan angin dari depan karena
terhalang blok dan head depannya demikian pula knalpotnya kan lehernya /
headernya ngadep ke belakang tuh, panas deh.
So, buat sobat-sobat yang penasaran, inilah yang terjadi di dalam knalpot sobat, monggo disimak :
Komentar
Posting Komentar