Penasaran Gimana Sih Kinerja Mesin SOHC 2-Klep Ketika Dibuka, Ini Dia...

WARKOPSPEED.BLOGSPOT.COM - Halo gaes, gimana kabar Kangmas dan Mbakyu sekalian ? Semoga sehat selalu di tengah pandemi Covid-19 ini, dan semoga senantiasa dihindarkan dari virus yang nggak kelihatan mata manusia itu. Wokree, kali ini kita mau refreshing sejenak sambil nonton jeroan. Eitss... jeroan apa nih ? Ya jeroan mesin to ya mosok jeroan ayam, kalo itu enaknya taruh di atas wajan terus dioseng-oseng kasih cabe hijau, uenaaak, duh kok malah jadi baper (bawaannya laper), hehe. 

Baca juga : Honda CB V Twin Modif dengan Blok dan Kop Scorpio

SOHC 2 Klep
Credit : Kinerja rantai kamprat dan klep, by : VI KI, under the CC-BY License

Mesin SOHC 2-klep yaitu mesin 4-tak yang kepala silindernya cuman pakai 2 klep dan 1 noken as. Mesin ini jamak dipakai di motor-motor yang beseliweran di tanah air tercinta ini. Mulai dari generasi motor lawas seperti : C70, Astrea series, Supra series, GL & CB series, Vega, Jupiter, Scorpio, Shogun, Smash, Thunder, KZ200, dan kawan-kawan atau generasi motor zaman now macam : Supra X 125, Beat, Vario, PCX, Verza, CRF 150 L, Mio, SoulGT, Byson. Bahkan si Kebo juga masih SOHC 2-klep lhoh. Si Kebo itu Pulsar punya inyong yang udah bore up & stroke up hingga volume silindernya bengkak jadi 260 cc, tapi masih SOHC 2-klep.

Baca juga : Bore Up & Stroke Up Si Kebo Jadi 260 cc (Bajaj Pulsar 260 cc)

Mesin SOHC 2-klep punya keunggulan & kelemahan di dua kubu, yaitu (1) Kubu Konsumen, (2) Kubu Pabrikan / Produsen. Kita bahas dulu dari kubu konsumen :

Keunggulan Mesin SOHC 2-Klep dari Kubu Konsumen :
(1) Irit bensin
(2) Murah perawatannya
(3) Mudah & murah onderdilnya
(4) Kebanyakan bengkel bisa tangani
(5) Onderdil banyak persamaan dengan motor lain, banyak KW-nya juga
(6) Bandel

Kekurangan Mesin SOHC 2-Klep dari Kubu Konsumen :
(1) Tenaga putaran atas kurang alias ngeden
(2) Kurang greget (ini relatif sih, ya emang DOHC 4 klep lebih greget sih, hehe)

Mesin SOHC
Mesin SOHC, (foto : dokumen pribadi)

Itu kalau dari konsumen, sekarang kita bahas dari kubu pabrikan / produsen motornya :

Keunggulan Mesin SOHC 2-Klep dari Kubu Pabrikan / Produsen :
(1) Biaya produksi dapat ditekan
(2) Balik modal cepat
(3) Bisa diproduksi menggunakan mesin yang sama
(4) Cetakan bisa sama untuk beberapa bagian mesin
(5) Line produksi bisa sama atau berbagi dengan tipe lain yang mesinnya sama jenis
(6) Hemat biaya development, artinya nggak perlu mulai dari awal lagi(7) Nggak perlu nerangin dari awal ke vendor-vendor yang ikut membantu produksi mesin

Kekurangan Mesin SOHC 2-Klep dari Kubu Pabrikan / Produsen :
(1) Kurang inovatif kalau sasarannya untuk konsumen yang pengen spek lebih
(2) Kurang prstisius, lha iya kalau mesin jenis ini dipasang di motor kelas atas
(3) Nggak cocok buat jenis Sportbike, lha mosok Sportbike mesinnya SOHC 2-klep

KINERJA MESIN SOHC 2-KLEP KETIKA DIBUKA, INI DIA...

Itu dia keunggulan dan kelemahan mesin SOHC 2-klep dari kubu konsumen dan pabrikan/produsen. Sekarang Kangmas dan Mbakyu apakah pada penasaran gimana sih kinerja mesin SOHC 2-klep ketika dibuka, ini dia...


Sedangkan ini kalau di pemodelan mesin motor laki yang blok dan headnya tegak, cekidot :


2 video di atas adalah gambaran ketika sebuah mesin SOHC 2-klep sedang bekerja. Kangmas dan Mbakyu bisa lihat betapa cepatnya gerakan klep, rocker arm, noken as, dan rantai keteng bergerak pada video pertama. Dalam sekejap mata komponen-komponen kecil tadi bergerak dengan kecepatan kilat. Komponen-komponen kecil-kecil inilah yang bekerja bahu-membahu supaya sepeda motor bergerak dan mengantarkan Kangmas dan Mbakyu sampai ke tujuannya dengan selamat.

Dan itulah kenapa sekelas klep aja butuh perhitungan matematis & engineering yang begitu hebatnya. Inyong yakin kalo orang awam pasti mumet sama perhitungannya, hehehe. Oke sekian sharing ringan dari inyong, kurang lebihnya mohon maaf, wassalamu'alaikum.

Artikel sebelumnya : Modifikasi Keren Yamaha Scorpio Bratstyle

Komentar

Postingan Lain

Cara Pasang Kampas Kopling Honda All New CB150R Streetfire yang Baik dan Benar

Chassis : Owh… Baru Tahu Jadi Ini Pengaruh Panjang-Pendek Swing Arm Terhadap Keausan Ban

10 Macam Perbedaan Antara Head Silinder Jamus 3 Klep dengan Punya Honda Supra

Jenis-Jenis Swing Arm pada Sepeda Motor

Honda Supra Masuk Gigi 1 Motor Loncat, Ini Sumber Masalahnya...

Bore Up & Stroke Up Si Kebo Jadi 260 cc (Bajaj Pulsar 260 cc)

Piston Alternatif Buat Pulsar 180, 200, 220 UG3/UG4 & NS200