Penasaran Gimana Sih Kinerja Mesin SOHC 2-Klep Ketika Dibuka, Ini Dia...
WARKOPSPEED.BLOGSPOT.COM - Halo gaes, gimana kabar Kangmas dan Mbakyu sekalian ? Semoga sehat selalu di tengah pandemi Covid-19 ini, dan semoga senantiasa dihindarkan dari virus yang nggak kelihatan mata manusia itu. Wokree, kali ini kita mau refreshing sejenak sambil nonton jeroan. Eitss... jeroan apa nih ? Ya jeroan mesin to ya mosok jeroan ayam, kalo itu enaknya taruh di atas wajan terus dioseng-oseng kasih cabe hijau, uenaaak, duh kok malah jadi baper (bawaannya laper), hehe.
Baca juga : Honda CB V Twin Modif dengan Blok dan Kop Scorpio
Credit : Kinerja rantai kamprat dan klep, by : VI KI, under the CC-BY License |
Mesin SOHC 2-klep yaitu mesin 4-tak yang kepala silindernya cuman pakai 2 klep dan 1 noken as. Mesin ini jamak dipakai di motor-motor yang beseliweran di tanah air tercinta ini. Mulai dari generasi motor lawas seperti : C70, Astrea series, Supra series, GL & CB series, Vega, Jupiter, Scorpio, Shogun, Smash, Thunder, KZ200, dan kawan-kawan atau generasi motor zaman now macam : Supra X 125, Beat, Vario, PCX, Verza, CRF 150 L, Mio, SoulGT, Byson. Bahkan si Kebo juga masih SOHC 2-klep lhoh. Si Kebo itu Pulsar punya inyong yang udah bore up & stroke up hingga volume silindernya bengkak jadi 260 cc, tapi masih SOHC 2-klep.
Baca juga : Bore Up & Stroke Up Si Kebo Jadi 260 cc (Bajaj Pulsar 260 cc)
Mesin SOHC 2-klep punya keunggulan & kelemahan di dua kubu, yaitu (1) Kubu Konsumen, (2) Kubu Pabrikan / Produsen. Kita bahas dulu dari kubu konsumen :
Keunggulan Mesin SOHC 2-Klep dari Kubu Konsumen :(1) Irit bensin
(2) Murah perawatannya
(3) Mudah & murah onderdilnya
(4) Kebanyakan bengkel bisa tangani
(5) Onderdil banyak persamaan dengan motor lain, banyak KW-nya juga
(1) Tenaga putaran atas kurang alias ngeden
Mesin SOHC, (foto : dokumen pribadi) |
Itu kalau dari konsumen, sekarang kita bahas dari kubu pabrikan / produsen motornya :
(1) Biaya produksi dapat ditekan
(2) Balik modal cepat
(3) Bisa diproduksi menggunakan mesin yang sama
(4) Cetakan bisa sama untuk beberapa bagian mesin
(5) Line produksi bisa sama atau berbagi dengan tipe lain yang mesinnya sama jenis
(6) Hemat biaya development, artinya nggak perlu mulai dari awal lagi(7) Nggak perlu nerangin dari awal ke vendor-vendor yang ikut membantu produksi mesin
(1) Kurang inovatif kalau sasarannya untuk konsumen yang pengen spek lebih
(2) Kurang prstisius, lha iya kalau mesin jenis ini dipasang di motor kelas atas
KINERJA MESIN SOHC 2-KLEP KETIKA DIBUKA, INI DIA...
Itu dia keunggulan dan kelemahan mesin SOHC 2-klep dari kubu konsumen dan pabrikan/produsen. Sekarang Kangmas dan Mbakyu apakah pada penasaran gimana sih kinerja mesin SOHC 2-klep ketika dibuka, ini dia...
Dan itulah kenapa sekelas klep aja butuh perhitungan matematis & engineering yang begitu hebatnya. Inyong yakin kalo orang awam pasti mumet sama perhitungannya, hehehe. Oke sekian sharing ringan dari inyong, kurang lebihnya mohon maaf, wassalamu'alaikum.
Komentar
Posting Komentar