Blog tentang Sepeda Motor dan Teknologi
warkopspeed.engine@gmail.com
Galeri Suzuki Katana GSX750S1 Jadul Tahun 1982 Pake Knalpot Yoshimura
Dapatkan link
Facebook
X
Pinterest
Email
Aplikasi Lainnya
-
WARKOPSPEED.BLOGSPOT.COM - Okay berikut ini inyong mau kasih lihat galeri Suzuki Katana GSX750S1 Jadul Tahun 1982 Pake Knalpot Yoshimura. Yupz knalpotnya pakai Yoshimura. Katana yang satu ini berkapasitas 750 cc Inline Four macam ZX-25R. Eh Katana kan keluar duluan ketimbang ZX-25R, ya toh, hehehe. Galeri inyong share dari videonya 一二三渡辺, bisa bacanya ? Hehehe. Sekedar info, motor ini mesinnya udah DOHC Inline Four tapi masih menganut sistem pendinginan angin + oil cooler. Jadi kotak yang di depan itu bukan radiator yang dialiri coolant yah, melainkan radiator oli, yang mengalir di dalamnya oli mesin yang dipompa pakai pompa mesin.
Lihat gambar di atas, Katana ini memiliki perpaduan warna hitam-silver (atau mungkin abu-abu yach ?). Body sampingnya punya pola ala-ala retro sci-fi kalo menurut inyong. Rounded tapi tajam yaa gimana gitu. Keren sih macam robot gundam. Sekarang perhatikan mesin Katana pada gambar di bawah, padeet brooo. Nah ini justru mesin Inline 4 DOHC dengan sirip-sirip silinder malah kelihatan padet, gede dan muscular ketimbang yang pakai liquid cooled, soalnya sirip-siripnya itu nambah ukuran mesin.
Di bawah ini bentuk tangkinya dilihat dari jok depan, tulisan SUZUKI warna merah bikin tampilan enggak sporty tapi muscular. Yupz ini menurut inyong aja sih, Suzuki Katana ini enggak ada rasa-rasa sporty-nya tapi justru rasa muscular-nya sangat kuat, gagah bener.
Nah kalau sobat lihat dari angle ini, mesin inline 4 - nya nongkol ke samping kiri dan kanan. Kelihatan gagah banget, tapi paha nggak terlalu panas koq.
WARKOPSPEED.BLOGSPOT.COM - Okree Kangmas, Mbakyu, ketemu lagi dengan inyong yang super ganteng ini (woooooo......). Makin digas malah makin ngempos tenaganya, mesin bukannya melaju malah menggerung, sakjane ono opo kie ? (Sebenarnya ada apa sih) ? Salah satu penyebabnya tak lain dan tak bukan kampas kopling yang udah selip atau udah waktunya ganti. Normalnya sih 3-4 tahun sekali dengan penggunaan normal dan rajin service. Tapi kalau suka kebut-kebutan ya kampas kopling bakal lebih cepat habis dari biasanya. Yak kali ini inyong mau share cara pasang kampas kopling di Honda All New CB150R Streetfire yang baik dan benar. Bak kopling kanan Honda All New CB150R Streetfire yang lagi dibongkar mau diganti kampas koplingnya Credit : Motor Honda CB150R, Cara Pasang Kampas Kopling Yang Benar , by : Skill Terupdate , under the CC-BY License Jadi nggak sekedar baik tapi juga kudu benar. Tutorial atau langkah-langkahnya inyong share dari Skill Terupdate . motor CB150R yang dibahas di sini adalah
WARKOPSPEED.BLOGSPOT.COM - Halo Sobat-Sobat sekalian, kalau dalam Bahasa Jawa, Swing Arm itu sebutannya “capit urang” yang kalau diterjemahkan ke Bahasa Indonesia jadi “capitnya udang”. Kata “Urang” di Bahasa Jawa kalau diterjemahin ke Bahasa Indonesia artinya “Udang”. Sobat tahu apa itu “capit” kan ? Itu lho tangannya udang atau kepiting yang bentuknya kayak gunting. Nah swing arm itu disebut “capit udang” salah satunya karena bentuknya yang menyerupai tangannya udang atau kepiting. Yupz cukup intermezzonya, jadi ngiler nih ngomongin 2 makhluk jenis crustacea tersebut, soalnya biasa disajikan di restoran-restoran seafood, hehehe. Baca juga : Keunggulan Swing Arm Ninja 150 RR Super KIPS yang Jarang Orang Tahu PENGARUH TENAGA TERHADAP KELENTURAN DAN SENSITIFITAS SWING ARM Kalau di harian gak terlalu ngaruh ya, atau malah nggak kerasa sama sekali. Tetapi kalau di ajang balap lebih-lebih sekelas WSBK atau MotoGP, panjang – pendek swing arm itu sangat berpengaruh terhadap performa m
WARKOPSPEED.BLOGSPOT.COM - Halo Kangmas dan Mbakyu apa kabar semua, moga senantiasa sehat selalu. Hari ini pas ngetik artikel ini di tempat inyong hujan deras, jadi inyong ngetik artikel di tengah suasana hujan plus ditemani segelas kopi item panas, srupuuutttt.... wuenaaakkk tenan, hahaha, ayo ngopi lurrrr. Okreee kali ini inyong mau lanjut bahas tentang mesinnya mocin Jamus 3 klep. Di artikel sebelumnya kita udah bahas tentang kelebihan dan kekurangan dari mekanisme head motor bebek Jamus ini yang 110 cc SOHC 3 klep. Baca juga : Keunggulan dan Kelemahan Mesin Jamus Klep 3 Bebek mocin Jamus 110 cc ini merupakan klonengannya atau kembarannya Honda Supra 100 cc yang bermesin C-Series, tetapi mesinnya Jamus lebih advance soalnya udah 110 cc dan kepala silindernya udah SOHC 3-klep. Jamus 110 cc ini dari luar tampilannya motor emak-emak banget, tapi siapa sangka di balik itu mesinnya "jahat" (speknya gahar maksudnya), hehehe. So di artikel ini kita akan bahas tentang 10 macam p
Swing arm itu bagian dari rangka belakang sepeda motor, fungsinya menghubungkan roda belakang ke rangka utama. Swing arm dan rangka utama beserta suspensinya termasuk satu-kesatuan dari sasis. Swing arm yang bukan arem-arem ini (kalo itu mah makanan favorit inyong, huahaha...) desainnya beda-beda di tiap-tiap motor, soale tiap-tiap motor dibuat dengan tujuannya masing-masing. AMD sportbike by paX , CGPdesign Siapkan arem-aremnya dan kita akan bahas jenis-jenis swing arm yang diaplikasikan pada sepeda motor. Karena jenisnya buaanyaaaak banget, maka inyong hanya cantumkan jenis-jenis swing arm yang inyong tahu. Buat Kangmas dan Mbakyu seandainya tahu ada jenis swing arm lain selain yang inyong sebutin ini, monggo dishare di kolom komentar yach. Siapin arem-aremnya dulu Aremarem , oleh : Kembangraps , CC-BY-SA 1.) SWING ARM KOTAK DOBEL SOK Swing arm yang jamak ditemui di motor-motor. Dari bebek sampai sport harian kebanyakan pakai model ini, contoh Honda Supra dan Honda Tiger. Bahan ut
WARKOPSPEED.BLOGSPOT.COM - Halo Kangmas, Mbakyu, kali ini inyong mau sedikit bahas permasalahan politik, ekonomi, sosial, teknis pada motor Honda bebek "sejuta umat", yaitu Honda Supra X 100. Honda Supra X 100 cc ini motor Supra yang masih pakai mesin C-Series, yaitu mesin turunan yang juga dipakai di motor bebek macam : C-70, Astrea 800, Astrea Star, Astrea Prima, Astrea Grand. Inyong dulu juga pernah pelihara 1 dan tangan pertama. Supra X 100 ini mesinnya terkenal bandel dan tahan banting di segala kondisi jalan dan cuaca. Kebanyakan bengkel juga udah hafal luar dalam motor ini, onderdinya juga bejibun, makanya inyong demen sama motor Honda satu ini, hehehe. Credit : Masuk Gigi Lompat & Mati Honda Supra, Ini Penyebabnya !!! , by : Skill Terupdate , under the CC-BY License SISTEM KOPLING MOTOR BEBEK ITU SEMI-OTOMATIS Bebek goreng Supra X 100 bukanlah motor matic , masih ada pindah gigi tapi nggak pake kopling tangan macam di motor laki, sistemnya kopling di motor be
Perkenalkan, inilah Kebo. Mmoooohh ……… Gambar kebo, dari Nans 82 Maaf bukan yang itu. Kalo itu kebo beneran. Yang inyong maksud ini lho Si Kebo bersasis baja. Si Kebo ini adalah sebuah Bajaj Pulsar 200 DTS-I yang dibeli pada tahun 2008. Spesifikasinya yaa sudah pada hafal lah ya. Mesin 200 cc dobel busi, SOHC 2 klep doank, ten aga 18 -an HP (HP-nya siapa aja tuh, hehe) , torsi juga 18-an N.m, sasis baja model double cradle ala-ala sasis Honda CB400 Super Four dengan berat kotor 160-an kg (berat bersih 145 kg + bensin fulteng 12-an kg + oli 1 kg) belum termasuk berat badan dan beban pikiran ridernya, huahaha. Yapzzz inilah Si Kebo. Si Kebo, panggilan "sayang" dari Bajaj Pulsar 200 DTS-i 2008 yang udah jadi 260 cc sekarang Dari 200cc UG3 Lalu Jadi 220 cc UG4 Pertanyaannya : kenapa dibore-up ? Biar kentjang kah ?? Biar bisa ngalahin sport 2 silinder kah ?? Ya itu salah satunya sih (ngaku haha). Tapi bukan alasan utama. Ada sejarahnya lurr… Jadi berawal dari langkanya spare par
Kabur entah kemana ATPM-nya, jadinya susah nyari onderdil ori-nya, salah satunya seher alias piston, yang kerjanya naik-turun aja di dalam blok silinder.Ya iyalah kalo yang kerjanya muter-muter aja ya contohnya gigi rasio, gir depan belakang, hehehe. Piston , gambar oleh : IronWeber Inyong salah satu dari pemilik motor tangguh bertenaga badak ini (walaupun engga ada badaknya). Sebut saja namanya bunga Si Kebo. Si Kebo suatu ketika ngebul knalpotnya, kebulnya (asapnya) berwarna putih, pertanda piston, ring, dan boring silinder baret-baret sehingga oli ikut masuk ke ruang bakar, terbakar api cinta , dan jadi asap putih keluar dari moncong knalpot yang ngga pernah mingkem itu. Susahnya pas mau nyari piston aslinya tapi yang versi oversize. Cukup langka. Kasihan juga lihat Si Kebo jadi macam mesin fogging nyamuk DBD, akhirnya inyong cari-cari referensi PISTON ALTERNATIF BUAT PULSAR UG3 / UG4. Barangkali buat sobat-sobat penunggang Pulsar 180, 200, 220, NS200 bisa coba nih : Honda CBR 250
Komentar
Posting Komentar