Keunggulan dan Kelemahan Mesin Jamus Klep 3

WARKOPSPEED.BLOGSPOT.COM - Tahukah sobat sekalian kalau ternyata ada lho bebek "jahat" di dunia ini. Bukan bebek sawah ya, maksudnya motor bebek. Ya inilah dia Jamus 3V. 3V itu maksudnya 3 valve alias 3 klep atau klep 3, itulah kenapa inyong sebut "jahat" soalnya spek mesinnya termasuk hebat untuk ukurannya. Bayangin aja motor bebek yang biasa dipakai emak-emak ke pasar klepnya ada 3 cuy. Beda dengan Supra 100 cc yang SOHC 2-klep. Wah kalau gini si Kebo 260cc inyong klepnya kalah jumlah donk, wong juga masih SOHC 2-klep, tapi udah 260 cc hi-torque sih, hehehe.

Baca juga : Bore Up & Stroke Up Si Kebo Jadi 260 cc (Bajaj Pulsar 260 cc)

Mesin Jamus Klep 3
Credit : Head jamus 3v// yg sering dicari penghobi motor C_seris, by : Denbagus'e 784, under the CC-BY License

Motor bebek Jamus 3V ini asalnya dari negeri Tiongkok, bisa dibilang kembarannya Supra tapi mesinnya lebih "jahat". Volume silindernya pun lebih gede dari Supra yang 100 cc itu. Jamus 3V volume silindernya 110 cc, 3 klep pula. Tampilan luarnya juga motor emak-emak banget, mesinnya juga. Sekilas orang ngelihatnya ya kayak mocin-mocin pada umumnya. Tapi siapa sangka di dalam mesinnya itu udah ditanamkan 3 klep dan 110 cc, wuih gurihhhh. Dan karena identiknya kepala silinder Jamus 3V ini dengan kepala silindernya Supra 100cc, infonya sih banyak yang mengaplikasikan kepala dan blok silinder 3-klepnya ke mesin Supra 100cc nya, sehingga jadilah Supra X 110 cc.

Penasaran cara kerja mesin klep 3, simak video di bawah : 

KEUNGGULAN MESIN JAMUS KLEP 3

Kita bincang sikit soal keunggulan dari mesin Jamus yang SOHC ber-katup 3 versi inyong. Mesin ini dasarnya versi upgrade dari mesin SOHC 2-klep nya Supra 100 cc. Kenapa bisa dibilang upgrade / versi atasnya ? Simak nih sob :

Keunggulan 1 : Debit bahan bakar lebih banyak. Dengan menerapkan 2 klep masuk ketimbang hanya 1 saja, bikin volume bahan bakar + oksigen yang masuk dari karburator / injeksi jauh lebih banyak. Bahan bakar lebih banyak = tenaga lebih besar. Paham kan ?

Keunggulan 2 : Kecepatan gas berisi bahan bakar + oksigen lebih deras. Penggunaan 2 klep selain bikin volume bahan bakar meningkat juga bikin kecepatan gas bakarnya jauh lebih deras. Sekarang Kangmas dan Mbakyu bandingkan minum es teh pakai 1 sedotan bubble tea yang lubangnya gede banget itu dengan pakai 2 sedotan plastik buat teh botol yang lubangnya kecil, kurang lebih begitu efeknya.

Ini akan berdampak pada torsi yang lebih gede dan lebih cepat dicapai, atau bahasa gampangnya : akselerasi spontan. Kenapa bisa begitu ? Karena gas bakar deras = sedotan kuat = gas rebutan = kompresi padat = akselerasi spontan. Yupz derasnya kecepatan gas bakar ke dalam ruang bakar menghasilkan sedikit "efek turbocharger", karena gas bakar jadi "rebutan tempat" di dalam ruang bakar yang kecil, jadinya kompresi padat. Bandingkan dengan SOHC 2-klep, dia hanya ngandelin 1 klep doang buat nyedot, jadinya kurang deras.

Keunggulan 3 : Lebih rendah gesekan + Lebih ringan dari SOHC 4-klep. Yupz karena klepnya cuman 3, maka jumlah komponen yang bergesekan lebih sedikit dan tentunya ngurangin bobot mesin secara keseluruhan, mesin jadi lebih compact dan enteng. Jadinya nyumbang angka PWR lebih gede. Harusnya dengan bobot yang lebih enteng, gesekan lebih minim dari SOHC 4-klep, akselerasi lebih ngacir.

Keunggulan 4 : Karena klep udah banyak, maka rpm bisa lebih tinggi. Yupz ini imbas dari keunggulan no. 1 + keunggulan no. 2. Karena debit dan kecepatan aliran gas bakar yang jauh lebih tinggi dari SOHC 2-klep, maka rpm bisa lebih tinggi. Rpm tinggi =  tenaga gede.

Mesin Jamus Klep 3
Credit : Head jamus 3v// yg sering dicari penghobi motor C_seris, by : Denbagus'e 784, under the CC-BY License

KELEMAHAN MESIN JAMUS KLEP 3

Tentu saja bikinan manusia nggak ada yang sempurna, pasti ada kurangnya. Berikut kekurangan pada mesin Jamus yang SOHC 3-klep ini :

Kelemahan yang inyong tahu cuman 1 : Pembuangan lebih lancar dari SOHC 2-klep tapi nggak selancar SOHC 4-klep. Ya karena klep buangnya cuma 1, beda sama SOHC 4-klep yang pakai 2. Pembuangan nggak lancar artinya agak ngeden = top speed kurang kalau dibanding SOHC 4-klep, tapi lebih baik dari SOHC 2-klep. Yup kalau akselerasi mungkin SOHC 3-klep so-so lah dengan SOHC 4-klep, tapi kalau top speed mungkin masih di bawahnya, tapi SOHC 3-klep diuntungkan bobot mesinnya yang lebih enteng dari bobot mesin SOHC 4-klep.

Yupz itulah sekilas tentang keunggulan dan kelemahan pada mesin Jamus klep 3, motor bebek klonengannya Honda Supra 100 cc, semoga bermanfaat, wassalamu'alaikum.

Mesin Jamus Klep 3
Credit : Head jamus 3v// yg sering dicari penghobi motor C_seris, by : Denbagus'e 784, under the CC-BY License

Artikel sebelumnya : Honda Supra Masuk Gigi 1 Motor Loncat, Ini Sumber Masalahnya...

Komentar

Postingan Lain

Jenis-Jenis Swing Arm pada Sepeda Motor

Chassis : Owh… Baru Tahu Jadi Ini Pengaruh Panjang-Pendek Swing Arm Terhadap Keausan Ban

10 Macam Perbedaan Antara Head Silinder Jamus 3 Klep dengan Punya Honda Supra

Cara Pasang Kampas Kopling Honda All New CB150R Streetfire yang Baik dan Benar

Piston Alternatif Buat Pulsar 180, 200, 220 UG3/UG4 & NS200

Honda Supra Masuk Gigi 1 Motor Loncat, Ini Sumber Masalahnya...