Unik, Knalpot Motor Kok Ada Klepnya ?

WARKOPSPEED.BLOGSPOT.COM - Umumnya kita tahu di motor-motor 4-tak fungsi dari klep itu sebagai pintu masuk (klep minyak) gas masuk yang berisi campuran udara & uap bensin, sebagai pemampat gas bakar, dan juga sebagai pintu keluar sisa gas hasil pembakaran (klep buang). Klep masuk dan klep buang di motor-motor 4-tak digerakkan oleh putaran kruk as melalui perantara rantai camrat / timing belt / gir camrat > gir keteng > noken as > rocker arm / shim plate > klep.

Baca juga : Honda Supra Masuk Gigi 1 Motor Loncat, Ini Sumber Masalahnya...

FUNGSINYA
Nah ini inyong nemu video unik yang diupload oleh Avcrom Egzoz -Exhaust. Di video itu ditunjukkan sebuah knalpot motor dipasangi klep, wehhhh.... ono-ono wae kie, njur fungsine nggo ngopo ? (ada-ada aja, terus fungsinya buat apa ?). Yen tak sawang-sawang fungsine ben suarane ora brebeg (kalau tak perhatiin fungsinya biar suara knalpotnya enggak berisik, yaa macam DB Killer lah). Atau mungkinkah ini versi home-made dari EXUP-nya Yamaha ? Klep ini dipasang di ujung silencer persis, lihat gambar berikut ini : 

Credit : Honda CBR 650 F ses açıp kapamalı egzoz.,
by : Avcrom Egzoz -Exhaust, under the CC-BY License

BAGIAN-BAGIAN
Knalpot dengan klep ini terdiri dari (1) klep, (2) baut L, (3) besi tap-tapan buat rumah baut L-nya :

Credit : Honda CBR 650 F ses açıp kapamalı egzoz.
by : Avcrom Egzoz -Exhaust, under the CC-BY License

CARA PENGOPERASIAN
Cara mengaktifkannya cukup diputer pakai kunci L doank. Kalau lihatnya dari sisi kanan motor, diputer ke kanan klepnya membuka, diputer ke kiri klepnya menutup. Tapi klep ini bolong tengahnya macam kue donat. Disinyalir lubang di tengah itu untuk lubang buang. Ketika klep dibuka dibuka dan ditutup ada perbedaan suara, penasaran ? Simak videonya di bawah ini :


1.) Posisi Klep Menutup :
Ini penampakan ketika posisi klep menutup, Kangmas dan Mbakyu perhatikan ketika klep menutup lubang knalpot jadi mengecil dan memang lubang yang kecil gini bikin suara knalpot jadi lebih adem walau nggak jaminan bebas tilang pakpol sih, hehehe. Lubang knalpot kecil gini keuntungannya di tarikan bawah yang lebih nendang soalnya gas tendangan balik gas buangnya lebih kuat, dan lebih irit bbm,tapi nafas atasnya kurang plong. Jadi macam DB Killer kalau begini sih.

Credit : Honda CBR 650 F ses açıp kapamalı egzoz.
by : Avcrom Egzoz -Exhaust, under the CC-BY License

Credit : Honda CBR 650 F ses açıp kapamalı egzoz.
by : Avcrom Egzoz -Exhaust, under the CC-BY License

2.) Posisi Klep Membuka :
Sedangkan ini penampakan ketika klepnya ngebuka, nah kelihatan lubang knalpotnya jadi gede dan plong. Kalau udah gini tenaganya udah lebih loss, nggak tertahan lagi. Putaran atas bisa lebih kuat, nafas lebih panjang, dan top speed lebih tinggi. Tapi berisik dan lebih boros bbm, karena tangan bakal gatel buat bleyer-bleyer, ya toh, hehehe.

Credit : Honda CBR 650 F ses açıp kapamalı egzoz.
by : Avcrom Egzoz -Exhaust, under the CC-BY License

Credit : Honda CBR 650 F ses açıp kapamalı egzoz.
by : Avcrom Egzoz -Exhaust, under the CC-BY License

NGGAK COCOK BUAT MOTOR YANG MASIH PAKAI KARBU ?
Bisa iya bisa enggak tapi kalau menurut inyong mekanisme kayak gini nggak cocok buat motor yang masih pakai karbu, apa sebab ? Motor yang masih pakai karbu umumnya masih pakai CDI atau TCI, alias belum pakai ECU. Sepengetahuan inyong CDI dan TCI itu nggak bisa mengontrol semburan bahan bakar ke dalam mesin, yang bisa begitu motor-motor yang udah FI (Fuel Injection). Karena motor-motor injeksi udah pakai ECU.


ECU ini menerima perintah dari sensor O2 yang letaknya di lubang buang. Sensor O2 akan membaca kadar oksigen dalam gas buang, kalau kebanyakan akan ngasih tahu ECU buat ngecilin semprotan bensin dari injector, demikian sebaliknya. Apalagi kalau ECU ini juga dilengkapi dengan sensor suhu / thermocouple, wah jadi makin presisi semprotan bensinnya. Jadi motor injeksi itu sebenernya bisa menyesuaikan keadaan lingkungan. Beda sama motor karbu yang beda tempat beda settingan karbu. Kalo keborosan ya boros terus, kalau keiritan ya irit terus, ya begitulah.

MANFAAT
Manfaat dari penggunaan klep ini antara lain :
1.) Mengurangi kebisingan knalpot
2.) Meningkatkan torsi (kalau klep ditutup)
3.) Meningkatkan power (kalau klep dibuka)
4.) Mengurangi kadar emisi (kalau klep ditutup)

KESIMPULAN
Penggunaan klep di knalpot bukan hal yang baru, mekanisme ini sudah diaplikasikan di motor-motor gede, cuman kalau di motor-motor gede buka-tutup klepnya diatur sama servo, enggak manual pakai kunci L kayak yang dibahas di atas. Setahu inyong, pabrikan yang pertama kali menerapkan mekanisme klep di gas buang ini adalah Yamaha, tujuannya sih biar putaran bawah dapet, putaran atas dapet, nama mekanismenya kalau di Yamaha adalah EXUP (Exhaust Ultimate Power Valve). Tetapi kalau di motor yang kita bahas di atas kayaknya fungsinya lebih ke DB Killer deh, dan itu juga kelihatannya hasil modifan, bukan bawaan pabrik.

Okre Kangmas, Mbakyu, barangkali itu yang bisa inyong sampaikan, jika ada kritik dan saran boleh dishare di kolom komentar, mau nawarin kopi item juga boleh, hehehe, sekian wassalamu'alaikum.

Komentar

Postingan Lain

Jenis-Jenis Swing Arm pada Sepeda Motor

Chassis : Owh… Baru Tahu Jadi Ini Pengaruh Panjang-Pendek Swing Arm Terhadap Keausan Ban

10 Macam Perbedaan Antara Head Silinder Jamus 3 Klep dengan Punya Honda Supra

Cara Pasang Kampas Kopling Honda All New CB150R Streetfire yang Baik dan Benar

Piston Alternatif Buat Pulsar 180, 200, 220 UG3/UG4 & NS200

Keunggulan dan Kelemahan Mesin Jamus Klep 3

Honda Supra Masuk Gigi 1 Motor Loncat, Ini Sumber Masalahnya...